Abstrak:Periode anak usia dini dikenal adalah masa dimana sangat diperlukan penanganan yang ketat juga sigap terhadap perkembangannya. Dimasa ini anak mengalami perkembangan secara pesat dan fundamental untuk kehidupannya. Beberapa dari mereka bahkan bertingkah dengan sangat aktif dan memiliki perbedaan karakteristik yang sangat jauh dari orang dewasa. Dalam hal ini keluarga adalah peran terpenting untuk menuntun jalanya perkembangan anak. Maka penelitian ini kami buat dengan tujuan untuk lebih mengenal tindakan yang dapat dilakukan keluarga guna menanamkan moralyang baik pada masa perkembangannya. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif dari para orang tua dari berbagai daerah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tindakan dari para orang tua terhadap aksi penanaman moral melalui kegiatan sehari-hari sudah terlihat cukup baik.
Kata Kunci:Pendidikan Anak Usia Dini,Perkembangan Moral Anak UsiaDini
Abstract:The know nearly childhood period was a time when stricth and ling of the child was also prompt for its development. Today the child is experiencing a rapid and fundamental developmentfor his life. Some of them even behaved very actively and had very far different characteristics fromadults. In this regard the family is the most important role to guide the child's development in thepath. Sowemade the study with the goal of becoming more familiar with what the family can do to in still good morals in its infancy. The study USES qualitative data collection methods from parents from different areas. The results of the study indicate that the actions of parents toward moral cultivation through day-to-day activities are looking quite well.
Keyword :Early Childhood Education, Early Moral Development of Children
PENDAHULUAN
Â
Perilaku dan pengetahuan pada diri anak merupakan hal yang berjalan beriringan dan saling berkontribusi pada diri manusia. Pengetahuan akan mempengaruhi perilaku, sebaliknya perilaku akan mempengaruhi tendensi pengetahuannya. Keduanya menjadi agenda penting dalam proses mendidik seorang anak yang masih belia agar di masa depan ia menjadi orang yang diharapkan oleh masyarakat.Â
Melalui proses pendidikan yang baik, kebaikan pengetahuan dan perilaku akan menjadi garansi sebagai hasilnya. Hal yang banyak dikatakan oleh orang sebagai hal yang masih kurang adalah terkait perilaku para punggawa bangsa yang minus moralitas. Jika ditinjau dari perspektif para ilmuan mereka sependapat bahwa perkembangan moral merupakan salah satu hal yang berperan penting selama proses perkembangan yang dialami oleh anak usia dini (Satomi Izumi, 2013).Â
Oleh karena itu, memahami perkembangan moralitas pada anak adalah hal yang penting untuk dilakukan. Alasan moral menjadi point penting yang harus ditanamkan sedini mungkin dikarenakan moral nantinya akan menjadi penentu bagaimana anak dalam bertingkah laku untuk masa depannya (Putri, 2017).
Lingkungan sekitar juga menjadi acuan perubahan moral anak, sehingga perlunya suatu bimbingan bagi orang tua atau pendidik dalam mengarahkan serta memberikan pembimbingan kepada anak-anak tersebut agar memiliki perkembangan moral yang baik. Perkembangan moral anak rentan terjadi, dikarenakan anak sangat cepat dalam meniru sesuatu meskipun tidak diajarkan secara langsung. Selain itu perkembangan moral anak yang semakin pesat juga menjadi dampak dari perubahan moral anak yang baik atau tidak kedepannya.
Pada usia 0-8 tahun dapat dikatakan adalah masa yang sangat berpengaruh kepada kehidupan anak saat dewasa. Pada masa ini anak mengalami perkembangan pesat terhadap jasmani dan rohaninya, termaksud perkembangan moralnya.(Khasanah et al., 2011)(Agusriani et al., 2021)