Mohon tunggu...
Syasya_mama
Syasya_mama Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Ibu 2 Putri, Indonesia - Korea 가는 말이 고와야 오는 말이 곱다 (Jika kata yang keluar baik, kata yang akan datang pun akan baik )

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

Di Korea, Sepeda Saja Punya Jalur Khusus

11 Juni 2016   13:00 Diperbarui: 11 Juni 2016   20:00 280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
jalur khusus sepeda mulai dari jalan raya, terowongan, jembatan dan jalur sepeda berwarna hijau di tangga. dokpri

Bersepeda sungguh sesuatu yang mengasyikan di Korea apalagi jika bersepeda saat musim semi dimana bunga-bunga bermekaran. Wihhh, serasa dalam negeri dongeng lho. Apalagi bersepedah di negeri Korea yang diperlakukan khusus karena ia punya jalur tersendiri sekalipun melewati tangga, terowongan atau jembatan hanya pejalan kaki saja yang boleh berdampingan memakai jalur sepada sementara kendaraan lain, sorry sorry aja ya. 

Bukan itu saja saat di subway atau kereta cepat pun, sepeda punya tempat spesial juga. Kendati demikian saat sepeda dibawa naik ke subway penumpang yang membawanya juga tak perlu mengeluarkan ongkos lebih untuk sepedahnya. 

Sebenarnya saya bukan orang yang suka mengayuh pedal sepeda, karena biasanya jika habis bersepeda kaki saya tak bisa diajak kompromi alias pegal. Maka tak salah jika  saya lebih senang duduk manis dibelakang sambil menikmati pemandangan di jalur sepeda yang sedang dilalui. Enak kan ya? so sweet juga kan ya kalau naik sepeda bersama pasangan. ^_*

Sambil nyanyi lagu "sepanjang jalan kenangan" pasti banyak yang ngiri deh lihatnya. Upsst kok ngomongnya jadi ngelantur.

ruas jalan yang luas, sepada pun punya jalur khusus. dokpri
ruas jalan yang luas, sepada pun punya jalur khusus. dokpri
Ok biar gak berpanjang-panjang kata ngelanturnya sesuai dengan judul diatas "Jalur Khusus Sepedah di Korea" yupp di Korea orang lebih banyak memakai kendaraan roda empat ketimbang roda dua jadilah jalur motor dan mobil tetap sama, hanya dibedakan untuk motor sebaiknya pilih yang sebelah pinggir jalan jangan yang ke tengah. Walau begitu jalanan di Korea sungguh lebar-lebar jadi urusan macet sangat jarang terjadi kecuali diwaktu-waktu tertentu seperti hari besar ataupun liburan. Untuk hari biasa jalan-jalanan di Korea masih bisa menampung semua kendaraan yang melintas. 

Dijalan-jalan motor bisa dihitung dengan jari beda dengan di Indonesia motor lebih mendominasi ketimbang mobil. Walau begitu mobil dan motor hampir sama banyaknya memenuhin jalanan dan sudah overload. Ditambah lagi semua kendaraan jadi satu melintas di jalur tersebut, mau becak, motor, mobil, truk sampai sepedah ontel dan gerobak bisa melalui jalan yang sama akibatnya kecelakaan dijalan rayapun kerap  terjadi.

Walau pernah lihat juga ada jalur khusus motor disebelah kiri yang tak terpisah oleh pembatas hanya ditandai oleh  garis putih untuk sepanjang jalan di pinggir kiri tapi tetap saja mobilpun kadang menyerobot jalur motor, hiksss. Bukan saya pesimis, jalur motor saja mudah diserobot oleh jenis kendaraan lain bagaimana jika ada jalur khusus sepedah weeehh lewat aja kalau itu mah.

Berbeda dengan di Korea jangan harap kendaraan lain bisa seenak jidatnya memakai jalur jenis kendaraan lain. Walaupun tak ada yang melapor tapi CCTV ada dimana-mana jadi siapa bilang polisi tak mengetahuinya kalau kita sudah melanggar lalu lintas. Tinggal tunggu surat panggilan pelanggaran dari kepolisian dan diminta membayar denda yang tak sedikit jumlahnya, serta di kurangi poin SIM nya itulah taruhanya jika memakai jalur khusus untuk kendaraan lain.

Apalagi sampai membuat celaka pengendara lain bisa dipastikan poin SIM nya langsung rontok dititik paling nol. Yupp di Korea SIM berlaku selama-lama dan memiliki 5 poin jadi selama kita tak melanggar lalu lintas di jalan maka poin di SIM kita tetap berlaku dan berkurang satu demi satu jika kita melanggar lalu lintas. Jika telah habis poin tersebut maka ijin mengemudi kita akan dibekukan alias tak memperoleh SIM kembali. 

tempat penyewaan sepeda, dokpri
tempat penyewaan sepeda, dokpri
Kembali ke soal jalur khusus sepeda, di Korea sepeda bukanlah alat transportasi yang favorit untuk orang Korea pakai ketika berangkat kerja. Karena subway dan juga bus yang ontime, murah dan nyaman adalah sarana orang Korea yang paling disukai untuk pergi kerja. Ditambah lagi orang Korea kuat berjalan.

Walau begitu penyewaan sepeda dan tempat parkir sepeda mudah dijumpai. Untuk sewa sepeda mulai dari 1000 won tergantung jenis sepedahnya juga. Di bawah tanah tempat stasun stasiun kereta subway juga ada mesin penitipan sepeda. Biasanya yang mengunakan tempat penitipan sepedah secara otomatis adalah orang yang gak kebagian tempat parkir sepeda. Sewa penitipan sepedah ini juga tergolong tak mahal.

tempat penitipan sepedah otomatis sampai yang manual dan parkir khusus di gerbong kereta, dokpri
tempat penitipan sepedah otomatis sampai yang manual dan parkir khusus di gerbong kereta, dokpri
Sebenarnya banyak juga orang Korea yang hobby bersepeda, tak jarang saya suka lihat mereka touring ataupun konvoi bareng-bareng. Kalau untuk berangkat kerja kemudian melanjutkan naik subway banyak juga yang mengunakan sepeda untuk menuju stasiun kereta. Walau begitu kebanyakan orang memakai sepeda untuk menghabiskan waktu libur, sekedar untuk jalan-jalan ditaman atau sebagai olah raga pagi. Kendati demikian jalur khusus sepeda ada dimana-mana. 

jalur khusus sepeda yang nyaman, dokpri
jalur khusus sepeda yang nyaman, dokpri
Asli lihat jalur khusus untuk sepeda saya benar-benar kagum ternyata kenyamanan dan keselamatan pengendara sepeda benar-benar diperhatikan. Mulai dari jalanan yang kebanyakan bukan aspal biasa karena seperti jalanan tersebut berbahan campuran dengan karet, jadi jika jatuh  masih tak seberapa sakit.

jalanan di dominasi oleh kendaraan roda empat. dokpri
jalanan di dominasi oleh kendaraan roda empat. dokpri
Ditambah lagi jika harus melalui terowonganpun ada terowongan tersendiri untuk jalur sepeda dan jika harus melalui jembatanpun terkadang ada jembatan khusus untuk sepeda. Bukan itu saja lho kalau ada tangga juga ada jalanan khusus untuk sepeda contohnya yang pasti ada yaitu ketika menuju ke subway kereta bawah tanah.   Wow bener-bener diperhatikan kan pengendara sepeda? 

Bagaimana dengan di tanah air? semoga pembenahan ruas-ruas jalan yang ada di tanah air juga lebih mengedepankan keselamatan para pemakaian jalannya ya? bukan asal jadi saja. Banyak hal yang dipikirkan termasuk kenyamanan dan keselamatan penggunanya.

Salam Sya, 2016.06.11

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun