Mohon tunggu...
Lailatul Khairati
Lailatul Khairati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswa

Hobi saya bermain futsal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Perkembangan Sosial yang Dikemukakan oleh Lev Vygotsky & Jean Piaget

17 Oktober 2024   09:20 Diperbarui: 17 Oktober 2024   09:41 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh penting dalam psikologi perkembangan, tetapi mereka memiliki pandangan yang berbeda mengenai bagaimana perkembangan sosial dan kognitif terjadi.

Berikut adalah pengertian teori perkembangan sosial menurut Lev Vygotsky dan Jean Piaget:

 Lev Vygotsky

Teori Perkembangan Sosial Vygotsky
Vygotsky berpendapat bahwa perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial dan budaya. Ia menekankan bahwa:

- Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Ini adalah rentang antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang dapat dicapai dengan bantuan orang lain. Pembelajaran paling efektif terjadi dalam ZPD.
 
- Peran Bahasa Vygotsky percaya bahwa bahasa adalah alat penting dalam proses berpikir dan pembelajaran. Melalui interaksi verbal, anak-anak menginternalisasi pengetahuan dan keterampilan.

- Scaffolding Konsep ini merujuk pada dukungan yang diberikan oleh orang dewasa atau teman sebaya untuk membantu anak belajar. Dukungan ini bersifat temporer dan diharapkan berkurang seiring dengan peningkatan kemampuan anak.

 Jean Piaget

Teori Perkembangan Kognitif Piaget
Piaget mengembangkan teori yang menjelaskan bagaimana anak-anak membangun pengetahuan mereka melalui pengalaman. Beberapa poin kunci dari teorinya meliputi:

- Tahapan Perkembangan Piaget membagi perkembangan kognitif anak menjadi empat tahapan:
  1. Sensorimotor (0-2 tahun)
  2. Praoperasional (2-7 tahun)
  3. Operasional Konkret (7-11 tahun)
  4. Operasional Formal (11 tahun ke atas)

- Konstruktivisme Anak-anak dianggap sebagai pembelajar aktif yang membangun pemahaman mereka melalui pengalaman dan interaksi dengan lingkungan.

 Teori Perkembangan Sosial Lev Vygotsky

1. Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)

   - Vygotsky memperkenalkan konsep ZPD, yang merujuk pada jarak antara kemampuan yang dimiliki individu dan kemampuan yang dapat dicapai dengan bantuan orang lain. Pembelajaran optimal terjadi dalam zona ini.

2. Peran Budaya dan Bahasa.

   - Vygotsky menekankan bahwa budaya dan bahasa memainkan peran kunci dalam perkembangan kognitif. Interaksi sosial melalui bahasa membantu individu membangun pengetahuan dan pemahaman.

3. Scaffolding

   - Konsep ini mengacu pada dukungan yang diberikan oleh orang dewasa atau teman sebaya untuk membantu anak menyelesaikan tugas yang berada dalam ZPD mereka. Seiring waktu, dukungan ini dapat dikurangi seiring dengan peningkatan keterampilan anak.

 Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget

1. Tahapan Perkembangan

   - Piaget mengemukakan bahwa perkembangan kognitif anak terjadi dalam empat tahapan: 

     - Sensorimotor (0-2 tahun): Anak belajar melalui pengalaman sensorik dan motorik.

     - Praoperasional (2-7 tahun): Anak mulai menggunakan bahasa dan berpikir simbolis, tetapi belum dapat melakukan operasi logis.

     - Operasional Konkret (7-11 tahun): Anak dapat melakukan operasi logis dalam konteks konkret, tetapi kesulitan dengan konsep abstrak.

     - Operasional Formal (11 tahun ke atas): Anak dapat berpikir secara abstrak dan melakukan pemikiran logis.

2. Konstruktivisme

   - Piaget berpendapat bahwa anak-anak aktif membangun pengetahuan mereka sendiri melalui pengalaman. Mereka berinteraksi dengan lingkungan mereka dan mengadaptasi pemahaman mereka melalui proses asimilasi dan akomodasi.

3. Peran Kesalahan

   - Piaget percaya bahwa kesalahan dalam pemahaman adalah bagian penting dari proses belajar, karena membantu anak-anak merevisi dan memperbaiki konsep mereka.

 Perbandingan

- Pendekatan Sosial vs. Individu

 Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dalam perkembangan, sementara Piaget lebih fokus pada proses internal dan individu.

- Peran Budaya Vygotsky menganggap budaya sebagai faktor utama dalam perkembangan, sedangkan Piaget melihat perkembangan kognitif sebagai proses universal yang terjadi di semua budaya.

Keduanya memberikan kontribusi signifikan dalam pemahaman perkembangan anak, dan keduanya sering digunakan dalam pendidikan untuk mendukung pembelajaran yang efektif.

Dalam  memahami bagaimana anak-anak berkembang, baik secar

Dalam analisis teoritis ini, Anda dapat membahas poin-poin berikut:

1. Teori Perkembangan Kognitif Piaget:

Piaget berpendapat bahwa perkembangan kognitif anak-anak terjadi melalui serangkaian tahap yang jelas: sensorimotor, praoperasional, operasional konkret, dan operasional formal. Setiap tahap melibatkan cara berpikir yang berbeda yang dipengaruhi oleh kematangan biologis dan pengalaman dengan lingkungan.

Menekankan proses asimilasi dan akomodasi dalam pembentukan skema kognitif, serta pentingnya interaksi anak dengan dunia fisik.

2. Teori Sosial-Kultural Vygotsky:

Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif. Ia berpendapat bahwa perkembangan tidak dapat dipisahkan dari konteks sosialnya.

Konsep ZPD (Zone of Proximal Development) menunjukkan bahwa anak dapat mencapai tingkat pemahaman yang lebih tinggi melalui bimbingan dan interaksi dengan orang dewasa atau teman sebaya.

Bahasa, sebagai alat mediasi, memainkan peran kunci dalam proses berpikir.

3. Perbandingan Utama:

Piaget percaya bahwa anak-anak belajar secara mandiri melalui eksplorasi aktif, sedangkan Vygotsky menekankan peran orang lain (misalnya, orang dewasa atau teman sebaya) dalam memediasi pembelajaran.

Piaget lebih menekankan perkembangan internal (tahap demi tahap), sementara Vygotsky memandang perkembangan sebagai sesuatu yang sangat dipengaruhi oleh konteks sosial-budaya.

4. Aplikasi dalam Pendidikan:

Bagaimana kedua teori ini diterapkan dalam pengajaran, misalnya, pendekatan scaffolding dalam pengajaran berbasis Vygotsky atau pembelajaran berbasis eksplorasi mandiri ala Piaget.

Judul ini akan memungkinkan analisis yang mendalam tentang bagaimana masing-masing teori ini memberikan pemahaman yang berbeda namun saling melengkapi tentang perkembangan kognitif dan sosial anak-anak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun