A. Pengertian marketing plan
Marketing plan adalah sebuah rencana pemasaran dalam menerapkan strategis marketing atau cara pemasaran untuk mencapai target dalam menjalani bisnis
Adapun unsur-unsur marketing plan yaitu
1. Ringkasan bertujuan perusahaan penentuan target dan standar dan harus dicapai
2. Target pasar atau observasiÂ
3. Terapan konten promosi
4. Kenal lawan usaha
5. Tetap fokus dan prioritas
6. Tetapkan budget
B. Cara dan rancangan marketing plan
Marketing merupakan bagian dari business plan atau perencanaan yang merupakan serangkaian aktivitas yang berhubungan dengan tujuan pemasaran dan dan perusahaan
Langkah-langkah dalam merancang marketing plan ada 6 yaitu:
1. Profil perusahaan
2. Tentukan target konsumen
3. Tentukan keunikan dari produk
4. Tentukan strategi harga
5. Rencana distribusi yang jelasÂ
6. Pembuatan strategi promosi.
C. Targeting dan prositioningÂ
A. TargetingÂ
Menurut Daryanto targeting adalah sebuah proses mengevaluasi daya tarik pasar dan memilih  beberapa untuk dimasukkan nya.
Manfaat targeting ada 3 yaitu:
1. Dapat mengembangkan posisi produk strategis pasar
2. Menduduki peluang pasar lebih luas
3. Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas seefisien dan seefektif mungkin.
B. PrositioningÂ
Propositining adalah cara pemasangan menanamkannya Citra persepsi atau imajinasi atas produknya yang ditawarkan melalui proses komunikasi.
Tugas profesional secara umum ada 3 yaitu:
1. Mengidentifikasikan sejumlah kemungkinan secara umum dalam bersaing untuk membangun posisi
2. Memilih keunggulan bersaing dengan tepat.
3. Mengkomunikasikan secara tepat.
D. Strategi produk
Strategi adalah suatu rencana atau cara bagaimana kita memasarkan produk sendiri.
Produk ialah suatu barang yang akan dipasarkan.
Setiap produk yang akan dipasarkan memiliki tidak tiga jenjang yaitu:
1. Inti produk
2. Wujud produk
3. Kesempurnaan produk
Strategi dalam mengembangkan ada 4 yaitu:
1. LogoÂ
2. MerekÂ
3. Kemasan atau kualitasÂ
4. LebelÂ
E. Harga dan promosiÂ
adalah sebuah produk tawarkan untuk memperkenalkan produk baru sedangkan promosi harga dalam menjadikan harga alat strategis dan jarang diiklankan.Â
Harga suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lainnya.
Manfaat yang diperoleh dari seseorang dalam istilah harga Yalla digunakan untuk menilai atau fasilitas pada suatu produk yang menununjukan  tinggi rendahnya produk.Â
 promosi ialah  untuk memberitahukan atau menawarkan produk
F. DistribusiÂ
Distribusi adalah satu program yang terdiri dari berbagai program pemasaran yang berusaha memperlancar atau memudahkan penyampaian dari produsen ke konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan apa yang dibutuhkan seperti jenis barang jumlah barang dan barang apa yang dibutuhkan dengan kata lain merupakan aktivitas pemasaran yang diharapkan untuk menciptakan hal dua hal yaitu:
1. Menerapkan nilai tambah produk melalui fungsi pemasaran
2. Memperlancar alur saluran pemasaran atau dikenal dengan marketing channel flow baik secara fisik ataupun non fisik.
Sekian terima kasihÂ
Selamat membacaÂ
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H