Mohon tunggu...
Lailatul Hasanah
Lailatul Hasanah Mohon Tunggu... Guru - Mbk lela

Pantang menyerah

Selanjutnya

Tutup

Money

Marketing Plan

8 April 2020   12:49 Diperbarui: 8 April 2020   13:07 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

A. Pengertian marketing plan

Marketing plan adalah sebuah rencana pemasaran dalam menerapkan strategis marketing atau cara pemasaran untuk mencapai target dalam menjalani bisnis

Adapun unsur-unsur marketing plan yaitu

1. Ringkasan bertujuan perusahaan penentuan target dan standar dan harus dicapai

2. Target pasar atau observasi 

3. Terapan konten promosi

4. Kenal lawan usaha

5. Tetap fokus dan prioritas

6. Tetapkan budget

B. Cara dan rancangan marketing plan

Marketing merupakan bagian dari business plan atau perencanaan yang merupakan serangkaian aktivitas yang berhubungan dengan tujuan pemasaran dan dan perusahaan

Langkah-langkah dalam merancang marketing plan ada 6 yaitu:

1. Profil perusahaan

2. Tentukan target konsumen

3. Tentukan keunikan dari produk

4. Tentukan strategi harga

5. Rencana distribusi yang jelas 

6. Pembuatan strategi promosi.

C. Targeting dan prositioning 

A. Targeting 

Menurut Daryanto targeting adalah sebuah proses mengevaluasi daya tarik pasar dan memilih  beberapa untuk dimasukkan nya.

Manfaat targeting ada 3 yaitu:

1. Dapat mengembangkan posisi produk strategis pasar

2. Menduduki peluang pasar lebih luas

3. Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas seefisien dan seefektif mungkin.

B. Prositioning 

Propositining adalah cara pemasangan menanamkannya Citra persepsi atau imajinasi atas produknya yang ditawarkan melalui proses komunikasi.

Tugas profesional secara umum ada 3 yaitu:

1. Mengidentifikasikan sejumlah kemungkinan secara umum dalam bersaing untuk membangun posisi

2. Memilih keunggulan bersaing dengan tepat.

3. Mengkomunikasikan secara tepat.

D. Strategi produk

Strategi adalah suatu rencana atau cara bagaimana kita memasarkan produk sendiri.

Produk ialah suatu barang yang akan dipasarkan.

Setiap produk yang akan dipasarkan memiliki tidak tiga jenjang yaitu:

1. Inti produk

2. Wujud produk

3. Kesempurnaan produk

Strategi dalam mengembangkan ada 4 yaitu:

1. Logo 

2. Merek 

3. Kemasan atau kualitas 

4. Lebel 

E. Harga dan promosi 

adalah sebuah produk tawarkan untuk memperkenalkan produk baru sedangkan promosi harga dalam menjadikan harga alat strategis dan jarang diiklankan. 

Harga suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lainnya.

Manfaat yang diperoleh dari seseorang dalam istilah harga Yalla digunakan untuk menilai atau fasilitas pada suatu produk yang menununjukan  tinggi rendahnya produk. 

 promosi ialah  untuk memberitahukan atau menawarkan produk

F. Distribusi 

Distribusi adalah satu program yang terdiri dari berbagai program pemasaran yang berusaha memperlancar atau memudahkan penyampaian dari produsen ke konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan apa yang dibutuhkan seperti jenis barang jumlah barang dan barang apa yang dibutuhkan dengan kata lain merupakan aktivitas pemasaran yang diharapkan untuk menciptakan hal dua hal yaitu:

1. Menerapkan nilai tambah produk melalui fungsi pemasaran

2. Memperlancar alur saluran pemasaran atau dikenal dengan marketing channel flow baik secara fisik ataupun non fisik.

Sekian terima kasih 

Selamat membaca 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun