Mohon tunggu...
Kurnia WidyaPutra
Kurnia WidyaPutra Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Halo

Halo All

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cara Menetapkan Target dalam Kaitannya dengan Performa Karyawan

21 Juni 2021   01:52 Diperbarui: 21 Juni 2021   01:54 337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menetapkan target dan perencanaan performa sangat berkaitan antara satu dengan lainnya. Pasalnya, performa sangat menentukan apakah target yang sudah ditetapkan akan tercapai atau tidak. Namun, menetapkan target bukanlah perkara yang mudah, berikut ini adalah kriteria yang harus diperhatikan dalam menetapkan target.

1. Specific targets

Target yang efektif adalah yang lebih spesifik daripada ambigu dan berkonsentrasi pada hasil yang ingin dicapai daripada aktivitas yang diharapkan dari karyawan.

2. Measurable targets

Bersama dengan hasil yang diharapkan, target yang efektif akan mencakup nilai atau standar yang akan digunakan dalam menilai hasil tersebut. Nilai atau standar tersebut harus disetujui terlebih dahulu oleh manajer dan karyawan atau, setidaknya, karyawan harus mengetahui dan menerima standar atau nilai tersebut. Singkatnya, target harus dapat diukur dan memiliki standar.

3. Agreed targets

Mendapatkan komitmen karyawan adalah kunci untuk menetapkan target yang efektif. Karyawan harus berpartisipasi penuh dalam penetapan tujuan untuk pekerjaan mereka sendiri, dan memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam perencanaan tujuan kelompok kerja, departemen dan organisasi secara keseluruhan.

4. Realistic targets

Target harus menantang, tetapi tidak di luar jangkauan wajar karyawan. Jika diterima oleh karyawan, target yang cukup sulit biasanya menghasilkan kinerja yang lebih baik daripada target yang mudah.

5. Time-framed targets

Target juga harus memiliki deadline atau batas waktu, contohnya seperti 'meningkatkan penjualan sebesar 10 persen pada akhir tahun.'

6. Responsibility levels

Sangat penting untuk memeriksa bahwa target dan tujuan perusahaan diberikan kepada individu yang tepat dan juga memiliki tingkat tanggung jawab yang tepat. Pihak perusahaan jangan sampai memberikan tingkat tanggung jawab yang terlalu besar dengan target yang terlalu besar juga kepada karyawan yang tidak seharusnya diberi tanggung jawab terlalu besar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun