Mohon tunggu...
Kurnia Azizatul
Kurnia Azizatul Mohon Tunggu... Lainnya - masyarakat pada umumnya

Do not lose hope, nor be sad (3:139)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Aksi Nyata Sosiokultural Topik 5 (Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD)

9 Desember 2024   13:27 Diperbarui: 9 Desember 2024   20:31 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mulai dari diri 

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum proses pembelajaran, hal yang saya pikirkan mengenai topik ini berdasar judul pada Topik 5 yaitu "Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD" adalah dalam topik ini kita akan mempelajari tentang pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD. Baik berupa bagaimana cara menentukan, merancang, menyusun pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD. Memahami dan memperdalam pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang akan diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD serta bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi pendidikan di Indonesia sangat penting bagi calon guru agar dapat memberikan scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) di kelasnya dengan tepat.

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD peserta didik akan berbeda pada setiap peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Hal ini sesuai dengan karakteristik peserta didik yang sangat beragam pada suatu kelas. Sehingga guru harus memaksimalkan ZPD peserta didik dengan melakukan Scaffolding yang tepat untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi yang dimiliki peserta didik. Guru dapat merancang pembelajaran menggunakan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dengan terlebih dahulu melakukan observasi karakteristik siswa, lingkungan keluraga, gaya belajar, minat dan motivasi. Hal itu dapat berupa wawancara dengan guru kelas terdahulu, orang tua atau melakukan asesmen diagnostik. Sehingga peran guru berikutnya dapat memberikan bimbingan sesuai dengan ZPD kepada peserta didik untuk membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan belajar peserta didik.

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Hal-hal yang saya dan rekan-rekan kelompok pelajari pada ruang kolaborasi yakni melalui sebuah kelompok diskusi mengenai pengalaman masing-masing terhadap pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD pada peserta didik di sekolah tempat kami menjalani PPL (Praktik Pengalaman Lapangan), karena terdapat tantangan, kesulitan kesulitan belajar peserta didik dan strategi penyelesaiannya dalam menghadapi situasi pembelajaran yang akan diberikan. Interaksi dengan rekan-rekan dalam ruang kolaborasi memberi saya pemahaman baru tentang pendekatan dan teknik pembelajaran yang berbeda, serta bagaimana menerapkan konsep-konsep teori dalam konteks praktis. Kami juga saling memberikan umpan balik konstruktif untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran kami.

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun