Bukan hal tabu lagi, selain memiliki produk atau jasa yang baik dan bermanfaat, salah satu faktor penentu keberhasilan suatu industri atau perusahaan yang lain ialah Faktor Pelayanan. Pelayanan pelanggan atau service sangat menentukan terhadap kelangsungan bisnis. Pasalnya pelayanan yang baik, akan memberikan dampak yang signifikan dalam perkembangan bisnis dan juga kepuasan pelanggan.
Kepuasan pelanggan inilah yang menjadi tujuan utama tiap perusahaan. Karena jika pelanggan merasa puas, maka pelanggan akan repeat order dan menjadi pelanggan yang loyal terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencapai tujuan tersebut.
Sekarang adanya faktor utama yang berkaitan dengan kepuasasan pelanggan atau klien ialah harapan pelanggan atau klien itu sendiri. Ada hal nyata yang terjadi selama pelanggan masih beinteraksi dengn organisasi atau perusahaan. Adanya harapan pelanggan angat dipengaruhi oleh hal-hal seperti tingkat ekonomi, kondisi social-budaya, latar belakang pendidikan, usia , jenis kelamin dan lain sebagainya.
Sedangkan kondisi nyata saat ini pelanggan akan berinteraksi dengan organisasi atau perusahaan juga di pengaruhi oleh banyak hal, termasuk karakter frontliner organisasi atau perusahan yang akan berinteraksi dengan klien atau pelanggan dan mendapat kemudahan saat melakukan transaksi dengan organisasi atau perusahaan.
Bagaimana caranya memastikan memastikan kualitas produk atau pelayanan  yang harus di berikan yang akan membuat klien atau pelanggan puas, dan bahkan bisa meningkatkan kepuasan pelanggan atau klien? Organisasi atau perusahaan semua harus memastikan bahwa kondisi nyata saat ini penyampaian produk atau layanan kepada pelanggan atau klien.
Harapan pelanggan atau klien minimal memungkinkan bisa melebihi karapan pelanggan atau klien ataupun sudah sesuai dengan harapana pelanggan atau klien.
Oleh karena itu, semua organisasi atau perusahaan harus memberikan pelatihan atau Training Service Excellence secara berkala, dengan melakukan segala tindakan yang diperlukan agar pelanggan bisa puas dan datang kembali untuk memberi produk atau pelayanan yang di tawarkan oleh organisasi atau perusahaan.Â
Poin Dasar Service ExcellentÂ
Berikut terdapat 3 point dasar yang saat ini mempengaruhi kualitas pelayanan yaitu sebagai berikut :
- Fasilitas
- Program
- Dan sumber daya manusia (SDM).
Dari point dasar tersebut di atas, Sumber daya manusia merupakan dasar utama yang akan mempengaruhi kualitas pelayanan yang di berikan. Berdasarkan penelitihan, adanya penyebab mayoritas pelanggan atau klien akan meninggalkan bisnis karena sikap petugas yang kurang peduli saat berinteraksi dengan pelanggan atau klien.
Untuk itulah semua organisasi atau perusahan ini perlu menanamkan pentingnya service excellence atau pelayanan prima kepada seluruh karyawan perusahaan, agar para klien atau pelanggan senantiasa merasakan kepuasan, karena kepuasan pelanggan bisa senantiasa terjaga, maka pelanggan atau klien tersebut akan loya terhadap produk dan jasa yang di tawarkan organisasi atau perusahaan tersebut.
Contoh Service Excellent
Berikut ini merupakan aturan-aturan yang harus di lakukan untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan atau klien :
- Selalu berorientasi pelanggan atau klien
- Sambut klien atau pelanggan dengan cepat dan tangkas
- Fokus terhadap masalah klien atau pelanggan
- Peka terhadap situasi dan kondisi yang sulit bagi klien atau pelanggan
- Jika ada janji seuatu dengan klien atau pelanggan, maka selalu tepati janji tersebut
- Berikan pelayanan prima yang ekstra
- Ucapkan terima kasih kepada pelanggan
- Jadikan pengalaman ini untuk bahan perkembangan.
Itu dia beberapa alasan mengapa penting sekali menerapkan service excellent dan rutin memberikan trainingnya untuk staff perusahaan swasta maupun pemerintahan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H