Perubahan perilaku konsumen, hadirnya pesaing baru, dan buruknya kondisi ekonomi akibat pandemi menjadi tantangan para pebisnis. Organisasi yang tidak kreatif dan melakukan inovasi akan ditinggalkan pelanggan.
Buku dengan judul Rahasia Sukses Bisnis Modern, akan berusaha menjawab tantangan bisnis modern yang ditandai dengan perilaku konsumen yang aktif menggunakan sosial media.
Sehingga tidak cukup perusahaan hanya membuat produk yang unggul, namun bagaimana perusahaan dapat memuaskan konsumen dan berkomunikasi efektif dengan masyarakat.
Buku ini terdiri dari 33 artikel seputar manajemen, bisnis, dan pemasaran yang saya tulis antara tahun 2020 hingga 2021 di Kompasiana.com. Berisi konsep-konsep, pendekatan, strategi, dan cara berbisnis yang baik.
Pada bagian awal buku akan disambut dengan kata pengantar dari sahabat, sekaligus senior saya di Kompasiana yaitu Irwan Rinaldi. Dia sangat berpengalaman di bisnis perbankan sebagai salah satu mantan pejabat di sebuah bank. Berikut kata pengantar dari penulis serba bisa Uda Irwan.
Kata Pengantar
Banyak pelaku usaha yang memulai bisnis secara kebetulan dan dijalankan tanpa visi yang jelas. Kalau mereka akhirnya belum berhasil, mereka berpikir karena jam terbangnya masih rendah, belum berpengalaman.
Tapi, jika mereka berhasil, sering pula mereka merasa sudah menemukan pijakan yang kokoh untuk berkembang. Padahal, sekarang bukan zamannya lagi berbisnis secara trial and error atau secara konvensional dan hanya mengandalkan bakat atau sekadar meniru cara yang dilakukan oleh generasi sebelumnya.
Nah, buku Kris Banarto yang berjudul "Rahasia Sukses Bisnis Modern" menawarkan pendekatan sains yang telah terbukti menjadi kunci sukses dunia bisnis saat ini.
Buku ini sangat luas cakupannya karena membahas semua aspek bisnis dan juga berkaitan dengan peran semua stakeholder dari suatu perusahaan. Makanya, rahasia sukses dimaksud bukan hanya sekadar judul yang memikat, tapi memang terungkap pada setiap halaman buku ini.
Selain itu, "Rahasia Sukses Bisnis Modern" ditulis dalam gaya bahasa yang gampang dicerna oleh pembaca, bahkan termasuk bagi pembaca yang tidak punya latar belakang pendidikan ilmu ekonomi atau manajemen. Pembaca dibawa "menjelajahi" berbagai teori yang bila dibaca melalui buku teks mungkin akan rumit, tapi di buku ini jadi terasa ringan.
Berbagai teori bisnis modern yang selalu berkembang dirangkum dengan baik dalam buku ini dan pembaca tidak harus memulainya secara berurutan.
Tidak hanya berteori, setiap tulisan dilengkapi dengan contoh nyata. Permasalahan di bidang struktur organisani perusahaan, di bidang pengelolaan human capital, serta yang berkaitan dengan marketing, tersaji secara sistematis.
Semua masalah di atas tentu disertai dengan solusinya yang bermuara pada kepuasan pelanggan yang sekaligus berarti kesuksesan bagi suatu perusahaan.
Endorsement
Buku bersampul merah yang menggambarkan semangat dan gairah untuk berbisnis ini dibalut dengan manis di bagian sampul belakang dengan dua endoresement, satu mewakili akademisi yaitu senior saya Bapak Nendi Juhandi dan satu lagi mewakili praktisi bisnis Hotelier Calestine Patterson.
Sist Calestine yang telah malang melintang di dunia perhotelan akan menghiasi sampul belakang buku dan memberikan endorsement yang kedua.
Demikian isi endorsement dari wanita muda yang bertugas di sebuah hotel di Balikpapan.
Dinamika dunia marketing selalu menarik untuk dipelajari. Bukan saja bermanfaat bagi bisnis pada masa kini, namun pergerakan bisnis dapat terbaca di masa mendatang. Siapa pun yang terjun dalam bidang penjualan dan pemasaran, wajib membaca buku ini.
Sarat pelajaran yang bermanfaat apa pun jenis bisnisnya. Sebagai marketing Hotelier dan Kompasianer, saya belajar banyak dari tulisan karya Kris Banarto. Selamat atas terbitnya buku ini. Sukses dan selalu berbagi untuk kemajuan dunia marketing di Indonesia.
***
Akhirnya saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengelola platfom blog online Kompasiana.com dan sahabat-sahabat Kompasianer yang selalu memberikan motivasi dan apresiasi selama ini. Dengan senang hati saya akan menerima koreksi dan masukan dari para pembaca sekalian.
Tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan, keterbatasan, dan kesalahan dalam penulisan buku ini. Kiranya buku sederhana ini dapat bermanfaat bagi pembaca. (KB)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H