Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pemerhati Bisnis dan Humaniora

Penulis buku: Transformasi HRD dalam Bisnis (Deepublish, 2021). Ketika Kita Harus Memilih (Gunung Sopai, 2022). Rahasia Sukses Bisnis Modern (Deepublish, 2022). Merajut Keabadian (Bintang Semesta Media, 2023). Kupas Tuntas Bisnis Properti (Deepublish, 2024). Website: www.ManajemenTerkini.com.

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Sustainable Corporate: Bisnis Modern Berkelanjutan dan Jangka Panjang

11 Juni 2020   12:32 Diperbarui: 16 Januari 2021   11:00 2871
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak perusahaan hanya berfokus untuk meningkatkan keuntungan perusahaan dengan memaksimalkan strategi bisnis, mereka percaya dengan keuntungan yang meningkat bisa melakukan apa saja termasuk mempertahankan pelanggan.

Hal ini tidak salah sepenuhnya tetapi jangan sampai terjebak dengan premis itu, keuntungan perusahaan yang besar tidak otomatis perusahaan akan bertahan lama.

Di era teknologi informasi seperti saat ini sebuah produk dan organisasi bisnis tidak saja diawasi oleh pelanggan, tetapi diawasi juga oleh masyarakat umum yang tidak ada kepentingan dengan produk. 

Kedewasaan pemahaman masyarakat akan pentingnya tata kelola perusahaan, isu lingkungan dan produk-produk ramah lingkungan menjadi perhatian masyarakat modern.

Produk yang dicintai pelanggan dan masyarakat, tidak cukup bahwa produk itu mempunyai nilai bagi pelanggan tetapi juga bagaimana perlakuan perusahaan terhadap karyawan, lingkungan dan produk yang mendukung pelestarian alam. 

Apabila perusahaan ingin dicintai pelanggan dan perusahaan berkelanjutan untuk jangka panjang, maka tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) harus dimasukkan ke dalam strategi bisnis.

Praktik perusahaan berkelanjutan
Perusahaan seperti Unilever telah berhasil menanamkan keberlanjutan ke dalam bisnis inti mereka, ada banyak perusahaan lain yang berjuang dengan penerapan strategi keberlanjutan perusahaan. Yang pasti, setiap perusahaan menyajikan kasus unik dan memerlukan tinjauan komprehensif strategi, operasi, dan tujuannya untuk memajukan praktik berkelanjutan.

Tidak ada jalur tunggal untuk mengadopsi keberlanjutan, tetapi ada langkah-langkah kritis yang dapat membantu untuk berhasil meng-integrasikan keberlanjutan ke dalam strategi bisnis. 

Meningkatkan kesadaran perusahaan berkelanjutan (sustainable corporate), tentang manfaat keberlanjutan adalah langkah awal yang penting sebelum membuat peta jalan. Beberapa kemajuan dapat dilaporkan dalam masalah ini, karena semakin banyak direktur atau CEO yang menyadari manfaat dari penerapan perusahaan berkelanjutan.

Keberlanjutan perusahaan menuntut pandangan luas tentang masalah dan dampak, serta pemahaman kerja tentang apa yang dilakukan perusahaan dan bagaimana melakukannya. 

Menanamkan keberlanjutan berarti menggabungkan keduanya bersama melalui serangkaian langkah nyata, berikut ini beberapa cara untuk menciptakan perusahaan modern berkelanjutan dan jangka panjang:

1. Memahami keberlanjutan perusahaan
Sebagai langkah pertama, penting untuk mendefinisikan apa arti keberlanjutan untuk setiap area di perusahaan dan untuk mengidentifikasi manfaatnya. Dari keputusan investasi, pengembangan produk atau layanan baru hingga perubahan praktik pengadaan, keberlanjutan memiliki peran yang semakin sentral dalam keputusan ini.

Coca-Cola adalah salah satu perusahaan yang memusatkan keputusan investasi pada keberlanjutan. Ketika mempertimbangkan pengembangan dan lokasi pabrik produksi baru, kelestarian air kini telah dimasukkan sebagai faktor utama.

2. Terlibat dengan pemangku kepentingan
Bergantung pada lini bisnisnya, dampak perusahaan dapat bervariasi di antara para pemangku kepentingan. Umumnya, perusahaan terlibat dengan kelompok yang paling berpengaruh, menjaga hubungan dekat dan dialog yang tidak putus.

Namun, keterlibatan dapat terjadi pada tingkat yang berbeda dan harus menanggapi harapan dari kedua belah pihak. Berbagai tingkat dan metode keterlibatan membawa manfaat bagi perusahaan dan pemangku kepentingan dan dapat diterjemahkan ke dalam praktik yang lebih berkelanjutan.

Procter and Gamble telah memperoleh manfaat melalui keterlibatan dengan komunitas lokal di seluruh dunia dengan menemukan penggunaan alternatif untuk bahan limbahnya, komunikasi dan melibatkan masyarakat sekitar menjadi kata kunci dalam bisnis berkelanjutan

3. Tetapkan tujuan dan komitmen
Begitu isu-isu lingkungan, sosial dan tata kelola utama telah diidentifikasi dan metode keterlibatan untuk masing-masing kelompok pemangku kepentingan telah ditetapkan, upaya harus fokus pada pengurangan risiko dan pemanfaatan peluang di sekitar isu-isu ini yang berpusat pada praktik berkelanjutan. 

Baik didorong oleh pengurangan biaya, inovasi atau peningkatan kinerja keuangan, komitmen dan tujuan keberlanjutan perlu ditetapkan.

Bagi Wal-Mart, sebagian besar komitmen dan tujuan keberlanjutan difokuskan pada penggunaan energi ter-barukan dan penerapan efisiensi energi. Inisiatif di bidang ini telah menghasilkan pengakuan Wal-Mart sebagai pembangkit listrik ramah lingkungan terbesar di AS dan telah menghasilkan penghematan biaya lebih dari $ 500 juta USD per tahun.

Perusahaan besar bertujuan untuk transformasi lengkap dari bisnis mereka, perusahaan kecil menetapkan tujuan dan komitmen sesuai dengan ruang lingkup tindakan mereka. Inisiatif terutama berfokus pada pengurangan biaya dari penggunaan energi, pengelolaan limbah, serta aktivitas sosial di masyarakat seperti proyek pembangunan lokal dan kampanye sukarela.

4. Membangun sistem
Setelah tujuan ditetapkan, sistem spesifik dan proses terperinci perlu memandu pelaksanaan setiap inisiatif. Sepanjang desain, proses dan kebijakan yang berlaku harus dipertimbangkan dan kolaborasi di antara bidang-bidang yang didorong.

Pada titik ini, mendapatkan komitmen para eksekutif sangat penting. Penunjukan juara keberlanjutan internal sebagai pendorong utama keberlanjutan dan pengembangan model keterlibatan karyawan yang sukses juga merupakan praktik yang baik.

Unilever's Sustainable Living Plan diluncurkan pada 2010, rencana keberlanjutan sepuluh tahun ini telah mencapai kemajuan besar dalam dua tahun pertama. Membuat keseluruhan strategi keberlanjutan yang komprehensif, Unilever memanfaatkan beragam mereknya untuk menargetkan masalah sosial yang berbeda, berinvestasi dalam teknologi berkelanjutan dan mengubah perilaku konsumen.

5. Lacak kemajuan, komunikasikan dan penuhi harapan
Terakhir, penting untuk menetapkan sistem yang mengukur kinerja terhadap setiap tujuan. Menentukan indikator kinerja utama untuk memenuhi tujuan yang diidentifikasi akan memungkinkan untuk mendeteksi area untuk perbaikan dan akan mengumpulkan data yang relevan untuk melacak kemajuan.

Metrik dan indikator juga merupakan pusat kegiatan pelaporan dan komunikasi perusahaan. Secara internal, ketersediaan data berkontribusi untuk memprioritaskan masalah dan inisiatif dan untuk mempromosikan keterlibatan karyawan di sekitar keberlanjutan.

Secara eksternal, pengumpulan data merupakan hal mendasar untuk strategi akuntabilitas, untuk menanggapi harapan dan kepentingan para pemangku kepentingan dan untuk mematuhi standar pelaporan.

Pada akhirnya, keberlanjutan perusahaan perlu beradaptasi dengan kematangan bisnis dan kemauan perusahaan untuk memperlakukan keberlanjutan sebagai peluang strategis. Langkah-langkah ini hanyalah awal dari proses yang pada akhirnya dapat mengubah seluruh strategi bisnis perusahaan menjadi strategi bisnis yang berkelanjutan.

Referensi: pgsadvisors.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun