Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aviation Enthusiast | Aerophile | Responsible Traveler

Penggemar pesawat berbagai jenis dan pengoperasiannya serta perkembangannya melalui membaca. Airport of Birth : HLP Current Airport : DPS

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Saat Pesawat Berbadan Lebar Melayani Rute Pendek dan Domestik

3 Juli 2023   13:13 Diperbarui: 4 Juli 2023   12:00 1063
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pesawat terbang di tengah cuaca mendung dan awan cumulonimbus. (sumber: SHUTTERSTOCK/Skycolors via kompas.com)

Penggunaan pesawat berbadan lebar pada rute jarak panjang oleh maskapai adalah sangat lumrah dengan dasar mengangkut lebih banyak penumpang dalam sekali penerbangan (airline capacity).

Sedangkan pada rute jarak pendek, maskapai umumnya menggunakan pesawat berbadan sedang dengan menggantungkan pada frekuensi penerbangan (airline frequency).

Dengan banyaknya frekuensi penerbangan jarak pendek ke satu bandara tujuan oleh banyak maskapai maka kepadatan bandara bisa tak terhindarkan --akibatnya keterlambatan jadwal penerbangan adakalanya terjadi.

Pada musim liburan, para maskapai juga terkadang melakukan penerbangan ekstra yang justru menambah kepadatan bandara semakin tinggi.

Peningkatan permintaan bagi maskapai juga tidak hanya berupa kursi penumpang tapi juga ruang kargo, keduanya dapat memengaruhi kebutuhan pesawat oleh maskapai dalam melayani rute penerbangan.

Kepadatan pada bandara dengan banyaknya pesawat yang takeoff dan landing dalam  waktu yang sama dan berdekatan bisa ditekan dengan penggunaan pesawat berbadan lebar dengan kapasitas yang lebih banyak

Beberapa maskapai telah melakukan ini dalam beberapa tahun ini dan hal ini telah membuat permintaaan akan pesawat berbadan lebar seperti pesawat Airbus A 330 dan A 350 serta Boeing B 787 oleh maskapai menjadi meningkat.

Bagi maskapai penggunaan pesawat berbadan lebar setidaknya akan mengurangi biaya (biaya per kursi) dengan hanya mengoperasikan sedikit pesawat pada rute-rute yang sebelumnya dioperasikan dengan pesawat berbadan sedang.

Oleh beberapa maskapai, penggunaan pesawat berbadan lebar pada rute pendek bisa menjadi bagian utilisasi misalnya pada pergantian musim dimana permintaan di satu wilayah bisa lebih besar sehingga dimanfaatkan oleh maskapai untuk mengoperasikan pesawat berbadan lebat.

Sumber gambar: needpix.com
Sumber gambar: needpix.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun