Desain company profile yang menarik merupakan hal yang sangat penting untuk memperkenalkan perusahaan Anda kepada calon pelanggan. Company profile adalah salah satu alat marketing yang efektif untuk menarik pelanggan baru maupun memberikan informasi kepada calon Investor.
Berikut ini adalah 10 elemen yang perlu diperhatikan dalam pembuatan desain company profile.
1. Desain Cover
Apakah yang membuat suatu desain cover menarik? Untuk selera desain memang subjektif, tetapi ada 2 hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan desain cover, yaitu:
Gambar dan layout yang menarik serta dapat memberikan gambaran tentang perusahaan.
Logo perusahaan dan tagline.
Penempatan logo pada cover sangat penting karena logo merupakan identitas dari suatu perusahaan, hanya saja perlu diperhatikan penempatan pada layout halamannya agar terlihat proporsional, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
2. Daftar Isi
Pembagian bab (Kata sambutan, sejarah perusahaan, dll)
Urutan babÂ
Jumlah halaman untuk masing-masing bab
Jumlah halaman keseluruhan harus dapat di bagi menjadi 4 (karena dalam proses cetak, jumlah halaman harus dapat dibagi 4)
3. Kata Pembuka
Sebagai salah satu halaman yang tampil pertama di suatu company profile, kata sambutan dari Direktur / pimpinan perusahaan merupakan suatu artikel yang perlu diangkat untuk menyambut pembaca dalam mengenal perusahaan.Â
4. Jajaran Direksi
5. Narasi
Diluar dari sisi design, suatu company profile harus dapat menceritakan sejarah perusahaan dari mulai awal berdiri sampai pada saat ini, atau bahkan dapat menjelaskan rencana perusahaan di masa yang akan datang. Oleh karena itu diperlukan bab yang berisi mengenai milestone yang dapat memperlihatkan kejadian-kejadian penting pada perusahaan.
6. Visi, Misi dan Nilai Perusahaan
Pastikan perusahaan Anda memiliki visi, misi dan nilai-nilai yang dipegang teguh dalam menjalankan aktivitas bisnisnya.
7. Sumberdaya Manusia
Apapun bisnis yang dijalankan, baik penyedia produk ataupun layanan jasa, faktor sumberdaya manusia memegang peranan yang penting di setiap perusahaan. Keunggulan dan kompetensi dari sumberdaya manusia ini juga perlu diangkat untuk meningkatkan kepercayaan kepada perusahaan.
8. Portofolio
Pada bab ini, perusahaan dapat memperlihatkan hasil pekerjaan yang telah diselesaikan selama ini, oleh karena itu penempatan foto-foto dengan kualitas terbaik sangat diperlukan untuk dapat merepresentasikan produk yang dihasilkan.Â
Penjelasan singkat (tahun proyek / lokasi / fungsi / spesifikasi / dll) untuk masing-masing foto juga dapat membantu pembaca untuk memahami konteks dari tiap foto.
Untuk memudahkan pembaca, disarankan untuk mengurutkan portofolio menggunakan metode pengurutan, baik secara abjad atau secara kronologis.
9. Pencapaian Perusahaan
Informasi mengenai hasil pencapaian perusahaan akan memberikan gambaran singkat kepada para investor mengenai kinerja dari perusahaan.
10. Informasi Kontak
Bagian ini dapat dikatakan bagian yang cukup penting, karena setelah pembaca tertarik kepada produk / servis yang ditawarkan oleh perusahaan, mereka dapat menemukan informasi tentang bagaimana menghubungi perusahaan tersebut.Â
Informasi yang diperlukan adalah:
Alamat perusahaan
Nomor telpon perusahaan
Alamat emailÂ
Alamat situs (Website URL)
Tautan media sosial (apabila ada)
Disamping 10 hal yang sudah dibahas diatas, cara penulisan atau yang sering disebut dengan copywriting, fotografi dan pengaturan tata letak (layouting) juga memegang peranan penting dalam membuat company profile yang menarik dan informatif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H