Mohon tunggu...
yorren Handoko
yorren Handoko Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

10 Komponen Vital untuk Pembuatan Desain Company Profile

8 April 2019   14:00 Diperbarui: 29 April 2019   12:46 2966
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Desain company profile yang menarik merupakan hal yang sangat penting untuk memperkenalkan perusahaan Anda kepada calon pelanggan. Company profile adalah salah satu alat marketing yang efektif untuk menarik pelanggan baru maupun memberikan informasi kepada calon Investor.

Berikut ini adalah 10 elemen yang perlu diperhatikan dalam pembuatan desain company profile.

1. Desain Cover

Apakah yang membuat suatu desain cover menarik? Untuk selera desain memang subjektif, tetapi ada 2 hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan desain cover, yaitu:

  • Gambar dan layout yang menarik serta dapat memberikan gambaran tentang perusahaan.

  • Logo perusahaan dan tagline.
    Penempatan logo pada cover sangat penting karena logo merupakan identitas dari suatu perusahaan, hanya saja perlu diperhatikan penempatan pada layout halamannya agar terlihat proporsional, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

2. Daftar Isi

trimegah-toc-5caaea4ca8bc15338d3163a2.jpg
trimegah-toc-5caaea4ca8bc15338d3163a2.jpg
Daftar isi penting untuk ditentukan pada saat awal pembuatan company profile. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan daftar isi
  • Pembagian bab (Kata sambutan, sejarah perusahaan, dll)

  • Urutan bab 

  • Jumlah halaman untuk masing-masing bab

  • Jumlah halaman keseluruhan harus dapat di bagi menjadi 4 (karena dalam proses cetak, jumlah halaman harus dapat dibagi 4)

3. Kata Pembuka

Progress Report MRT Jakarta
Progress Report MRT Jakarta

Sebagai salah satu halaman yang tampil pertama di suatu company profile, kata sambutan dari Direktur / pimpinan perusahaan merupakan suatu artikel yang perlu diangkat untuk menyambut pembaca dalam mengenal perusahaan. 

4. Jajaran Direksi

pj-directors-5caaeafba8bc153a473b2502.jpg
pj-directors-5caaeafba8bc153a473b2502.jpg
Halaman ini penting untuk kita angkat dalam suatu Company Profile, karena disini kita dapat memperihatkan kekompakan perusahaan, dan juga dapat memperkenalkan personil dengan perannya masing-masing di perusahaan. Problem yang sering terjadi dalam mempersiapkan informasi di halaman ini adalah kesulitan dalam pengaturan jadwal pemotretan dari seluruh jajaran direksi yang mempunyai jadwal yang cukup padat dan berbeda-beda, disini diperlukan komitmen dari seluruh direksi untuk dapat meluangkan waktu untuk melakukan pengambilan gambar.

5. Narasi

Milestone
Milestone

Diluar dari sisi design, suatu company profile harus dapat menceritakan sejarah perusahaan dari mulai awal berdiri sampai pada saat ini, atau bahkan dapat menjelaskan rencana perusahaan di masa yang akan datang. Oleh karena itu diperlukan bab yang berisi mengenai milestone yang dapat memperlihatkan kejadian-kejadian penting pada perusahaan.

6. Visi, Misi dan Nilai Perusahaan

Lintas Arta Company Profile
Lintas Arta Company Profile

Pastikan perusahaan Anda memiliki visi, misi dan nilai-nilai yang dipegang teguh dalam menjalankan aktivitas bisnisnya.

7. Sumberdaya Manusia

Totalindo Company Profile
Totalindo Company Profile

Apapun bisnis yang dijalankan, baik penyedia produk ataupun layanan jasa, faktor sumberdaya manusia memegang peranan yang penting di setiap perusahaan. Keunggulan dan kompetensi dari sumberdaya manusia ini juga perlu diangkat untuk meningkatkan kepercayaan kepada perusahaan.

8. Portofolio

Totalindo Company Profile
Totalindo Company Profile

Pada bab ini, perusahaan dapat memperlihatkan hasil pekerjaan yang telah diselesaikan selama ini, oleh karena itu penempatan foto-foto dengan kualitas terbaik sangat diperlukan untuk dapat merepresentasikan produk yang dihasilkan. 

Penjelasan singkat (tahun proyek / lokasi / fungsi / spesifikasi / dll) untuk masing-masing foto juga dapat membantu pembaca untuk memahami konteks dari tiap foto.

Untuk memudahkan pembaca, disarankan untuk mengurutkan portofolio menggunakan metode pengurutan, baik secara abjad atau secara kronologis.

9. Pencapaian Perusahaan

Grafik Pencapaian Perusahaan
Grafik Pencapaian Perusahaan

Informasi mengenai hasil pencapaian perusahaan akan memberikan gambaran singkat kepada para investor mengenai kinerja dari perusahaan.

10. Informasi Kontak

Informasi Kontak
Informasi Kontak

Bagian ini dapat dikatakan bagian yang cukup penting, karena setelah pembaca tertarik kepada produk / servis yang ditawarkan oleh perusahaan, mereka dapat menemukan informasi tentang bagaimana menghubungi perusahaan tersebut. 

Informasi yang diperlukan adalah:

  • Alamat perusahaan

  • Nomor telpon perusahaan

  • Alamat email 

  • Alamat situs (Website URL)

  • Tautan media sosial (apabila ada)

Disamping 10 hal yang sudah dibahas diatas, cara penulisan atau yang sering disebut dengan copywriting, fotografi dan pengaturan tata letak (layouting) juga memegang peranan penting dalam membuat company profile yang menarik dan informatif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun