Minggu, 28 November 2021, Mahasiswa peserta KKN Tematik Program Studi Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang dalam melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan pendanaan untuk mengikuti Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Kemendikbud tahun anggaran 2021 mengadakan acara pelatihan dan pengolahan kopi di Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.Â
Pelatihan pengolahan kopi tersebut dilaksanakan tak hanya dari Tim KKN-T namun juga bekerja sama dengan Komunitas Kopi Malang yang bertempat di Balai Desa Gunungrejo.
Desa Gunungrejo merupakan penghasil kopi, produk hortikultura. Produksi kopi mencapai 50% dari total hasil pertanian, dengan jenis kopi yang dihasilkan yaitu Robusta dan Arabica'.Â
Produksi Tanaman kopi yang ada di Desa Gunungrejo Kecamatan Singosari banyak tumbuh liar dan masih sedikit yang dibudidayakan, hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan terhadap pengolahan kopi oleh masyarakat.Â
Pada umumnya, pengolahan tanaman kopi hanya dilakukan dengan cara pengeringan dan selanjutnya kopi glondong yang baru dipanen oleh petani akan dijual langsung kepada tengkulak tanpa adanya pengelolaan secara lanjut dengan kisaran harga Rp. 3.000 - Rp. 5.000,-. Harga jual kopi tanpa pengolahan yang rendah belum mampu untuk meningkatkan perekonomian petani kopi.Â
Target dari pelatihan ini ialah badan usaha milik desa, kelompok tani, dan kelompok kerja dalam proses pengolahan pasca panen. Kurangnya pengetahuan dan wawasan pengolahan kopi di lingkup petani dan pengolah kopi pasca panen menjadi kendala dalam berkembangnya produk kopi di desa ini.Â
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengolahan pasca panen kopi agar hasil produksi dapat bersaing di pasaran dan menjadi salah satu hasil komoditas unggulan di Desa Gunungrejo.Â
Selama ini para petani hanya melakukan penanaman, pemanenan dan langsung menjualnya. Kegiatan ini kurang efisien karena jika mempertimbangkan peluang bisnis kopi saat ini maka diperlukan solusi untuk meningkatkan nilai jual kopi. Konsep inti pemasaran salah satu kegiatannya meliputi proses produksi.Â
Produksi disini tentu saja merupakan kegiatan untuk menambah nilai jual suatu produk. Jadi jika melihat kegiatan yang dilakukan oleh kelompok petani ini, mereka tidak melakukan kegiatan tersebut, sehingga kopi yang mereka jual tidak memiliki nilai tambah dan harga rendah