Mohon tunggu...
David Abdullah
David Abdullah Mohon Tunggu... Lainnya - —

Best in Opinion Kompasiana Awards 2021 | Kata, data, fakta

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Peran Krusial Service Advisor di Bengkel AHASS

9 Desember 2023   12:25 Diperbarui: 9 Desember 2023   13:00 2379
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). | DAM via KOMPAS

Pagi itu, angin bertiup lirih menyisir jalanan, menebarkan aroma bensin yang sangat khas. Usai menembus kemacetan, seorang pemilik sepeda motor, Mawar, tiba di bengkel AHASS dengan raut wajah panik dan kebingungan.

Namun, seiring kakinya melangkah, senyum hangat seorang pria berseragam rapi telah menanti di ambang pintu, seketika memecah kepanikan Mawar. "Selamat pagi. Saya Rudi, Service Advisor AHASS. Silakan masuk, Mbak."

Sembari membawa alat tulis di tangannya, ia mengawal Mawar menuju ke meja resepsionis untuk melakukan registrasi. Setelahnya, Rudi mewawancarai Mawar mengenai keluhan pada Honda Genio kesayangannya.

"Ada suara aneh dari bagian belakang sepeda motor saya, Mas. Kayaknya ada yang rusak, deh", ujar Mawar dengan nada cemas.

Rudi yang mendengarkan secara saksama pun tersenyum, "Jangan khawatir, Mbak. Mbak Mawar duduk dulu di area tunggu, ya. Kami akan cek dan segera memberi tahu hasilnya."

Di ruangan bercat putih dan merah ini, berjajar belasan kursi yang sangat nyaman. Area tunggu itu juga dilengkapi dengan air mineral, televisi, dan majalah. Di sanalah, Mawar dan pelanggan setia bengkel AHASS lainnya biasa menunggu kendaraan mereka selesai diservis.

Setelah melalui beberapa menit proses pemeriksaan, Rudi menghampiri Mawar. Ia menjelaskan mengenai kondisi sepeda motornya dengan bahasa dan gaya komunikasi yang mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun. Tidak sulit bagi Mawar untuk memahaminya.

Tak lupa, Rudi memberikan sejumlah saran perbaikan dan rincian komponen sepeda motor yang perlu diganti. Ia juga menginformasikan terkait estimasi biaya dan durasi pengerjaannya.

Pelayanan memuaskan serupa tidak hanya dialami oleh Mawar. Sebagai pemilik Honda Scoopy, saya pun merasakan bagaimana kualitas layanan bengkel AHASS mampu menjawab segala keluhan dan kebutuhan yang diperlukan oleh kendaraan saya.

Selama ada AHASS, saya tidak akan pernah khawatir dalam merawat kendaraan agar tetap dapat mengarungi kerasnya jalanan dalam aktivitas sehari-hari.

Peran Krusial Service Advisor AHASS

AHASS bukan sekadar bengkel biasa. Ia adalah wadah di mana profesionalisme dan ketelitian saling berkolaborasi. Di sini, kualitas menjadi prioritas, dengan standar layanan yang dijaga secara ketat, suku cadang orisinal yang dijamin keandalannya, dan layanan yang tidak hanya piawai dalam memperbaiki sepeda motor, tetapi juga mampu memanjakan hati pemiliknya.

Kehadiran Service Advisor juga kian menambah nilai jual AHASS di mata para pelanggan setianya. Melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin di bengkel yang didirikan Honda itu adalah solusi paling bijaksana.

Selain karena faktor mekanik terlatih yang telah dibekali pengetahuan teori dan praktik tentang teknologi sepeda motor Honda, setiap bengkel AHASS juga dilengkapi dengan alat kerja modern berstandar global, sehingga pelayanannya dapat dilakukan dengan presisi, cepat, dan efisien.

Di samping itu, Bengkel AHASS juga mempunyai prosedur kerja (SOP) berstandar tinggi yang selalu berorientasi pada kepuasan pelanggan, terutama dengan kehadiran Service Advisor yang menjadi ujung tombaknya.

Untuk membuktikan bahwa layanan Service Advisor di Bengkel AHASS telah memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, maka diperlukan dasar konseptual yang kokoh. Melalui pendekatan SERVQUAL ini, tidak akan ada lagi keraguan untuk memilih AHASS.

SERVQUAL merupakan instrumen penelitian multidimensi yang dirancang untuk mengukur kualitas layanan dalam sektor jasa. Metode yang dirumuskan oleh Leonard Berry dkk. ini berfokus untuk mengukur kualitas layanan dari sudut pandang pelanggan berdasarkan lima dimensi: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy.

Dengan bantuan lensa teori SERVQUAL, hubungan antara pelayanan yang diberikan oleh Service Advisor di bengkel AHASS dengan kepuasan pelanggan, dapat dipahami secara komprehensif.

1. Tangibles (Aspek Fisik)

Service Advisor merupakan wajah dari pelayanan pelanggan di bengkel AHASS. Mereka akan memastikan bahwa penampilannya dapat memberikan kesan positif di mata pelanggan. Komunikasi yang baik dan seragam yang rapi juga memberikan kontribusi terhadap dimensi fisik tersebut yang berimplikasi langsung pada kepuasan pelanggan.

2. Reliability (Keandalan)

Service Advisor AHASS juga menjadi ujung tombak dalam memberikan analisis dan informasi yang tepat, prediksi durasi perbaikan yang akurat, serta estimasi biaya yang cermat. Konsistensi dalam hal-hal tersebut akan meningkatkan persepsi pelanggan terhadap keandalan layanannya.

3. Responsiveness (Daya Tanggap)

Terbukti, Service Advisor AHASS akan selalu mengutamakan respons yang cepat dan tanggap terhadap kebutuhan pelanggan. Mereka dapat menjawab pertanyaan dan memberikan solusi dengan cermat. Kemampuan mereka dalam merespons pertanyaan pelanggan dengan ramah dan komprehensif selanjutnya dapat mendongkrak level kepuasan pelanggan.

4. Assurance (Jaminan)

Service Advisor AHASS mampu membangun kepercayaan dan memberikan jaminan bagi pelanggannya. Kemampuan mereka dalam memberikan saran yang akurat, mengedukasi pelanggan tentang perawatan yang diperlukan, serta menunjukkan keahlian dalam menangani masalah teknis pada sepeda motor akan meningkatkan tingkat keyakinan pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh AHASS.

5. Empathy (Empati)

Service Advisor AHASS juga berperan penting dalam memahami kebutuhan, keinginan, dan kekhawatiran pelanggan. Mereka mampu berempati terhadap kondisi pelanggan dengan memberikan solusi sesuai kebutuhan kendaraannya. Interaksi yang penuh empati akan meningkatkan pengalaman positif pelanggan.

Dengan demikian, dapat dikonklusikan, peran Service Advisor di bengkel AHASS secara langsung telah berkontribusi terhadap semua dimensi dalam teori SERVQUAL. Perannya mampu membantu meningkatkan persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh bengkel pabrikan Honda tersebut.

Bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) unggul karena memilih Service Advisor andal. | KOMPAS.com/Gilang
Bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) unggul karena memilih Service Advisor andal. | KOMPAS.com/Gilang
Selain dapat ditinjau melalui teori SERVQUAL, peran integral Service Advisor dalam menunjang kepuasan pelanggan bengkel AHASS juga bisa dibuktikan lewat parameter teori "Interaksi Layanan" yang dicetuskan oleh Christian Grnroos.

Teori ini menekankan bahwa kualitas layanan tidak hanya ditentukan oleh produk atau layanan itu sendiri, tetapi juga oleh interaksi yang terjadi antara penyedia layanan dan pelanggan. Grnroos memandang interaksi ini sebagai elemen utama dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang memuaskan.

Dalam konteks teori "Interaksi Layanan", eksistensi Service Advisor terbukti dapat meningkatkan dimensi interpersonal, yakni interaksi langsung antara penyedia layanan dan pelanggan. Respons yang cepat dan kemampuan untuk memahami dan menjawab kebutuhan pelanggan merupakan aspek penting dalam menciptakan hubungan personal yang kuat dan memuaskan. Aspek itulah yang diprioritaskan oleh Service Advisor AHASS selama ini.

Bagi AHASS, kepuasan pelanggan adalah segalanya. Tak hanya karena adanya Service Advisor, keahlian mekanik, dan keaslian suku cadang yang terjamin, pelanggan juga berhak mendapatkan layanan perbaikan ulang secara gratis bila masih ada keluhan yang sama pada sepeda motor mereka.

Semua keunggulan itu diberikan kepada para pelanggan sebagai wujud jaminan kualitas servis yang sejalan dengan tagline AHASS: "Servis Pasti dari yang Ahli".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun