Mohon tunggu...
Kiki maulani
Kiki maulani Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris

my hobbies are cooking and travelling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Best Practice dengan Menggunakan Metode STAR pada Pembelajaran Narrative Text

7 Desember 2022   22:00 Diperbarui: 7 Desember 2022   22:03 836
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Saya adalah seorang Guru Bahasa Inggris SMK N 8 Sarolangun. Sekolah tersebut berdiri pada tanggal 09 September 2009 yang terletak diujung Kab. Sarolangun Prov. Jambi tepatnya di daerah Transmigrasi yang dikenal dengan Desa Bukit Suban pusatnya Suku Anak Dalam (SAD). Daerah yang jalan aksesnya belum bisa dikatakan baik yaitu jalan berbatuan, dimana jika hari hujan sulit untuk keluar dari Desa Bukit Suban dan jaringan internet yang hilang jika mati lampu dan hujan lebat. SMK N 8 Sarolangun memiliki 38 orang personil, yang terdiri dari 11 orang PNS, 20 tenaga pendidik dan 5 tenaga kependidikan, 1 orang tukang kebun dan 1 orang cleaning service.

Pada kesempatan ini, saya selaku penulis akan berbagi praktik baik yang telah saya laksanakan di SMK N 8 Sarolangun dengan Materi Narrative Text pada kelas X Tata Busana. Tujuan yang ingin penulis capai adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis social function, generic structure and language feature pada materi Narrative Text (Legend) di kelas X melalui model Problem Based Learning, Short video from Youtube, Media Gambar yang ditampilkan melalui slide power point. Adapun hal-hal yang menjadi latar belakang masalah pada kegiatan ini adalah sebagai berikut:

1. Faktor Guru

  • Guru masih menggunakan metode pembelajaran Teacher Center
  • Kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan Guru pada saat penyampaian materi.

2. Faktor Siswa

  • Terbatasanya kosa kata (vocabulary) siswa.
  • Kurangnya minat ataupun ketertarikan siswa dalam memahami isi teks berbahasa Inggris
  • Kurang terbiasanya siswa dalam membaca teks berbahasa Inggris
  • Siswa kesulitan dalam memanfaatkan informasi yang terdapat didalam teks
  • Kurangnya kesadaran siswa dalam memanfaatkan jaringan internet sebagai sumber belajar disebabkan siswa lebih tertarik bermain media sosial.

3. Faktor Fasilitas

  • Terbatasnya fasilitas sekolah salah satu contohnya adalah infokus
  • Jaringan internet yang terkadang hilang secara otomatis disebakan cuaca dan pemadaman listrik.

4. Faktor Lingkungan

  1. Kurangnya perhatian orang tua kepada siswa disebabkan orang tua yang sibuk bekerja dimana di Desa Bukit Suban rata-rata orang tua siswa bekerja sebagai petani sawit.
  2. Kurangnya komunikasi antara Guru dan orang tua siswa disebabkan keterbatasan waktu
  3. Kurangnya pengawasan orang tua terhadap hasil belajar siswa.

Penyebab Praktik Baik ini penting dibagikan adalah:

  1. Sebagai referensi bagi rekan Guru lainnya yang mengalami permasalahan yang sama dengan penulis sehingga dapat memotivasi diri untuk menjadi Guru yang lebih kreatif dan inovatif sehingga siswa lebih bersemangat mengikuti proses pembelajaran dan mudah memahami materi yang disampaikan oleh Guru.
  1. Untuk memotivasi diri saya dan rekan Guru lainnya bahwa penggunaan TPACK pada proses pembelajaran memberikan dampak significant bagi siswa. Contohnya siswa lebih termotivasi dan lebih interaktif selama proses pembelajaran.

         Sebagai seorang Guru Bahasa Inggris di SMK N 8 Sarolangun, penulis terus belajar dan menambah literasi sebagai bentuk menuju Guru yang lebih kreatif, inovatif dan kompetitif. Selain itu, penulis memiliki tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Mendapatkan hasil pembelajaran sesuai kriteria ketuntasan adalah bentuk keberhasilan seorang pendidik.

 Adapun tantangan yang ditemui penulis selama proses pembelajaran ini adalah:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun