Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat mendefinisikan makna hidup, tujuan pembelajaran dan hakikat kemanusiaan. Jika selama ini manusia-manusia dipaksa hidup dalam situasi serba cepat, pekerjaan tanpa henti, dan kejaran target pertumbuhan ekonomi dalam sistem kompetisi.
Indonesia punya tantangan besar dalam penanganan Covid-19. Dari semua aspek yang menjadi tantangan saat ini, terlebih pada aspek pendidikan, yang penting untuk didiskusikan.Â
Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing, atau di Indonesia lebih dikenal sebagai pysical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir persebaran Covid-19. Jadi, kebijakan ini diupayakan untuk memperlambat laju persebaran virus Corona di tengah masyarakat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merespon dengan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring.
Persebaran virus Corona, memaksa kita untuk melihat kenyataan bahwa dunia sedang berubah. Kita bisa lihat bagaimana perubahan-perubahan di bidang teknologi, ekonomi, politik, hingga pendidikan di tengah krisis akibat Covid-19. Perubahan itu mengharuskan kita untuk bersiap diri, merespon dengan sikap dan tindakan sekaligus selalu belajar hal-hal baru. Indonesia tidak sendiri dalam mencari solusi bagi peserta didik agar tetap belajar dan terpenuhi hak pendidikannya.Â
Indonesia menghadapi beberapa tantangan nyata seperti:
- Ketimpangan teknologi antara sekolah di kota besar dan daerah,
- Keretbatasan kompetensi guru dalam pemanfaatan aplikasi pembelajaran,
- Keterbatasan sumber daya untuk pemanfaatan teknologi pendidikan seperti internet dan kuota,
- Relasi guru, murid, orang tua dalam pembelajaran daring yang belum integral.
Pemberlakuan kebijakan pysical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan belajar dari rumah, dengan pemanfaatan teknologi informasi yang berlaku secara tiba-tiba, tidak jarang membuat guru dan siswa kaget termasuk orang tua bahkan semua orang yang berada dalam rumah.Â
Pembelajaran teknologi informasi memang sudah diberlakukan dalam beberapa tahun terakhir dalam sistem pendidikan di Indonesia. Namun, pembelajaran daring yang berlangsung sebagai kejutan dari pandemi Covid-19, membuat kaget hampir di semua lini, dari kabupaten/kota, provinsi, pusat bahkan dunia internasional.Â
Sebagai ujung tombak di level paling bawah suatu lembaga pendidikan, kepala sekolah dituntut untuk membuat keputusan cepat dalam merespon surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mengharuskan sekolah untuk memberlakukan pembelajaran dari rumah. Para guru merasa kaget karena harus mengubah sistem, silabus dan proses belajar secara cepat. Siswa terbata-bata karena mendapat tumpukan tugas selama belajar dari rumah. Sementara, orang tua murid merasa stress ketika mendampingi proses pembelajaran dengan tugas-tugas, di samping itu juga harus memikirkan keberlangsungan hidup dan pekerjaan masing-masing di tengah krisis.
Jadi, kendala-kendala itu menjadi catatan penting dari dunia pendidikan kita yang harus mengejar pembelajaran daring secara cepat. Padahal, secara teknis dan sistem belum semuanya siap. Selama ini pembelajaran online hanya sebagai konsep, sebagai perangkat teknis, belum sebagai cara berpikir, sebagai paradigma pembelajaran. Padahal, pembelajaran online bukan metode untuk mengubah belajar tatap muka dengan aplikasi digital, bukan pula membebani siswa dengan tugas yang bertumpuk setiap hari. Pembelajaran secara online harusnya mendorong siswa menjadi kreatif mengakses sebanyak mungkin sumber pengetahuan, menghasilkan karya, mengasah wawasan dan ujungnya membentuk siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Dari tantangan-tantangan itu, dapat di simpulkan bahwa pembelajaran online sebagai peluang merubah sistem pendidikan kita. Â Ada beberapa langkah yang dapat menjadi masukan dalam perbaikan sistem pendidikan khususnya terkait pembelajaran daring:
- Semua guru harus bisa mengajar jarak jauh yang notabene harus menggunakan teknologi. Â Peningkatan kompetensi pendidik di semua jenjang untuk menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh mutlak dilakukan. Memang jumlahnya sangat banyak, untuk memastikan sekitar 3 jutaan guru di Indonesia memiliki kompetensi yang memadai dalam memanfaatkan teknologi tentu bukan perkara mudah. kompetensi minimal TIK guru level 2 harus segera diwujudkan termasuk kemampuan melakukan vicon (video conference) dan membuat bahan ajar online.Pemerintah tidak harus sendiri, upaya menggandeng banyak pihak penyedia portal daring sangat tepat dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun leading sektor urusan kebijakkan pembelajaran daring harus dikendalikan dibawah kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
- Pemakaian Tenologi pun juga tidak asal-asalan, ada ilmu khusus agar pemanfaatan teknologi dapat menjadi alat untuk mewujudkan tujuan pendidikan yakni teknologi pendidikan (TP). Pembelajaran online tidak hanya memindah proses tatap muka menggunakan aplikasi digital, dengan disertai tugas-tugas yang menumpuk. Ilmu teknologi pendidikan mendesain sistem agar pembelajaran online menjadi efektif, dengan mempertimbangkan tujuan pendidikan secara khusus. Prinsip-prinsip pemanfaatan teknologi yang harus menjadi acuan guru dalam memanfaatkan teknologi yaitu mampu menghadirkan fakta yang sulit dan langka ke dalam kelas, memberikan ilustrasi fenomena alam dan ilmu pengetahuan, memberikan ruang gerak siswa untuk bereksplorasi, memudahkan interaksi dan kolaborasi antara siswa-guru dan siswa, serta menyediakan layanan secara individu tanpa henti. Namun sangat sedikit guru yang memahami prinsip-prinsip diatas. Hal ini menuntut stakeholder terkahit utamanya para pengembang teknologi pembelajaran harus lebih banyak berinovasi dan mencari terobosan pembelajaran di masa darurat seperti Covid-19 saat ini. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
- Pola pembelajaran daring harus menjadi bagian dari semua pembelajaran meskipun hanya sebagai komplemen, intinya supaya guru membiasakan mengajar online. Pemberlakuan sistem belajar online yang mendadak membuat sebagian besar pendidik kaget. Ke depan, harus ada kebijakan perubahan sistem untuk pemberlakuan pembelajaran online dalam setiap mata pelajaran. Guru harus sudah menerapkan pembelajaran berbasis teknologi sesuai kapasitas dan ketersediaan teknologi. Inisiatif kementerian menyiapkan portal pembelajaran daring Rumah Belajar patut didukung meskipun urusan daring saat Covid-19 yang memaksa siswa dan guru menjalankan aktifitas di rumah tetap perlu dukungan penyedia layanan daring yang ada di Indoesia. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
- Guru harus punya kelengkapan pembelajaran online, peralatan TIK minimal yang harus dimiliki guru adalah laptop, dan alat pendukung video conference. Keberadaan perangkat minimal yang harus dimiliki guru sangat perlu dipikirkan bersama baik pemerintah kab/kota, provinsi dan pusat termasuk orang tua untuk sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat. Sudah banyak fintech yang bergerak dibidang pemberian bantuan pengadaan perangkat teknologi baik untuk siswa, guru maupun sekolah. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
- Ketimpangan infrastruktur digital antara kota besar dan daerah harus dijembatani dengan kebijakan teknologi afirmasi untuk daerah yang kekurangan. Akses internet harus diperluas dan kapasitas bandwithnya juga harus ditingkatkan. Tapi, jangkauan akses harus diperluas agar sebanyak mungkin sekolah, pendidik dan siswa merasakan manfaatnya. Di tengah pandemi Covid-19 ini, sistem pendidikan kita harus siap melakukan lompatan untuk melakukan transformasi pembelajaran daring bagi semua siswa dan oleh semua guru. Kita memasuki era baru untuk membangun kreatifitas, mengasah skill siswa, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola interaksi kita dengan teknologi. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Perspektif menurut Teori Pieree Bourdieu
Teori yang dikemukakan oleh Pierre-Felix Bourdieu disebut teori struktural konstruktif atau sering juga disebut teori praktik sosial. Konsep penting dalam teori praktik Bourdieu yang akan dibahas ini yaitu, modal (capital).
Menurut Bourdieu Kapital di kembangkan dalam beberapa pengertian yaitu:
- Kapital Ekonomi, menurut Bourdieu yaitu seperti modal materil yang berbentuk seperti uang, tanah, harta yang dimiliki oleh seseorang.
- Kapital Sosial, contohnya seperti norma sosial, jaringan sosial, informasi dan kepercayaan yang bisa di artikan kapital sosial ini terbentuk dari kepercayaan antar masyarakat atau individu-individu yang terbentuk sebagai jaringan sosial atau sebagainya. Kapital sosial ini juga memilki fungsi yaitu saling menguntungkan dalam bermacam arena sosial masyarakat.
- Kapital Kultural, bukanlah sebuah varian tunggal, akan tetapi terbagai dalam 3 wujud yaitu kapital bersifat inheren, objektif, dan kapital kultural ini berbentuk terinstitusional.
- Kapital Simbolik, yaitu merupakan kapital yang membentuk suatu penghormatan pada seseorang dalam sebuah pencapaian tertentu atau bisa di bilang mendapat sebuah pengakuan publik dalam suatu hal yang ia lakukan di dalam sebuah arena sosial.
Menurut Bourdieu pendidikan yang ada di sekolah cenderung di dominasi oleh anak-anak yang memilki kapital ekonomi yang tinggi. Alasan nya adalah di karenakan anak-anak yang memilki kapital ekonomi yang tinggi  memiliki lebih banyak peluang atau fasilitas dalam dunia pendidikan di sekolah tersebut seperti fasilitas yang memadai seperti computer, buku, alat tulis dan sebagainya. Dan dalam masa pandemi seperti ini peluang untuk  anak yang memilki kapital ekonomi yang tinggi ia dapat memilih mana sekolah yang bagus yang bisa ia masuki yang dimana sebagian sekolah bagus biasanya memiliki biaya yang lebih mahal dari sekolah biasanya, jadi dalam hal ini kita bisa lihat jika peluang sukses anak-anak yang memilki kapital ekonomi yang tinggi lebih besar dibandingkan anak-anak yang  memilki ekonomi yang rendah. Ada juga contoh lain seperti bimbel dimana tidak semua anak bisa untuk masuk sebuah bimbel dikarenakan ekonomi mereka. Tentu anak-anak yang memilki kapital ekonomi yang tinggi bisa untuk mendapatkan fasilitas itu sehingga bisa lebih mendominasi dalam sumber pendidikan yang mereka dapat.
Jadi meurut Bourdieu pendidikan dalam sudut pandang kapital ini sangat tidak adil dimana anak-anak kaya bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas yang bisa mempermudah mereka untuk mendaptkan sumber pendidikan yang lebih mudah, sedangkan anak-anak miskin tidak memilki fasilitas sebanyak yang dimilki oleh anak-anak yang memilki kapital ekonomi yang tinggi. Belum lagi banyaknya diskriminasi di sekolah kepada anak-anak miskin dalam berbagai hal seperti pembentukan pertemanan yang hanya di peruntukan oleh orang-orang yang levelnya sejajar saja dan lainnya. Hal ini tentu menimbulkan sifat insecure terhadap anak-anak miskin yang tidak memilki kapital ekonomi yang tinggi sehingga anak-anak miskin itu menjadi semakin tertekan dan bisa tidak fokus dalam dunia pendidikan mereka sendiri.
Dapat disimpulkan bahwa tantangan dan peluang untuk sektor pendidikan di masa pandemi Covid-19 saat ini perlu di tanggapi dan perlu dilakukan tindakan nyata untuk menciptakan ekosistem yang baik untuk sektor pendidikan dalam menyesuaikan situasi pandemi Covid-19 saat ini dengan mengandalkan teknologi yang turut mengambil andil penting dalam menghadapi tantangan menjalankan proses belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan tatap muka serta para sumber daya manusia (SDM) khususnya tenaga pendidik yang di tuntut untuk melek teknologi agar proses belajar mengajar dapat berjalan lancar di masa pandemi saat ini. Lain hal nya jika ini di terapkan di sekolah yang berlokasi di kota kecil yang mempunyai sarana dan prasarna mengajar yang belum memadai dan kesamaan dari hal ini dengan teori perspektif Pierre Bourdieu adalah sebagian besar pendidikan di kota besar di dominasi oleh anak-anak dari kapital ekonomi keluarga nya yang mampu dan di era pandemi saat ini sarana dan prasana sekolah mereka memadai untuk menyesuaikan dengan kondisi Covid-19 saat ini. Lalu, di bandingkan dengan pendidikan di kota lainnya yang di isi oleh anak-anak dari kapital ekonomi kebawah yang tentu kebanyakan bersekolah  sesuai dengan ekonomi kelurarga mereka dan belum lagi ketidaksiapan sarana dan prasana yang mereka gunakan untuk menyesuaikan saat pandemi sekarang ini yang belum memadai.
Daftar Pustaka
Buku
Damsar. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Kencana (Prenadamedia).
Maunah, Binti. 2016. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Sari, Dian Rinanta, Achmad, Siswanto. 2021. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Laboratorium Pendidikan Sosiologi UNJ.
Subadi, Tjipto. 2009. Sosiologi dan Sosiologi Pendidikan; Suatu Kajian Boro dari Perspektif Sosiologis Fenomenologis. Surakarta.
Hasil Penelitian (Artikel/Jurnal)
Indrawati, Budi. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). Bekasi: Sekretariat Redaksi Jurnal (JKI).
Satariyah. 2020. "Tantangan Guru Gagap Teknologi pada Pembelajaran Jarak Jauh". https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/tantangan-guru-gagap-teknologi-pada-pembelajaran-jarak-jauh , diakses pada tanggal 27 Desember 2021 pukul 15.43.
Sutopo, Anam. 2020. Pojok Opini: "Tantangan Pendidikan di Era Pandemi". https://news.ums.ac.id/id/12/2020/pojok-opini-tantangan-pendidikan-di-era-pandemi-oleh-dr-anam-sutopo/ , diakses pada tanggal 27 Desember 2021 pukul 13.31.
Wahab, Rochmat. 2020. "Tantangan dan Kesempatan Pendidikan Era Covid-19". https://arbaswedan.id/tantangan-dan-kesempatan-pendidikan-era-covid-19/ , diakses pada tanggal 27 Desember 2021 pukul 19.28.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H