Mohon tunggu...
kholilah kholilah
kholilah kholilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

menggambar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Studi Literatur Efektivitas Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping

10 Desember 2023   22:19 Diperbarui: 10 Desember 2023   23:30 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran dimana peserta didik mengembangkan potensi dirinya secara aktif, mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, mampu mengendalikan diri, dan keterampilan yang dibutuhkan oleh dirinya dan masyarakat. Pendidikan juga dapat diartikan sebagai suatu proses pembelajaran bagi peserta didik untuk mengembangkan pikirannya agar memahami, mengerti dan berpikir lebih kritis. Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk kehidupan anak-anak di negeri ini. Dalam dunia pendidikan, guru tidak hanya berperan dalam keberhasilan proses belajar mengajar, namun siswa juga turut mempengaruhi kemajuan pendidikan. Dalam dunia pendidikan, guru dan siswa tidak dapat dipisahkan. Tugas seorang guru tidak hanya sekedar menyebarkan ilmu pengetahuan, tetapi juga mengajar, mendidik, melindungi, dan melatih peserta didiknya agar menjadi orang yang berdisiplin, berakhlak mulia, dan berbudi luhur.

Seiring waktu, siswa perlu mengembangkan keterampilan abad 21 untuk menghadapi tantangan global. Tugas guru tidak hanya mengajar dan menyebarkan ilmu pengetahuan, tetapi juga mendidik dan melatih peserta didik untuk memperoleh keterampilan abad 21. Tujuannya agar siswa dapat memenuhi tuntutan perkembangan yang semakin pesat. Karena perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian pesat menyebabkan batas-batas negara di dunia sudah tidak terlihat lagi.

Dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ini, guru tidak mampu lagi menyampaikannya kepada siswa dalam waktu singkat di dalam kelas. Kenyataan ini menuntut guru untuk menjadi fasilitator yang lebih kreatif dan inovatif, dan menciptakan kondisi belajar mengajar yang memudahkan belajar siswa. Pembelajaran bisa dikatakan efektif dan menyenangkan adalah dengan menggunakan pembelajaran kolaboratif dan berpusat pada peserta didik. Media pembelajaran hendaknya memperhatikan dampak ilustrasi dalam menyampaikan pesan kepada siswa. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sangat penting dalam perancangan, analisis, evaluasi, pengembangan dan implementasi materi pendidikan dalam proses pembelajaran.

Kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran disebabkan oleh kurangnya penggunaan media sebagai bahan pembelajaran. Oleh karena itu, sistem pendidikan harus mampu mengembangkan penggunaan media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran. Akan tetapi guru hanya menggunakan buku pelajaran yang disediakan pemerintah sebagai wadah pembelajaran ketika mengajar, maka siswa sulit memahami materi pembelajaran dan mudah merasa bosan sehingga menurunkan motivasi belajarnya. 

Pembelajaran tidak berhasil karena pembelajaran tidak terlaksana dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru dapat mengembangkan program pembelajaran yang efektif dan inovatif. Guru akan memiliki akses terhadap media yang murah dan bagus yang diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Selain mampu memanfaatkan informasi terkini, guru juga harus mampu untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat media pembelajaran. Menurut Latuheru, berpendapat bahwa media pembelajaran merupakan alat atau teknik, bahan yang dipergunakan dalam proses pembelajaran dengan maksud supaya terjadinya proses interaksi, komunikasi, pembelajaran antara guru dan siswa dapat berjalan dengan baik, tepat guna, serta berdaya.

Dari rekapitulasi hasil pencarian artikel tentang media audio visual berbasis canva menggunakan model pembelajaran mind mapping, maka dapat diuraikan sebagai berikut.

Penelitian yang dilakukan oleh Nur Aisyah (2023) dalam artikel yang berjudul "Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Dengan Inovasi Pembelajaran Pembuatan Mind Mapping Melalui Canva Di SMPN 5 Enrekang". Hasil penelitian yang didapat pada siklus I dimana terdapat hasil belajar telah tuntas dengan presentase 79,36 % sedangkan presentase 20,64 % tidak tuntas. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi siswa pada hasil belajar yang tidak tuntas karena terdapat beberapa siswa yang nakal serta membuat keributan pada saat pembelajaran biologi akibatnya konsentrasi temannya yang lain menjadi terganggu, selanjutnya beberapa siswa tidak memperhatikan materi yang sedang dijelaskan oleh guru akibatnya hasil belajar hanya mencapai presentase 79,36 %.

 Selanjutnya hasil pada siklus II dimana sebanyak 27 siswa mendapatkan nilai yang sudah mencapai KKM dengan persentase 93,2%, sedangkan terdapat 2 siswa dengan presentase 6,8% yang belum mencapai KKM. Penyebabnya adalah karena 2 siswa ini tidak ikut berpartisipasi pada saat pembelajaran dan tidak serius ketika pembelajaran berlangsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa dengan menerapkan inovasi pembelajaran model mind mapping pada canva mampu meningkatkan gairah siswa dalam kegiatan pembelajaran yang sebelumnya telah disiapkan.

Uun Andika, Sri Lestari, dkk (2023) dalam artikel yang berjudul "Peningkatan Kemampuan Menulis Rangkuman Alur Cerita Fiksi Menggunakan Mind Mapping Dengan Media Canva Pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Jatikalen". Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu meningkatnya hasil belajar siswa mulai dari prasiklus sampai siklus II. Diamana nilai tertinggi pada prasiklus yaitu 80, pada siklus I yaitu 85, dan pada siklus II yaitu 90. Meningkatnya hasil belajar terhadap ketuntasan prestasi belajar. Selanjutnya pada aktivitas siswa dalam proses pembelajaran terus meningkatkat berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran. Karena peningkatan tersebut mancapai presentase 86% karena siswa sudah mampu berinteraksi dengan teman kelompoknya, percaya diri pada kemampuan yang dimiliki, memperhatikan pembelajaran dengan baik, berani memberikan tanggapan, siswa lebih kondusif daripada sebelumnya, serta antusias pada saat pembelajaran menulis rangkuman alur. Jadi, dalam menerapkan model mind mapping menggunakan media canva pada pembelajaran menulis rangkuman alur cerita fiksi siswa kelas XII A SMP Negeri 1 Jatikalen sangat efektif untuk dilaksanakan jika menggunakan model pembelajaran mind mapping yang bertujuan agar presentasi siswa terus meningkat.

Millanie yuliaramsyah, Agus Budiman, dkk (2023) dalam artikel yang berjudul "Meningkatkan Kemampuan Mind Mapping Siswa Dalam Pembelajaran Tari Dengan Menggunakan Aplikasi Canva". Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa dalam hal mengingat dan rendahnya cara memetakan materi yang telah diberikan oleh guru. Siswa mendapati kesulitan pada saat belajar dan mengahafal apa yang telah diajarkan oleh guru sehingga siswa kesulitan pada saat mempresentasikan materi tersebut. Siswa cenderung lebih pasif pada saat kegiatan belajar berlangsung. Upaya yang dilakukan yaitu dengan menoptimalkan media pembelajaran berbasis canva yang dipergunakan oleh guru untuk mengajak siswa berkreasi guna membangun dampak positif berupa merubah cara belajar pada siswa yang mulanya lemah dalam mengahafal serta mengingat materi pembelajaran. 

Hal ini, menjadi alternatif bagi siswa supaya dapat mengubah cara belajar yang pada awalnya dilakukan dengan membaca serta mencari referensi dari internet dengan konsep dari pembelajaran yang kurang efektif bisa diubah dengan menggunakan aplikasi canva sebagai media pembelajaran supaya hafalan dalam pembelajaran terus meningkat. Upaya yang dilakukan ini bertujuan agar siswa semakin bersemangat untuk menggunakan smartphone untuk menyimpan data materi pelajaran agar siswa mampu untuk belajar secara mandiri melalui media aplikasi canva dimanapun siswa berada. Di masa yang akan mendatang strategi pembelajaran tersebut sangat efektif jika digunakan oleh guru pada mata pelajaran seni tari di sekolah, hal ini merupakan salah satu cara megefektifkan belajar siswa dalam menghafal serta memahami materi seni tari yang telah diberikan guru setiap pertemuan di kelas.

Siti Handayani Parinduri (2023) pada artikel yang berjudul "Manfaat Canva Untuk Melatih Kreativitas Pembuatan Mind Map Mata Kuliah Alat-Alat Ukur dan Instrumentasi". Pengembangan pada manfaat aplikasi canva terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia. Pertama, karena dampak dari revolusi industri 4.0 yang dimana siswa diarahkan untuk menguasai keterampilan yang dilihat dari adanya pengaruh dan kaitan dengan revolusi 4.0 yaitu transformasi seluruh aspek dengan tujuan mengembangkan tekologi dan internet. Kedua, memanfaatkan teknologi dengan menjadi sarana media pembelajaran yang digunakan secara praktis dan efektif. Ketiga, terdapat literasi visual siswa pada pelajaran bahasa Indonesia. Pada pelajaran bahasa Indonesia terdapat beberapa mata pelajaran yang bisa menggunakan bantuan aplikasi canva. Contohnya pada pembelajaran sastra yang berbentuk puisi, yang mana siswa tidak lagi terfokus pada teks tulis atau buku, tetapi bagaimana caranya agar siswa memanfaatkan literasi visual yang ada di canva dengan menuangkan gagasan, kreativitas, dan juga emosional mereka dengan elemen-elemen seperti warna, gambar, dan simbol lainnya untuk dimanfaatkan melalui mendesain pada aplikasi canva tersebut.

Trubus Kurniawan dan Sriyanto (2022) dalam artikel yang berjudul "Canva Mind Mapping: Alternatif Pembelajaran Inovatif Abad 21" menjelaskan bahwa pembelajaran abad 21 harus mampu menekankan pada kolaborasi, berpikir kritis, kreatif, dan komunikatif. Dunia modern berubah dengan cepat, sehingga pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki tidak akan bisa untuk menghadapi tantangan masa depan yang akan datang. Seiring berjalannya waktu, sistem pendidikan di Indonesia harus membekali peserta didik dengan keterampilan, berpikir kritis, mampu memecahkan masalah, dan merespons perkembangan zaman dalam masyarakat. Agar peserta didik bisa sukses maka peserta didik harus mampu mengembangkan pemikiran yang kritis dan terampil dalam berkomunikasi secara interpersonal. 

Dalam hal ini tantangan bagi tenaga pendidik saat ini adalah menjamin kualitas pembelajaran pada diri peserta didik untuk mempersiapkan masa yang akan mendatang. Banyaknya informasi yang tersedia secara online, maka saat ini guru bukan lagi menjadi pusat dari sumber pengetahuan tetapi kini fungsi guru sebagai seorang fasilitator dalam pembelajaran di kelas. Dimana guru dapat mengajukan sebuah pertanyaan, menyediakan alat serta metode penelitian, memberikan materi, serta memberikan pedoman untuk memecahkan masalah. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sepenuhnya dikontrol oleh guru, apakah diterima atau tidak dalam menghadapi perubahan pada pembelajaran abad 21 ini. Dalam penggunaan model mind mapping dengan menggunakan aplikasi canva merupakan sebuah solusi untuk meningkatkan pembelajaran yang menarik serta berkesan bagi peserta didik. Sehingga tujuan dari proses pembelajaran bisa tercapai secara maksimal. Model pembelajaran mind mapping dengan menggunakan aplikasi canva bisa dijadikan alternatif dalam pembelajaran, jika interaksi antara pendidik dan peserta didik terjalin dengan baik pada saat proses belajar mengajar maka peserta didik akan dengan mudah memahami materi yang disampaikan oleh si pendidik jika menggunakan model pembelajaran mind mapping dengan aplikasi canva.

Media Pembelajaran Audio Visual

Media audio visual merupakan media yang menampilkan gambar serta audio dalam waktu yang bersamaan. Pada media ini semua yang ditayangkan bisa didengar sekaligus dilihat oleh siswa dan guru. Konten yang terdapat dimedia audio visual merupakan bagian terpenting pada saat kegiatan belajar berlangsung, sehingga menciptakan suasana belajar yang menarik bagi siswa. Untuk itu, dibutuhkan keahlian khusus untuk menciptakan media audio visual dalam mendesain media yang menarik untuk siswa. Dari beberapa aplikasi yang menyediakan fitur-fitur yang menarik untuk mendesain media pembelajaran, canva merupakan salah satu aplikasi alternatif untuk membuat media pembelajaran yang unik serta dapat meningkatkan kreatif siswa dan guru. Canva adalah salah satu aplikasi atau platform yang digunakan untuk mendesain grafis secara online yang mudah dibuat bagi orang awam, dan juga tersedia desktop maupun mobile sehingga siswa dan guru dapat berkreasi untuk membuat media pembelajaran dimanapun berada dan kapanpun yang terpenting yaitu jaringan internet stabil.

Aplikasi canva merupakan salah satu aplikasi online yang menyediakan berbagai fitur yang menarik seperti presentasi, resume, poster, sertifikat, info grafis dan lain-lain. Pada penggunaan canva sebagai media pembelajaran yaitu untuk mempermudah serta mengefisienkan waktu guru pada saat mendesain media pembelajaran supaya bisa mempermudah guru dalam menerangkan materi. Aplikasi canva juga mampu membuat siswa paham mengenai materi pelajaran karena media yang digunakan ini bisa ditampilkan dalam bentuk teks, animasi, video, audio, grafik, gambar dan lain-lain yang dimana disesuaikan dengan tampilan yang diinginkan, sehingga peserta didik dapat fokus untuk memperhatikan pelajaran karena bentuk media yang ditampilkan menarik.

Model Pembelajaran Mind Mapping 

Menurut Widura (2008) mendefinisikan bahwa Mind Mapping adalah salah satu teknik grafis yang dapat meningkatkan siswa untuk mengeksplorasi secara keseluruhan pada kemampuan otak siswa pada proses belajar. Dalam bahasa Indonesia, Mind Mapping biasa diartikan sebagai peta pikiran yang berguna untuk mempermudah siswa dalam mengingat konsep pada saat pembelajaran. Dengan peta pikiran ini membuat siswa lebih mempermudah siswa dalam mengingat pengetahuan yang telah disampaikan oleh guru didalam kelas. Jadi, model pembelajaran Mind Mapping adalah suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan otak siswa untuk belajar. Pada Mind Mapping membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk dapat menciptakan suatu peta pemikiran atau peta konsep supaya siswa mampu untuk paham dengan materi yang disampaikan oleh guru.

Model pembelajaran Mind Mapping digunakan agar kemampuan berpikir kritis siswa dapat berkembang dengan baik, karena pada saat proses pembelajaran, siswa diminta untuk mencari informasi dari berbagai sumber selain dari guru, dan juga membantu siswa untuk melatif kreativitasnya pada saat membuat bagan dimana menggunakan paduan antara garis dan warna yang bertujuan agar siswa mampu menuangkan ide atau gagasan supaya hasil mind mapping yang telah dibuat berbeda dengan yang lain.

Menurut Asmani (2011) berpendapat bahwa terdapat 6 langkah yang digunakan dalam pembelajaran Mind Mapping, yaitu: 1) guru memberikan informasi tentang kompetensi yang ingin dicapai pada proses pembelajaran, 2) menentukan konsep ataupun permasalahan yang akan dicari, 3) membuat kelompok yang berisi dua sampai tiga orang disetiap kelompoknya, 4) setiap kelompok menginventarisasi atau mencatat alternatif dari setiap jawaban, 5) setiap kelompok membacakan hasil diskusi, 6) memberikan kesimpulan dari setiap pembelajaran dan mencari perbandingan serta penguatan konsep yang telah disiapkan oleh guru.

Dari pemaparan diatas maka hasil penelitian mengenai efetivitas media audio visual berbasis aplikasi canva menggunakan model pembelajaran mind mapping yaitu: 1) dapat membantu siswa agar cepat dalam memahami materi, dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat membantu siswa untuk memahami materi dengan lebih cepat karena siswa bisa melihat hubungan antara topik dan subtopik secara visual, 2) meningkatkan kemampuan berpikir, model pembelajaran mind mapping berbasis aplikasi canva merupakan bagian dari Active Learning (pembelajaran aktif) yang merupakan salah satu model pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara aktif dengan menggunakan kemampuan otaknya untuk berpikir, 3) menyimpan invormasi secara visual, model pembelajaran mind mapping berbasis canva merupakan konsep belajar yang revolusioner dalam dunia pendidikan. Karena model ini dilakukan untuk membantu siswa pada saat kegiatan belajar mengajar serta menyimpan informasi secara visual guna memudahkan untuk dipahami dan dimengerti, 4) peningkatan hasil belajar, ketika guru menggunakan model pembelajaran mind mapping berbasis canva maka hasil belajar siswa dikelas semakin meningkat, 5) menciptakan kreativitas siswa, dimana siswa dan guru dapat menumbuhkan kreativitas ketika membuat media pembelajaran di canva dengan model pembelajaran mind mapping.

Kesimpulan

Media pembelajaran audio visual berbasis canva menggunakan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan efektivitas dalam proses pembelajaran dengan mengkombinasikan elemen audio dan visual. Canva merupakan platform desain grafis yang memungkinkan siswa untuk membuat inforafis, presentasi, serta membuat materi dengan mudah. Ketika dikombinasikan dengan model pembelajaran mind mapping, di mana informasi yang didapat disajikan dalam bentuk peta konsep atau peta pikiran guna memvisualisasikan hubungan antar konsep yang telah dirancang, yang bertujuan untuk membantu siswa memahami serta mengingat informasi yang didapat dengan baik. Akan tetapi, efektivitas media ini tergantung bagaimana cara guru untuk mengintegrasikannya di dalam kegiatan belajar serta sejauh mana media tersebut bisa mendukung dari tujuan pembelajaran yang baik.

Sumber:

Aisyah A, 2023. "Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X dengan Inovasi Pembelajaran Pembuatan Mind Mapping Melalui Canva di SMPN 5 Enrekang". Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. 5 (2)

Alfian, Ari Nurul, Mardi Yudhi Putra, Rita Wahyuni Arifin, Agung Barokah, Ahmad Safei, and Novan Julian. 2022. "Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva." Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ 5(1):75--84.

Arsyad A, 2017. "Media Pembelajaran". Depok: PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Dadi, I. Ketut, I. Wayan Redhana, and Putu Prima Juniartina. 2019. "Analisis Kebutuhan Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Mind Mapping." Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 2(2):70.

Istiningsih, Anif, Mawardi Mawardi, and Herlina Kasih Intan Permata. 2019. "Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping." Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan

 Kahfi, muhammad ash habul. 2020. "Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII A Di SMP Plus Sabilurrosyad Sidoarjo." (Skripsi S1, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)

Kurniawan, Trubus, and Sriyanto Sriyanto. 2022. "Canva Mind Mapping: Alternative Pembelajaran Inovatif Abad 21." Proceedings Series on Social Sciences & Humanities 3:392--96.

Parinduri, S. 2023. "Manfaat Canva untuk Melatih Kreativitas Pembuatan Mind Mapp Mata Kuliah Alat-alat Ukur dan Instrumental." Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan 2(2)

Putri Uun Andhika, Sri Lestari, Moh. Kasir (2023). "Peningkatan Menulis Rangkuman Alur Cerita Fiksi menggunakan Mind Mapping Dengan media canva pada siswa kelas VII A SMP 1 Jatikalen." Jurnal Pendidikan, Sosial, dan keagamaan.

Rahmatullah, Rahmatullah, Inanna Inanna, and Andi Tenri Ampa. 2020. "Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva." Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12(2):317--27.

 Sumartiwi, Ni Made, and Putu Rahayu Ujianti. 2022. "Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Keliling Dan Luas Lingkaran." Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 5(2):220--30.

Triana, Resta, Asrin Asrin, and Itsna Oktaviyanti. 2021. "Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Di Sdn 2 Wakul Dan Sdn Gerintuk." Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal 2(1):11--18.

Tri Wulandari, and Adam Mudinillah. 2022. "Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA Sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD." Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) 2(1):102--18.

Parinduri, Sri Handayani  2023. "Manfaat Canva Untuk Melatih Kreativitas Pembuatan Mind Map Mata Kuliah Alat-Alat Ukur dan Instrumentasi." Jurnal Inovasi Pendidikan Sains dan Terapan 2:12--22.

Ulum, F. B. 2023. "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Ski." Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam 12(1).

 Yuliaramsyah, Millanie, Agus Budiman, and Agus Supriyatna. 2023. "Meningkatkan Kemampuan Mind Mapping Siswa Dalam Pembelajaran Tari Dengan Menggunakan Aplikasi Canva." Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 6(1):132--40.

Zulfiati, dkk. 2023. "Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar." Trihayu: Jurnal Pendidikan 9(3):251--63.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun