Mohon tunggu...
Kholilah AzkiyahAsyfiya
Kholilah AzkiyahAsyfiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Efektivitas Layanan Greeter di BSI KCP Cirebon Plered 1

6 April 2023   10:06 Diperbarui: 6 April 2023   10:17 398
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Efektifitas Layanan Greeter BSI KCP Plered 1 

Kata efektivitas mempunyai beberapa arti, dalam kamus besar Bahasa Indonesia menyebutkan tiga arti efektivitas. Arti pertama adalah adanya suatu efek, akibat pengaruh dan kesan. Arti kedua manjur atau mujarab dan arti yang ketiga dapat membawa hasil atau hasil guna. Kata efetif di ambil dari kata efek yang artinya akibat atau pengaruh dan kata  efektif yang berarti adanya pengaruh atau akibat dari suatu unsur. Jadi efektivitas ialah keberpengaruhan atau keberhasilan setelah melakukan sesuatu. 

1Menurut John. M. Echols dan Hasan Shadily dalam kamus bahasa Inggris-Indonesia secara etimologi efektivitas dari kata efek yang artinya berhasil guna. 2Dalam kamus umum bahasa Indonesia Efektifitas merupakan keterangan yang artinya ukuran hasil tugas atau keberhasilan dalam mencapai tujuan.3Dapat sedikit dipahami bahwa efektivitas bermaknakan juga menunjukkan taraf tercapainya tujuan, usaha dikatakan efektif kalaw usaha itu mencapai tujuan.

Definisi greeter adalah seorang yang menyambut tamu pada sebuah hotel, restorant atau bank. Posisi penyambut yang berada di pintu masuk sesperti bank menjadikan peran penyambut sangat penting karena penyambut merupakan kesan pertama nasabah, sehingga penyambut haruslah orang yang ahli dalam bidang keramahtamahan, berbahasa yang baik dan sopan agar mendapat kesan yang baik

Efektivitas Layanan Greeter ini sangat berpengaruh pada pelayanan karena Greeter adalah pelayanan garda terdepan. Pada sektor bank, Efektifitas Layanan Greeter ini berfungi sebagai penyambut nasabah dan membantu nasabah sebelum menyelesaikan segala problem sebelum ke CS, diantaranya seperti membantu nasabah mengisi formulir pembukaan rekening manual, mengisi slip bayar tagihan, mengisi web form bsi, dsb. Dari adanya Efektivitas Layanan Greeter tersebut sangat membantu nasabah dalam membantu keperluan yg dibutuhkannya.

Selama pelaksanaan magang, penulis mendapat banyak pengalaman. Penulis melakukan magang di bagian pelayanan nasabah atau disebut juga greeter service nasabah, dalam pelayanan nasabah penulis melayani nasabah diantaranya membantu nasabah membuka pembukaan rekening manual, membantu nasabah mengisi pelayanan pensiun, membantu nasabah mengisi slip bayar tagihan kuliah nasabah, aktivasi Mbanking, transfer SKN melalui web form BSI, Menyusun dokumen persyaratan pembukaan rekening manual, membantu nasabah membuka rekening easy wadiah, membantu nasabah mengisi dokumen layanan nasabah  mengenai atm ketelen, membantu penutupan tabungan haji nasabah,, administratif failing dokumen nasabah.

Berkomunikasi

Kemampuan komunikasi penulis yang terjadi ditempat magang antara lain saat penulis ditugaskan menjadi seorang greeter di bank. Penulis banyak belajar dalam menyambut dan melayani nasabah dengan baik, diantaranya dalam menyambut dan melayani  nasabah penulis harus ramah, sopan, dan berkomunikasi dengan baik. Sehingga kemampuan berkomunikasi penulis terasah dengan baik.

Kemampuan Kreatifitas

Dalam kemampuan kreatifitas penulis mempunyai kreatifitas dalam merubah penempatan peletakan aset bank yang kurang tertata rapih sehingga nasabah yg menunggu pelayanan tidak termuat banyak. Penulis mempunyai pemikiran untuk merubah dan menata peletakan aset bank sehingga lebih tertata rapih dan nasabah yang menunggu pelayanan lebih bisa muat banyak. Dengan adanya itu penulis lebih bisa mengembangkan kemampuan kreatifitasnya dengan ide penataan tersebut. 

Kemampuan Administrasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun