Mohon tunggu...
Moch Kharisson
Moch Kharisson Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Lepas | Fans King Emyu

Passion for knowledge

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Bikin Candu! 5 Alasan Kereta Api Jadi Moda Transportasi Publik Paling Nyaman di Era Didiek Hartantyo

30 Oktober 2024   17:52 Diperbarui: 30 Oktober 2024   18:18 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai seseorang yang kerap wira-wiri Banyuwangi---Jember, Jawa Timur via KA Pandanwangi, saya putuskan bahwa moda transportasi kereta api merupakan yang terbaik dan paling nyaman untuk menjadi teman perjalanan.

Apalagi di era Didiek Hartantyo yang serba digitalisasi, pesan tiket pun jadi sat set tanpa harus bolak-balik ke stasiun kereta api. Tinggal buka saja aplikasi KAI Access, pesan tiket, dan pilih kursinya sendiri.

Mumpung lagi ramai tagline Mendidiek Jadi Lebih Baik dari Didiek Hartantyo x Kompasiana, kali ini saya akan membeberkan 5 alasan kereta api menjadi moda transportasi paling nyaman di era ini. Ssst... Bikin candu!

1. Fasilitas Stasiun yang Ramah Pelanggan

(Facebook/Kereta Api Kita)
(Facebook/Kereta Api Kita)
Saat menunggu kereta di stasiun, teman-teman KAI tidak perlu bingung ga tau harus ngapain. Hal ini lantaran PT KAI telah menyediakan berbagai fasilitas yang bikin pelanggan betah.

Berbagai fasilitas tersebut di antaranya mulai dari ruang tunggu yang luas, berbagai macam gerai makanan minuman, toilet bersih, mushola, area parkir yang aman, hingga petugas yang siap memberi pelayanan terbaik jika pelanggan butuh bantuan.

Bahkan PT KAI telah menyediakan layanan Wi-Fi gratis yang bisa diakses di 600 titik stasiun untuk para pelanggan yang mau menghemat kuota internet.

Stasiun di era sekarang juga terbilang ramah anak dan disabilitas dengan disediakannya ruang bermain anak, ruang menyusui, dan kursi roda sebagai alat bantu jalan.

2. Teman Duduk yang Nyaman

(Facebook/Kereta Api Kita)
(Facebook/Kereta Api Kita)
Dengan menggunakan fasilitas kereta api, teman-teman ga perlu repot capek nyetir motor atau mobil dan terjebak kemacetan. Bahkan penumpang dapat merasakan pengalaman yang menyenangkan dan menenangkan dengan menjadikan kereta api sebagai teman perjalanan.

Tinggal duduk, baca buku, lihat pemandangan yang indah dari jendela kereta, ngobrol santai dengan sesama penumpang, eh tiba-tiba udah sampai saja. Nikmat gan!

3. Tarif Kompetitif, Bahkan Lebih Hemat!

(Facebook/Kereta Api Kita)
(Facebook/Kereta Api Kita)
Pengalaman saya saat menempuh perjalanan Banyuwangi---Jember dengan jarak tempuh 70 km lebih, bisa memakan biaya Rp12 ribu untuk satu liter pertalite, dan tentunya harus nyetir sendiri.

Opsi kedua jika menggunakan moda transportasi bus, tarifnya sekarang dibanderol dengan harga kisaran Rp50 ribu rupiah yang lumayan terasa menguras kantong.

Sementara KAI dengan harga tak masuk akalnya via KA Pandanwangi membanderol tarif cuma Rp8.000 dengan fasilitas yang terbilang sangat nyaman untuk kelas ekonomi. 

Hmm... Sebagai umat yang waras ya jelas saya pilih kereta api dong!

4. Serba Digital via KAI Access

(laman resmi kai.id)
(laman resmi kai.id)
Seperti saya bilang di awal, melalui aplikasi KAI Access, pelanggan dapat memesan tiket dengan cepat tanpa antrean panjang dan langsung bisa mendapat e-Boarding pass.

Tersedia juga fitur connecting train melalui KAI Access buat penumpang yang menggunakan dua kereta untuk mencapai lokasi tujuan. Fitur ini menyelasaikan masalah pelanggan yang tidak menemukan akses kereta api langsung untuk relasi perjalanan yang diinginkan.

Menariknya, user KAI Access akan mendapatkan railpoint sebagai bonus untuk setiap transaksi pembelian tiket. Jika poin tersebut telah terkumpul sesuai jumlah yang ditentukan, maka user dapat menukarkannya dengan tiket KAI.

5. Rajin Ngonten

(Instagram/KAI121_)
(Instagram/KAI121_)
Melalui akun media sosialnya, PT KAI terbilang sangat rajin membagikan konten yang menghibur dan informatif.

Jika ada layanan baru, tim media sosial PT KAI pasti dengan gercep membagikan konten agar para pelanggan terinformasi dan bisa memanfaatkan layanan tersebut.

Seperti pada unggahan Instagram @kai121_beberapa waktu lalu saat mempromosikan layanan Shower and Locker buat wisatawan yang berlibur ke Jogja.

Shower and Locker merupakan sebuah fasilitas yang dikelola oleh KAI Wisata buat para traveler yang ingin bersih-bersih dengan nyaman dan bisa menitipkan barang bawaannya dengan aman.

Wah, banyak sekali ya gebrakan PT KAI di era Didiek Hartantyo. Ayo sama-sama jadikan KAI sebagai teman perjalanan terbaikmu!***

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun