Sebagai seseorang yang kerap wira-wiri Banyuwangi---Jember, Jawa Timur via KA Pandanwangi, saya putuskan bahwa moda transportasi kereta api merupakan yang terbaik dan paling nyaman untuk menjadi teman perjalanan.
Apalagi di era Didiek Hartantyo yang serba digitalisasi, pesan tiket pun jadi sat set tanpa harus bolak-balik ke stasiun kereta api. Tinggal buka saja aplikasi KAI Access, pesan tiket, dan pilih kursinya sendiri.
Mumpung lagi ramai tagline Mendidiek Jadi Lebih Baik dari Didiek Hartantyo x Kompasiana, kali ini saya akan membeberkan 5 alasan kereta api menjadi moda transportasi paling nyaman di era ini. Ssst... Bikin candu!
1. Fasilitas Stasiun yang Ramah Pelanggan
Berbagai fasilitas tersebut di antaranya mulai dari ruang tunggu yang luas, berbagai macam gerai makanan minuman, toilet bersih, mushola, area parkir yang aman, hingga petugas yang siap memberi pelayanan terbaik jika pelanggan butuh bantuan.
Bahkan PT KAI telah menyediakan layanan Wi-Fi gratis yang bisa diakses di 600 titik stasiun untuk para pelanggan yang mau menghemat kuota internet.
Stasiun di era sekarang juga terbilang ramah anak dan disabilitas dengan disediakannya ruang bermain anak, ruang menyusui, dan kursi roda sebagai alat bantu jalan.
2. Teman Duduk yang Nyaman
Tinggal duduk, baca buku, lihat pemandangan yang indah dari jendela kereta, ngobrol santai dengan sesama penumpang, eh tiba-tiba udah sampai saja. Nikmat gan!
3. Tarif Kompetitif, Bahkan Lebih Hemat!
Opsi kedua jika menggunakan moda transportasi bus, tarifnya sekarang dibanderol dengan harga kisaran Rp50 ribu rupiah yang lumayan terasa menguras kantong.
Sementara KAI dengan harga tak masuk akalnya via KA Pandanwangi membanderol tarif cuma Rp8.000 dengan fasilitas yang terbilang sangat nyaman untuk kelas ekonomi.Â
Hmm... Sebagai umat yang waras ya jelas saya pilih kereta api dong!
4. Serba Digital via KAI Access
Tersedia juga fitur connecting train melalui KAI Access buat penumpang yang menggunakan dua kereta untuk mencapai lokasi tujuan. Fitur ini menyelasaikan masalah pelanggan yang tidak menemukan akses kereta api langsung untuk relasi perjalanan yang diinginkan.
Menariknya, user KAI Access akan mendapatkan railpoint sebagai bonus untuk setiap transaksi pembelian tiket. Jika poin tersebut telah terkumpul sesuai jumlah yang ditentukan, maka user dapat menukarkannya dengan tiket KAI.
5. Rajin Ngonten
Jika ada layanan baru, tim media sosial PT KAI pasti dengan gercep membagikan konten agar para pelanggan terinformasi dan bisa memanfaatkan layanan tersebut.
Seperti pada unggahan Instagram @kai121_beberapa waktu lalu saat mempromosikan layanan Shower and Locker buat wisatawan yang berlibur ke Jogja.
Shower and Locker merupakan sebuah fasilitas yang dikelola oleh KAI Wisata buat para traveler yang ingin bersih-bersih dengan nyaman dan bisa menitipkan barang bawaannya dengan aman.
Wah, banyak sekali ya gebrakan PT KAI di era Didiek Hartantyo. Ayo sama-sama jadikan KAI sebagai teman perjalanan terbaikmu!***
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI