Mohon tunggu...
Kevin Bastian
Kevin Bastian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Strategi Customer Co-Creation dalam Menciptakan Produk Baru yang Lebih Inovatif

29 Mei 2022   21:30 Diperbarui: 29 Mei 2022   21:38 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama               : Kevin Bastian

NIM                : 115190140

Kelas               :EX

Mata Kuliah    : Manajemen Pengembangan Produk dan Inovasi

Costumer memiliki peran sangat penting dalam dunia bisnis. Jika disuatu bisnis tersebut memiliki banyak costumer maka bisnis tersebut dapat berjalan baik dan benar. 

Costumer co-creation salah satu strategi yang tepat dalam menciptakan suatu inovasi yang baru, dimana pelanggan dilibatkan dalam satu maupun lebih ditiap tahap dalam inovasi. 

Co-creation dalam konteks ini didefinisikan sebagai ''aktivitas pengembangan produk baru (NPD) kolaboratif di mana konsumen secara aktif berkontribusi dan memilih berbagai elemen dari penawaran produk baru '' (O'Hern and Rindfleisch 2009)

Costumer co-creation merupakan suatu tindakan kerjasama antara pelanggan dan penjual, yang saling bertukar pendapat untuk menciptakan suatu produk atau jasa yang baru dan terbaik. Kerjasama dengan pelanggan ini, bisa dilakukan pada berbagai tahap, misalnya dalam tahap pembuatan ide awal, strategi bisnis, hingga ketika merancang konsep lanjutan. 

Co-creation dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, loyalitas pelanggan dan interaksi pelanggan dengan perusahaan yang memberikan konsekuensi positif jangka panjang di luar hasil co-creation yang diciptakan dalam waktu dekat. Co-creation menempatkan pelanggan sebagai pihak yang aktif berbagi untuk menciptakan nilai atau  produk.

teachertoolkit.co.uk
teachertoolkit.co.uk
Strategi tersebut merupakan dampak positif bagi penjual, karna dengan menggunakan strategi ini penjual mendapatkan suatu pengalaman yang baru dari pelanggan maupun saran dari pelanggan dan dampak positif yang didapatkan pelanggan adalah pelanggan pastinya mendapatkan produk dan jasa yang pelanggan ingin kan (setidaknya, mendekati). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun