Mohon tunggu...
Alfin Sopian
Alfin Sopian Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Berjalan lebih jauh, bertemu lebih banyak orang, dan mendengar lebih banyak cerita.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Komunitas Clothing Lombok Rayakan 1 Decade Lombok Clothing Festival

9 Oktober 2023   21:09 Diperbarui: 9 Oktober 2023   21:14 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mengusung tema "The Spirit of a Decade", Lombok Clothing Comunity kembali menggelar kegiatan Lombok Clothing Festival (Locofest) 2023, sekaligus merayakan 10 tahun event clothing terbesar se-Nusa Tenggara Barat (NTB)."Karena ini merupakan pagelaran Locofest ke 10 sejak tahun 2012, setelah sebelumnya pada 2020 dan 2021 kita vakum karena corona," kata Dori, salah satu panitia saat ditemui di Mataram, Jumat (6/10).

Dori mengatakan Locofest yang sebelumnya biasa diselenggarakan oleh event organizer (EO), justru dalam dua tahun terakhir dipegang langsung oleh komunitas clothing Lombok.

Kata dia, meskipun namanya Lombok Clothing Comunity, tapi mereka tidak hanya menaungi clothing di Pulau Lombok saja, tapi juga yang ada di seluruh NTB, Sehingga cakupannya menjadi lebih besar lagi.

Tahun ini sendiri, Locofest diikuti oleh 12 brand lokal yang ikut berpartisipasi.

"Ada Lombok Hardcore,  Anything Apparel, Lovlar, Brigt Heart, Schoneht, Electra Diamond, Muma, Pilpup, Lucky Light Candy, TRINSK, Southern Pleaseure, dan Vasted," tambahnya.

Dori menegaskan kehadiran Locofest ada sebagai wadah tidak hanya bagi brand lokal, tapi juga bagi band lokal maupun komunitas lain yang saling berkaitan.

"Banyak orang yang mencari nafkah dari industri ini. Ada sablon baju, sablon plastik, penjual kain, hingga penjaga toko, Itu yang kita jaga,"

"Dengan adanya Locofest maka ada wadah bagi brand maupun band lokal ini untuk berkembang, makanya kami dari komunitas menjaga agar Locofest ini selalu ada," katanya.

Adapun Locofest tahun ini turut dimeriahkan oleh band punk kenamaan Indonesia yakni Rocket Rockers yang akan tampil pada hari pertama, sedangkan dua hari terakhir akan diisi oleh beberapa penampilan hiburan lain dari band lokal.

Saat ditanya terkait persaingan pangsa pasar modern saat ini, Dori meyakini dan menegaskan bahwa brand lokal percaya akan kualitas dan identitas dari brand mereka, terlebih dengan sudah adanya pasar tersendiri dari setiap brand

"Mereka percaya, orang yang tahu akan kualitas suatu brand itu pada akhirnya akan kembali  ke brand itu sendiri. Intinya ada harga, ada kualitas,"

"Komunitas clothing lokal disini menjunjung tinggi kualitas, baru harganya, kalau kualitasnya sudah baik maka orang akan datang sendiri," tutupnya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun