Mohon tunggu...
keke wulandari
keke wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - مَنْ جَدَّ وَجَدَ

never give up

Selanjutnya

Tutup

Politik

Kampanye Politik dalam Perspektif Islam di Era Digitalisasi

14 Juli 2022   22:57 Diperbarui: 14 Juli 2022   23:09 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kampanye politik dalam prespektif Islam di era digitalisasi.

Di era sekarang perubahan gaya hidup menjadi serba digital, sehingga politik dalam mencapai suatu kepentingan dapat melalui teknologi dan kecanggihan alat. Penggunaan media sosial untuk saat ini menjadi lahan politik sangat mudah untuk diakses oleh semua kalangan. 

hingga Sebuah kampanye yang turun ke lapangan sudah biasa dilakukan padan zaman dahulu sebelum teknologi berkembang, seiring dengan perkembangan Industri yang merambah terhadap perkembangan dunia pendidikam, bisnis, dan politik membuat media sosial seperti Internet memliki peran penting. 

Sebuah partai politk juga memerlukan media dalam upaya mencapai tujuan politiknya, maka politik harus merebut pengaruh dalam masyarakat melalui pencitraan dan pembentukan opini publik, melakukan komunikasi politik lobi, sosialisasi, retorika, kampanye dan kegiatan lainnya. Namun yang akan kita bahas adalah kampanye politik dalam prespektif islam di era digitalisasi.

Kampanye sendiri merupakan sebuah tindakan doktrin bertujuan mendapatkan pencapaian dukungan. Usaha kampanye bisa dilakukan peroragan atau sekelompok orang yang terorganisir untuk melakukan pencapaian dalam kampanye politik, menurut changara (2011) kampanye politik adalah aktivitas komunikasi yang dipergunakan untuk memengaruhi masyarakat agar menguasai dan memiliki wawasan terhadap perilaku yang menjadi keinginan pemberi Informasi.

 Menurut Drs. Antar Venus kampanye adalah upaya yang ditujukan untuk menciptakan perubahan dan dampak tertentu  dalam kehidupan bermasyarakat. kampanye politik masuk ke dalam komunkasi politik para ilmuwan memandang bahwa sesungguhnya "politik meliputi komunikasi" komunikasi juga pada umumnya bertujuan mempengaruhi.

Dalam buku anwar arifin judul Komunikasi politik tahun 2011 menunjukan bahwa komunikasi dan politik saling mencakupi. Komunikasi politik merupakan roses komunikasi yang melibatkan politik, kekuasaan, dan pemerintahan, bertujuan memengaruhi publik (masyarakat). da

Partai politik juga dirumuskan dalam undang-undang No.31 tahun 2002, tentang partai politik dalam undang-undang itu diformulasikan bahwa partai politik adlah organisasi politik yang dibentuk oleh sekelompok Warga Republik Indonesia secara sukarela atas dasar persamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan kepentingan anggota, masyarakat, bangsa dan negara melalui pemilihan umum..

Kampanye memiliki strategi komunikasi, yang tindak komunikasi dapat efekti banyak sekali yang ditentukan oleh penentuan strategi komunikasi. 

Jika tidak ada strategi Komunikasi yang baik maka efek dari proses komunikasinya bahkan komunikasi media massa kemungkinan akan menimbulkan pengaruh negtif. Kampanye dalam Hal ini bisa masuk ke sebuah Teori di Komunikasi massa yaitu Teori jarum Suntik, dalam teori ini berasumsi bahwa media massa secara luas, cepat, dan mempunyai pengaruh yang kuat untuk khalayak. 

Teori ini memiliki beberapa asumsi yaitu -media massa mampu meempengaruhi khalayak dengan pesan yang disampaikan, ini  berarti dalam kampanye melalalui media massa sebuah partai dapat menarik simpati kepada masyarakat untuk memilih partai, agar bisa memenuhi tujuan yang ingin dicapai oleh partai..

Dalam prespektif Islam kampanye politik disebut dengan Istilah Siyasah. Yang dimaksud siyasah adalah mengatur segenap urusan umat maka islam sangat menekankan pentingnya siyasah. siyasah diartikan sebagai orientasi kekuasaan,sesungguhnya Islam memandang kekuasaan hanya sebagai sarana menyempurnakan pengabdian kepada Allah. Politik membutuhkan agama sebagai alat legitimasi untuk mencapai, kekuasaan dan menjaring masa. 

Spiritualitas dan simbol keagamaan menjadi produk politik dan domain khas atau khusus yang menjadi identitas politisi dan partai politik. komunikasi Islam   merupakan   proses   penyampaian   nilai-nilai   Islam   dari komunikator  kepada  komunikan  dengan  menggunakan  prinsip-prinsip komunikasi yang sesuai dengan Alquran dan hadis, yang menyuruh sesama manusia untuk menjalankan amar ma'ruf nahi munkar.

Sebagai umat muslim harus menerapkan komunikasi yang baik seperti dalam Prinsip Komunikasi dalam Al-quran memerlukan sikap teliti dan hati-hati jika manusia tidak menggunakan prinsip teliti dan hati - hati dalam menyebarkan sebuah Informasi , kemungkinan besar penerima pesan akan merasakan kekeliruan dan berpotensi memberikan bahaya pada khalayak,

selain itu dalam menyebarkan isu harus layak dan pantes, tidak memberikan isu yang membahayakan dan tidak mengacau. Hal ini bahwa dalam berkampanye perlu memberikan hal baik pada khalayak, bahwa visi misi yang di jelaskan pada partai politik benar-benar akan dijalankan dengan baik. Prinsip komunikasi Islam dapat diterapkan dalam berkampanye  yaitu

 Qaulan sadida, yang merupakan penyampaian perkataan atau pembicaraan yang benar, jujur, lurus, tidak berbohong dan tidak berbelit-belit. Artinya pada saat berkampanye Komunikasi dalam penyampaian suatu informasi, tidak berbohong, dan tidak berbelit.

Dalam berkampanye harus meberikan informasi Visi/ Misi yang jujur, lurus dan benar, hindari penyampaian yang dilebih -kebihkan hanya untuk menarik simpati masyarakat.

Qaulan Baligha, suatu penyampaian dengan menggunakan kata-kata yang efektif, lugas tidak berbelit dan tepat sasaran. Ini berarti dalam kampanye politik harus memberikan informasi yang tepat, perkatan yang disampaikan harus tepat dan mudah dimengerti yang mana ssebuah partai politik harus dapat menyesuaikan pesan yang disampaikan, dengan penerima pesan.

Qaulanm ma'rufa, suatu penyampaian yang menggunakan perkataan yang baik, ungkapan yang pantas, santun dan tidak menyakitkan atau menyinggung perasaan, ini berarti pesan yang disampaikan kepada penerima pesan tidak boleh mengeluarkan kata yang menyinggung perasaan kepada penerima pesan, dalam kampanye politik dalam menyalurkan tujuan yang dicapai harus disampaikan dengan baik dan sopan sesuai etika yang baik.

Qaulan karima, suatu perkataan yang menjadikan orang lain tetap dalam kemuliaan atau perkataan yang mampu membawa manfaat bagi orang tertentu, dalam menyampaikan pesan kepada penerima pesan harus memberikan suatu manfaat dan mulia bagi khalayak, sebagaimana dalam firman allah Al-isra :23 yaitu :

Terjemahan

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. 

Qaulan karima bermakna menggunakan kata-kata santun, tidak kasar, tidak vulgar. Apalagi dalam berkampanye dalam menyampaikan sebuah tujuan partai politiknya harus sesuai dengan pesan-pesan yang ada.

Qaulan masyura 

Perkataan yang lemah lembut, dengan suara yang enak didengar dan penuh keramahan sehingga dapat menyentuh hati seseorang. Dalam berkampanye politik penyampaian sebuah informasi harus menggunakan Intonasi sesuai dengan apa yang disanpaikan, tidak melebih-lebihkan suara.

Qaulan layyina

Perkataan atau ucapan yang menyenangkan yang mudah dicerna dimengerti dan dipahami seseorang, dalam penyampaian sebuah pesan harus jelas tidak ada kata-kata yang sulit untuk dimengerti.  

Kampanye politik di era digital ini perlu namanya etika komunikasi islam dan etika dalam berpolitik.etika merupakan tata cara yang biasa digunakan sebagai pedoman atau asas suatu Individu dalam melakukan suatu perbuatan. Media sangat mempengaruhi kehidupan seseorang etika dalam penggunaan media sosial juga harus dijaga, agar mendapatkan hal baik dan positif. 

Etika komunikasi memperhatikan kejujuran dan terus terang, keharmonisan hubungan, pesan yang tepat, menghindari kecurangan . etika komunikasi tidak hanya berkaitan dengan tutur kata yang baik tetapi juga berangkat dari niat yang tulus yang diekspresikan dari ketenangan kesabaran empati kita dalam berkomunikasi (Corry, 2009) etika mendukung keberadaan agama, di mana etika sanggup membantu manusia dalam menggunakan akal pikiran untuk memecahkan.

Etika politik islam, menurut John L. Esposito sebagaimana yang dikutip In,'amuzzahidin menyatakan tentang fokus etika yang mengabstrasikan dan mengevaluasi alasan individu atau golongan tertentu yang menghakimi kepada mereka tentang benar salah.

Dapat dipahami bahwa Etika politik islam merupakan Nilai-Nilai akhlak politik yang bersumber dari wahyu kitab suci Al-quran dan sunnah Nabi.

Di indonesia sendiri sudah terlihat partai politik menggunakan media untuk berkampanye dengan tujuan meemberi suatu efek kepada khalayak, terutama untuk mendapat simpati masyarakat dan masyarakat dapat memberi suatu tindakan untuk memilih sebuah partai politik yang sudah berkampanye melalui chanel televisi atau media sosial lainnya.

Berdasarkan pembahasan yang telah dibahas bahwa dalam kampanye di era digitalisasi ini, semua aktivitas politik dalam partai menyampaikan sebuah pesan perlu menggunakan etik komunikasi Islam selain itu tidak lupa dengn Prinsip Komunikasi dalam al-Quran, 

dan meneraapkan prinsip Komunikasi Islam khalayak, terutama untuk mendapat simpati masyarakat dan masyarakat dapat memberi suatu tindakan untuk memilih sebuah partai politik yang sudah berkampanye melalui chanel televisi atau media sosial lainnya.

Sumber Refrensi :

Hidayat , R., Suwantos. (2020) memberikan etika Politik Islam Nabi Muhammad SAW periode madinah dalam koteks perpolitikan Indonesia jurnal sejarah peradaban Islam, (123) 

Arrifin, A, (2011) Komunikasi politik, Buku Komunikasi Poltik

Nur, E strategi komunikasi Tim sukses pada ksmpsnye politik untuk memenangkan calon Legislatif jurnal diakom.

Dewi, Rosita, S, M (2019)  Islam dan etika bermedia jurnal Ilmu komunikasi Vol 3,

Meifilina A, (2021) Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi PolitikPartai Golkar dalam Melakukan Pendidikan Politik jurnal komunikasi Nusantara

nama : keke wulandari

nim : 2006015157

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun