Mohon tunggu...
SURYO BUDI TRIAWAN
SURYO BUDI TRIAWAN Mohon Tunggu... Guru - mengalirlah seperti air tapi tetap kuat seperti karang yang menjulang di tengah laut

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. , Learning, dan PTK. Suryo adalah Guru otomotif tkr Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 0877 8968 6800 email : kebonjeruksmk3@gmail.com Kreator: SURYO_EDUCATION Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas. Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

SOP Service Berkala pada Kendaraan

18 April 2023   12:29 Diperbarui: 19 April 2023   06:22 1884
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bulan yang suci tidak terasa akan segera meninggalkan kita sanak keluarga sedang mempersiapkan untuk menghadapi hari kemenangan semoga sampai di tujuan dan dapat berkumpul dengan keluarga

untuk menjaga performa kendaraan anda yuk lakukan service berkala kendraan lalu apa saja SOP service berkala itu mungkin bisa kita lihat pada tabel di atas 

PERIKSA INDIKATOR WARNING LIGHT

pastinya hal yang harus di lakukan oleh mekanaik adalah memeriksa indikator pada kendaraan apakah ada tanda atau kode yang tidak wajar apa wajar wajar saja 

di lengkapi dengn lampu mil malfunction adalah lampu berkedip warna kuning bergambarkan mesin pada saat kita konci kontak ON maka dia juga akan berkedip dan mati kembali itu adalah indikator bahwa motor tidak mengalami kendala artinya normal dan tinggal dilakukan 

service berkala seperti melakukan pengecekan oli bahkan mengganti oli mesin oli gardan juga di cek seperti kaki kaki suspensi tekanan angin ban jika kurang di tambah pengecekan rem secara berkala untuk keamanan biasanya hanya di ganti pada part kampas itu adalah servis umum 

tapi jika kunci kontak kita putar tapi lampu mil berkedip dan di tandai juga dengan motor tidak jalan atau di sela tapi hidup tidak normal maka ada kemungkinan kerusakan pada kendaraan tersebut

banyak sekali kode atau kedipan yang bisa kita ketahui sudah pernah kita sma pernah bahas di artikel saya yang lalu bahwa kedipan berpa x atau kode pada dasbord adlah sebagai kode kerusakan pada kendaraan 

lalu setelah kita melihat kode kerusakan pada dasbord spidometer prosess sop yang selanjutnya ketika service adalah periksa suspensi depan dan belakang 

PERIKSA SUSPENSI DEPAN BELAKANG

bukan cuma mesin sekarang akan kita bahas pada area suspensi atau kaki kaki pada motor mesin sudah ok tapi kalau shock depan kaku juga tidak enak di pakai apalagi shock belakang rusak itu seperti kita naik kuda jadi lompat lompat akhirnya 

pemeriksaan shock depan meliputi pemeriksaan seara visual dan pemeriksaan secara test drive pemeriksaan secara visual bisa di lakukan deng melihat apakah ada seal yang bocor seperti ada bekas oli di area garpu jika tidak ada oli di sekitar maka otomatis aman bisa dilakukan test berikutnya 

seperti test drive kendaraan akan di bawa muter oleh mekanik untuk melihat ketika kendaraan berbelok dan lurus ada bedanya atau tidak jika ada bedanya seperti menggluyur atau membanting hal ini bisa di sebabkan oleh salah satu shock rusak atau bocor jadi kerja pada shock tidak maksimal 

bisanya di lakukan penggantian seal di tambahkan oli shock karena biasanya umur kendaraan sudah di atas 5 tahun pasti sudah cukup rawan perawaatan yang banyak terjadi so harus segera dilakukan segera penggantian 

sama halnya dengan shok belakang juga akan di test di genjot apakah shock terasa keras atau masih lembut jika di rasa sudah mati biasanya akan di ganti baik mono shock atau dobel shock untuk bagian belakang biasanya di ganti baru karena beban yang besar memang bisa di service tapi tidak akan lama 

kerusakan akan terus terjadi makanya bisanya di ganti langsung untuk harga berfariasi tergantung jenis shock nah mungkin hanya itu yang bisa saya bagi sher informasi mengenai pemeriksaan sop kendaran jangan lupa servise berkala yah 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun