Bulan yang suci tidak terasa akan segera meninggalkan kita sanak keluarga sedang mempersiapkan untuk menghadapi hari kemenangan semoga sampai di tujuan dan dapat berkumpul dengan keluarga
untuk menjaga performa kendaraan anda yuk lakukan service berkala kendraan lalu apa saja SOP service berkala itu mungkin bisa kita lihat pada tabel di atasÂ
PERIKSA INDIKATOR WARNING LIGHT
pastinya hal yang harus di lakukan oleh mekanaik adalah memeriksa indikator pada kendaraan apakah ada tanda atau kode yang tidak wajar apa wajar wajar sajaÂ
di lengkapi dengn lampu mil malfunction adalah lampu berkedip warna kuning bergambarkan mesin pada saat kita konci kontak ON maka dia juga akan berkedip dan mati kembali itu adalah indikator bahwa motor tidak mengalami kendala artinya normal dan tinggal dilakukanÂ
service berkala seperti melakukan pengecekan oli bahkan mengganti oli mesin oli gardan juga di cek seperti kaki kaki suspensi tekanan angin ban jika kurang di tambah pengecekan rem secara berkala untuk keamanan biasanya hanya di ganti pada part kampas itu adalah servis umumÂ
tapi jika kunci kontak kita putar tapi lampu mil berkedip dan di tandai juga dengan motor tidak jalan atau di sela tapi hidup tidak normal maka ada kemungkinan kerusakan pada kendaraan tersebut
banyak sekali kode atau kedipan yang bisa kita ketahui sudah pernah kita sma pernah bahas di artikel saya yang lalu bahwa kedipan berpa x atau kode pada dasbord adlah sebagai kode kerusakan pada kendaraanÂ
lalu setelah kita melihat kode kerusakan pada dasbord spidometer prosess sop yang selanjutnya ketika service adalah periksa suspensi depan dan belakangÂ
PERIKSA SUSPENSI DEPAN BELAKANG
bukan cuma mesin sekarang akan kita bahas pada area suspensi atau kaki kaki pada motor mesin sudah ok tapi kalau shock depan kaku juga tidak enak di pakai apalagi shock belakang rusak itu seperti kita naik kuda jadi lompat lompat akhirnyaÂ
pemeriksaan shock depan meliputi pemeriksaan seara visual dan pemeriksaan secara test drive pemeriksaan secara visual bisa di lakukan deng melihat apakah ada seal yang bocor seperti ada bekas oli di area garpu jika tidak ada oli di sekitar maka otomatis aman bisa dilakukan test berikutnyaÂ
seperti test drive kendaraan akan di bawa muter oleh mekanik untuk melihat ketika kendaraan berbelok dan lurus ada bedanya atau tidak jika ada bedanya seperti menggluyur atau membanting hal ini bisa di sebabkan oleh salah satu shock rusak atau bocor jadi kerja pada shock tidak maksimalÂ
bisanya di lakukan penggantian seal di tambahkan oli shock karena biasanya umur kendaraan sudah di atas 5 tahun pasti sudah cukup rawan perawaatan yang banyak terjadi so harus segera dilakukan segera penggantianÂ
sama halnya dengan shok belakang juga akan di test di genjot apakah shock terasa keras atau masih lembut jika di rasa sudah mati biasanya akan di ganti baik mono shock atau dobel shock untuk bagian belakang biasanya di ganti baru karena beban yang besar memang bisa di service tapi tidak akan lamaÂ
kerusakan akan terus terjadi makanya bisanya di ganti langsung untuk harga berfariasi tergantung jenis shock nah mungkin hanya itu yang bisa saya bagi sher informasi mengenai pemeriksaan sop kendaran jangan lupa servise berkala yahÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H