Mohon tunggu...
SURYO BUDI TRIAWAN
SURYO BUDI TRIAWAN Mohon Tunggu... Guru - mengalirlah seperti air tapi tetap kuat seperti karang yang menjulang di tengah laut

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. , Learning, dan PTK. Suryo adalah Guru otomotif tkr Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 0877 8968 6800 email : kebonjeruksmk3@gmail.com Kreator: SURYO_EDUCATION Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas. Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Apa Perbedaannya Rem Depan dan Rem Belakang pada Kendaraan

14 April 2023   08:28 Diperbarui: 14 April 2023   08:27 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah kemarin kita bahas mengenai 3 komponen terpenting pada rem depan kendaraan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi yang tidak kalah pentingnya yaitu komponen dan fungsinya rem belakang kendaraan untuk apa sih rem itu dan apakah berbeda fungsinya , bukanya sama saja..?

nah memang sekilas kalau kita lihat secara visual dengan mata memang tidak ada perbedaanya tapi jika kita intip lebih dalam lagi ternyata ada bedanya loh secara komponen dan fungsinya juga berbeda yang kawan mari kita bahas satu demi satu apa saja perbedaanya 

1. fungsinya berbeda 

nah loh apa tuh maksudnya rem depan secara prosess pembuatanya di desain untuk menghentikan kendaraan dengan seketika ketika darurat bisa di andalkan tetapi resiko tergelincir juga tinggi oleh karena itu di butuhkanlah yang namanya rem belakang untuk dapat mengimbangi 

sebagaimana manusia dia membutuhkan pasangan yang tepat untuk saling melengkapi supaya stabil dan tidak selip bisa kita bayangkan kalau hanya ban depan yang bekerja saja maka akan langsung terbail kendaraan oleh karena itu pada sistim rem harus di imbangi dengan rem belakang 

2. komponennya berbeda 

sudah pasti yah sudah kita bahas untuk komponen terpenting pada rem depan yuk mari kita bicara mengenai rem belakang apa saja komponennya seperti drumbrake , sepatu rem ,whelcilinder , back plate , parking lever , anchor ,shoeleading spring next akan kita bahas satu per satu komponen tersebut dan fungsinya 

dari namanya pasti asing yah karena memang bahasanya asing ok secara umum bisa kita simpulkan ketika rem depan dan belakang berbeda yah yang paling mencolik di area rem belakang atau rem tromol adalah komponen brake parking kalau dari kata parking masih bingung tidak

kalau masih bingung mari kita bahas nah break parking artinya rem yang di gunakan pada saat kendaraan terparkir di area umum seperti di mall pasar dan dimana mana loh kenapa di rem .? ya harus lah kendaraan kalau tidak di rem ya nylonong g jelas kedepan yakan 

supaya aman pada saat parking sangat penting untuk di lakukan pengereman nah fungsi rem belakang satu ini yang mengikat kendaraan supaya tidak jalan jalan karena namanya mekanik artinya rem ini bisa berfungsi tanpa adanya tenaga dari boster seperti pada rem depan sangat tergantung pada 

tenaga yang di hasilkan oleh putaran mesin yang mendorong piston supaya bisa berjalan dengan efektif bedahalnya dengan rem belakang yang bisa di gunakan dengan menarik tuas rem secara manual untuk mengikat kendaraanya 

3.secara prinsip kerjanya beda 

prinsipnya ketika rem depan adalah menjepit apanya hayo yang di jepit , yang di jepit adalah area dispad pada rem cakram hal ini sangat baik ketika di area kecepatan tinggi tapi dengan dispad yang cukup tipis maka resiko menempel sangat tinggi karena daya cengkram 

akan berkurang dengan adanya panas dan akan bisa selip pada ban depan sedangkan pada rem tromol atau belakang menggunakan sistim gesek antara sepatu rem dan brake drum jadi kendaraan akan berhenti ketika terdapat gesekan paling mudah mungkin dulu kita sering naik sepeda 

tapi sepeda blong atau tidak ada rem lalu bagaimana melakukan pengereman yah satu satunya pake rem sendal nah prinsip sederhananya seperti itu pada rem belakang singgungan langsung dengan tromol dan rumah tromol sehingga kendaraan akan sangat halus 

dengan komponen yang cukup imbang besarnya sehingga rem tromol akan lebih awet pada saat prosess pengereman jadi beban kendaraan ketika berhenti akan terdistribusikan secara smut atau halus tidak seperti sodarnya di depan sangat jedag jedug  saling melengkapi sih 

sudah di desain dengan sedemikian mungkin oleh para profesional yang telah menciptakan sistim rem dan masih banyak sekali jenis dan type next akan kita bahas yah 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun