Mohon tunggu...
Orang Bijak Palsu
Orang Bijak Palsu Mohon Tunggu... -

Pemerhati Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Tips Sukses Berbisnis Warung Kopi–Teori

24 November 2015   01:11 Diperbarui: 24 November 2015   23:22 1539
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption caption="Sumber Gbr: daw-xp.blogspot.com_Tips Sukses Berbisnis Warung Kopi"][/caption]

Ngopi dan duduk-duduk sambil bercengkrama atau istilah orang Surabaya Cangkruk’an dan kalau kata Kho Buntek kongkow-kongkow adalah salah satu hobi orang Indonesia. Dan kopi adalah salah satu minuman yang mendunia, minuman ini digemari banyak orang, baik remaja maupun dewasa. Sudah banyak yang mencoba peruntungannya dengan berbisnis warung kopi, tulisan ini mencoba merangkum dari berbagai sumber tentang tips sukses berbisnis warung kopi.

Belajar terbaik adalah belajar dari yang sudah pernah mengalami namun jika kehidupan belum mempertemukan anda dengan orang yang berhasil dalam berbisnis warung kopi maka tulisan ini bisa jadi pertimbangan bagi anda yang ingin mencoba peruntungan dengan berbisnis warung kopi.

Berbicara soal kopi Indonesia, mau tak mau kita harus berbicara tentang sebuah Ironi. Sebuah ironi yang mengurai fakta bahwa… Salah satu kopi terbaik di dunia adalah kopi Indonesia 6 dari 7 kopi specialty dunia ada di Indonesia.

Pemasok kopi nomor 3 terbesar dunia adalah Indonesia. Dan, biji-biji kopi terbaik Indonesia tumbuh terbentang sepanjang Sumatra hingga Papua. Sayangnya, tak banyak orang Indonesia yang paham dan menyadari betapa besar potensi kopi yang tumbuh di negeri ini.

Pada bagian akhir tulisan “tips sukses berbisnis warung kopi” ini juga akan menyajikan contoh orang-orang yang sudah sukses dengan bisnis warung kopinya.

[caption caption="Tips Sukses Berbisnis Warung Kopi_Sumber Gambar: seputaraceh.com"]

[/caption]

Tips Sukses Berbisnis Warung Kopi

Membuka kedai kopi bisa dikatakan sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan, tentunya jika dibarengi atau diawali dengan niat dan keyakinan yang kuat selain produk atau dagangan yang ditawarkan sesuai dengan selera dan keinginan konsumen. Berikut beberapa tips sukses berbisnis warung kopi – teori, tips ini saya bagi menjadi dua bagian yang pertama saya namakan tips sukses secara non tehnis dan yang kedua adalah tips sukses secara tehnis.

Tips sukses berbisnis warung kopi secara non tehnis

1. Niat & Keyakinan

Sebelum anda memulai berbisnis warung kopi atau apapun hal pertama yang harus anda mantapkan adalah niat dan keyakinan. Sebab tanpa niat dan keyakinan anda tidak akan pernah bisa berhasil dibidang apapun. Sebagian besar kalau tidak boleh dikatakan seluruhnya yang kita dapatkan adalah hasil dari niat dan keyakinan kita. Manusia mendapatkan apa yang ia niat dan yakini.

Dan jika anda bekerjasama pastikan bahwa seluruh tim memiliki niat dan keyakinan yang sama. Jangan sampai ada satu-dua orang yang masih ragu-ragu karena ini bisa berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis anda. Niat dan keyakinan adalah pondasi dasar dari bangunan rencana sukses anda.

[caption caption="Tips Sukses Berbisnis Warung Kopi_Sumber Gambar: majalah.ottencoffee.co.id"]

[/caption]

Jangan main-main dengan niat dan keyakinan ini dan jangan pernah memulai bisnis dalam keadaan meragu. Jika masih ada anggota tim yang masih ragu tugas yang lain untuk meyakinkannya.

Jika niat dan keyakinan anda cukup kuat meskipun anda tidak mengerti dan belum begitu paham dengan bisnis yang akan anda jalani sekalipun, peluang sukses anda tetap besar. Anda tahu Jack Ma (pemilik alibaba.com) sebelumnya ia tidak mengerti sama sekali tentang internet bahkan ia tidak tahu apa itu Google ketika temannya menyuruhnya mencari sesuatu dengan mengetikkan kata di mesin pencari Google.

Niat dan keyakinan yang kuat membawa Jack Ma menjadi orang terkaya Asia dengan membuka situs jual beli alibaba.com, alipay dan aliexspress. Contoh yang lebih ekstrim adalah bagaimana maling pemula bisa berhasil kalau bukan karena niat dan keyakinan yang kuat.

[caption caption="Tips Sukses Berbisnis Warung Kopi_Sumber Gambar: hot.detik.com"]

[/caption]

Seharusnya orang-orang yang ingin sukses berbisnis lebih mudah ketimbang para maling. Karena ada banyak sekali informasi, pelatihan, seminar dan buku-buku tentang bagaimana sukses berbisnis (dibidang apapun).

Namun coba perhatikan ada tidak maling profesional atau yang sudah pakar yang mau share tentang cara dan bagaimana sukses menjadi maling. Tidak ada. Ada tidak pelatihan atau seminar tentang sukses menjadi maling. Tidak ada. Ada tidak buku-buku yang berbicara tentang sukses menjadi maling. Tidak ada. Lalu apa yang membuat mereka berhasil kalau bukan niat dan keyakinan yang kuat.

2. Konsisten dengan niat dan keyakinan awal

Satu dua bulan pertama, adalah fase sulit dalam memulai sebuah bisnis. Hasil yang tidak sesuai harapan bisa menurunkan niat dan keyakinan awal kita. Apalagi jika pada bulan-bulan selanjutnya hasil belum juga kunjung membaik.

Situasi seperti diatas adalah ujian bagi niat dan keyakinan awal kita. Semakin besar niat dan keyakinan awal kita biasanya semakin besar pula ujian untuk bisa mengkonsisteni-nya. Orang-orang berhasil adalah orang-orang yang memiliki niat dan keyakinan serta sanggup mengkonsisteninya apapun yang terjadi dalam prosesnya.

[caption caption="Tips Sukses Berbisnis Warung Kopi_Sumber Gambar: bandaacehtourism.com"]

[/caption]

Dalam banyak hal biasanya semakin besar kesulitan itu adalah tanda bahwa semakin besar potensi hasil yang bakal dituai. Namun bisa saja karena alasan kedualitasan dunia kesulitan kecil bisa menuai hasil besar. Namun menurut penulis persentase yang seperti ini tidak besar. Secara umum hasil besar didapat dari melewati rintangan yang tidak kecil.

Tips sukses berbisnis warung kopi secara tehnis

Kalau tadi kita sudah berbicara secara non tehnis maka kali ini kita akan melihat tips sukses berbisnis warung kopi secara tehnis.

1. Tempat...tempat dan tempat!

Tempat atau lokasi usaha memainkan peranan penting dalam menentukan sukses tidaknya bisnis warung kopi anda. Tempat yang sangat mendukung untuk membuka usaha warung kopi adalah tempat yang strategis, pilihlah pinggir jalan yang ramai atau yang dekat dengan pusat keramaian seperti kampus, perkantoran, kawasan industri, pasar atau pusat perbelanjaan.

Namun abaikan ini semua jika anda menyakini satu tempat yang menurut keyakinan anda bisa mendatangkan pengunjung dengan cara anda sendiri. Keyakinan anda lebih penting dari apa yang dikatakan siapapun.

[caption caption="Tips Sukses Berbisnis Warung Kopi_Sumber Gambar: seribupeluang.blogspot.com"]

[/caption]

Selain lokasi yang strategis kebersihan dan keindahan warung kopi juga merupakan faktor pendukung keberhasilan anda. Buat tempat dan situasi yang senyaman mungkin agar pengunjung betah ditempat anda.

Tips sukses berbisnis warung kopi selanjutnya, hindari design dengan warna-warna yang terlalu mencolok. Karena warna-warna yang mencolok cenderung membuat orang tidak akan berlama-lama ditempat tersebut. Sebuah survey di Inggris menunjukkan bahwa telpon umum yang dicat warna merah lebih membuat orang cepat menyelesaikan percakapan telponnya ketimbang yang di cat warna biru.

2. Design dan konsep yang “manggil”

Jika anda belum mempunyai suatu brand yang menjual maka pilihkan design atau konsep warung kopi yang “manggil” artinya ketika orang melihat warung kopi anda timbul rasa ingin mampir dalam dirinya. Bisa dalam bentuk tulisan, gambar atau model bangunan yang unik. Yang terpenting apapun yang anda tulis atau gambar apapun yang anda pajang dan model apapun yang anda buat harus memberikan keuntungan atau sesuatu yang lebih buat calon pelanggan anda.

3. Buat Diferensiasi

Guru besar Harvard Business School Theodore Levitt mengatakan membedakan diri dari orang lain adalah kunci dalam marketing. Itulah diferensiasi. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan suatu perusahaan untuk memenangkan persaingan dipasar adalah diferensiasi.

[caption caption="Tips Sukses Berbisnis Warung Kopi"]

[/caption]

Namun beda yang dimaksud disini tidak boleh asal beda atau sembarang berbeda. Harus beda yang ada manfaatnya buat para pelanggan kita. Produk yang sama, diberi harga yang sama, dijual lewat saluran distribusi yang sama dan dipromosikan dengan cara yang sama pula, tidak akan bisa menimbulkan persepsi berbeda di benak konsumen walaupun brand yang dipakai berbeda.

Dengan Dengan diferensiasi, pelanggan bisa benar-benar melihat perbedaan antara merek kita dan pesaing, dan kemudian memilih merek kita. Diferensiasi meliputi diferensiasi produk, pelayanan, personil, saluran distribusi, dan diferensiasi pada citra, identitas atau logo.

4. Promosi

Diawal pembukaan warung kopi anda strategi promosi menjadi penting untuk memancing agar pelanggan mencoba dan mau mampir ke tempat anda. Promosi bisa dilakukan dengan brosur, spanduk, media cetak dan sosial media. Atau anda bisa buat suatu kegiatan yang unik dan bermanfaat kemudian undang media untuk ikut hadir.

Bisa juga dengan memasang spanduk promo fantastis berdurasi, contohnya minum kopi dua gelas gratis ........ (cari makanan yang sedang trend diwilayah anda) berlaku hari sabtu dan minggu pukul 15.00 s/d pukul 17.00.

Lakukan brain storming dengan tim anda tentang promo apa yang akan dimainkan! Berbicara dan bertukar pikiran dengan orang lain adalah salah satu cara mendapatkan ide-ide dan pemikiran-pemikiran luar biasa serta berbagai tips sukses berbisnis warung kopi.

[caption caption="Tips Sukses Berbisnis Warung Kopi_Sumber Gambar: tokomesin.com"]

[/caption]

5. Pelayanan

Senang melayani anda...selamat berkunjung kembali! Pengunjung warung kopi rata-rata laki-laki dan jika kalimat ini diucapkan oleh seorang wanita menarik setelah selesai melakukan transaksi pembayaran maka ini bisa berefek pada ingatnya si pengunjung dengan warung kopi anda. Ini bisa menjadi dua tindakan sekaligus pelayanan dan diferensiasi. Karena boleh jadi warung kopi lain belum melakukan hal ini.

Pastikan warung kopi anda memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada pengunjungnya karena selain mencari kopi mereka juga menginginkan suasana kongkow yang menyenangkan. Buat mereka merasa seperti ditempatnya sendiri, sepanjang itu tidak melampaui batas.

6. Fasilitas tambahan

Tips sukses berbisnis warung kopi lainnya yang wajib anda lakukan jika menginginkan konsumen betah berlama-lama di warung kopi anda adalah menambahkan berbagai fasilitas tambahan seperti televisi, radio atau bahkan jaringan Wifi. Jika anda manambahkan beberapa fasilitas tersebut dapat di pastikan bahwa konsumen akan betah berada di warung kopi anda, apalagi jika sedang musim bola seperti piala dunia, maka warung kopi anda akan ramai bahkan hingga pagi hari.

[caption caption="Tips Sukses Berbisnis Warung Kopi_Sumber Gambar: youthproactive.com"]

[/caption]

7. Makanan pendukung

Memiliki satu atau dua makanan pendukung unggulan bisa memancing pengunjung untuk lebih sering datang ke warung kopi anda. Jadikan apapun yang dijual atau bahkan apapun yang ada di warung kopi anda sebagai ‘senjata’ untuk membuat pengunjung semakin tertarik datang dan berkunjung ke tempat anda.

Itulah beberapa tips sukses berbisnis warung kopi yang kami rangkum dari berbagai sumber dan ditambah dengan pemikiran serta pengalaman penulis dalam bidang sales n marketing. Semoga bermanfaat dan memberikan value lain buat para pembaca.

Demikianlah artikel tips sukses berbisnis warung kopi semoga bermanfaat dan memberikan value lain kepada para pembaca.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun