Mohon tunggu...
Kaseri
Kaseri Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Negeri 1 Jombang

Saya adalah seorang yang ingin selalu berubah dan berkembang lebih baik. Di setiap kesempatan, saya selalu berupaya mengambil peran maksimal. Pengalaman Terindah, saat terpilih dan menjadi duta di ajang "Indonesian Youth Leadership Programme" di Washingthon DC, United State of America (USA)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

MAN 3 Jombang: Garap Modul P5RA di Bumi Pacet Mojokerto

9 Maret 2023   22:10 Diperbarui: 9 Maret 2023   22:27 532
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

MAN 3 Jombang: Garap Modul P5 di Bumi Pacet Mojokerto

PACET -- Madrasah Aliyah Negeri 3 Jombang, Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas menggelar workshop lanjutan Implementasi Kurikulum Merdeka. Fokus kegiatan kali ini adalah membuat modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil'alamin (P5RA). Tampak iring-iringan rombongan guru pengampuh mata pelajaran kelas X, keluar Madrasah menuju Pacet Mojokerto. Tepatnya di Vila Nabila, Pacet, Mojokerto.

Rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, Kamis (9/2/2023) sampai Jum'at (10/2/2023). Acara diawali dengan pembukaan pada pukul 11.00 WIB. Hadir seluruh jajaran pengurus Yayasan pondok pesantren Bahrul Ulum, Pimpinan Madrasah, Narasumber, dan guru kelas X.

KH Mohammad Syifa' Malik, selaku wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, memberikan sambutan atas nama kepala madrasah yang berhalangan hadir karena ada tugas lain, mendampingi kepala kantor kementerian agama wilayah jawa Timur. Dalam sambutannya, pria yang akrab disebut Gus Syifa', berharap workshop kali ini benar-benar produktif. Mampu menghasilkan modul P5 yang bisa diaplikasikan di madrsah untuk kemajuan lembaga.

"Workshop kali ini, harus benar-benar produktif. Mampu menghasilkan modul P5 dan perangkatnya yang bisa diaplikasikan di madrsah untuk kemajuan Lembaga", tuturnya.

Sementara, mewakili ketua Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Nyai Maslahatul Ammah menyampaikan bahwa madrasah harus terus berbenah, mengikuti perubahan jaman dan kurikulum.

"Kita harus melestarikan tradisi lama yang baik, dan mengambil hal baru yang lebih baik.

 

Prinsip pondok yang harus terus dipertahankan", tuturnya.

"Pondok sudah berada pada jalur yang benar dan tepat. Maka madrasah, MAN 3 Tambakberas harus pada jalur yang tepat juga", pungkas bu nyai yang terkenal dengan bu Nyai Nusantara.

Semangat yang dikobarkan oleh pengurus Yayasan, nampak diaplikasikan oleh peserta workshop. Mereka tetap semangat sampai malam tiba. Tampak masih segar dan semangat menyelesaikan tugas modul. Padahal waktu sudah mendekati jam 22.00 WIB.

dokpri-kelompok1
dokpri-kelompok1

Berdasarkan kesepakatan, peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing mengangkat tema Suara Demokrasi, Rekayasa Teknologi, dan Kewirausahaan. Mereka berusaha menyelesaikan modul dan perangkat sampai tuntas. Karena besok harus sudah dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.

dokpri-kelompok2
dokpri-kelompok2

dokpri-kelompk 3
dokpri-kelompk 3

Narasumber kegiatan masih tetap seperti workshop awal. Kaseri dan Edy Suyapto, dari SMAN 1 Jombang tetap sabar mendampingi peserta menyelesaikan tugasnya. Meskipun diselingi dengan nyanyian lagu merdu dari suara emas peserta. Semangat....!!! (ASE)

dokpri-ws2
dokpri-ws2

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun