Mohon tunggu...
Kartika Ninur Anisya
Kartika Ninur Anisya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Edutainment Kelas IV IPAS Bab 6 "Indonesiaku Kaya Budaya" di SD Negeri Sawunggaling

4 Juli 2024   04:39 Diperbarui: 4 Juli 2024   04:42 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Dokumentasi Pribadi: Setalah Pembelajaran Edutainment Kelas IV SD Negeri Sawunggaling)

Edutainment memiliki arti gabungan dari 2 kata yaitu pendidikan dan hiburan. Maksudnya adalah pembelajaran yang menghibur dan menyenangkan. Edutainment merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang lebih menekankan bagaimana cara membuat suatu pembelajaran di kelas terasa lebih menyenangkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran itu sendiri. Tujuannya adalah agar siswa bisa mengikuti dan mengalami proses pembelajaran dalam suasana yang gembira, menyenangkan, menghibur, dan mencerdaskan serta lebih bisa meningkatkan pemahaman siswa.

Dalam pembelajaran edutainment dapat dilakukan dengan berbagai cara menarik, yaitu menggunakan media pembelajaran seperti puzzle, flascard atau alat peraga lainnya. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah  semua alat yang digunakan untuk menarik perhatian siswa dan merangsang pikiran,  perasaan siswa untuk mendorong terciptanya proses belajar yang aktif. Pemakaian media pengajaran dalam proses belajar mengajar dapat  membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan  rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis  terhadap siswa. 

Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah  memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan  lebih efektif dan efisien. Media puzzle merupakan suatu media pembelajaran berupa potongan potongan gambar yang disusun hingga terbentuk menjadi gambar yang utuh.  Pemilihan media puzzle selain menarik dan dapat memusatkan perhatian siswa,  manfaat media puzzle adalah dapat melatih nalar atau dapat menggali kreativitas  siswa dalam membaca permulaan. Siswa akan lebih mudah untuk mengeluarkan  ide-idenya menjadi bisa membaca permulaan. Manfaat bagi guru dalam penggunaan media puzzle adalah suatu tindakan inovasi baru karena dalam  penggunaan media gambar yang disajikan dalam bentuk puzzle.  

Simulasi pembelajaran edutainment dilakukan pada hari Rabu, 24 April 2024 di kelas IV SD Negeri Sawunggaling mengenai materi IPAS Bab 6 "Indonesiaku Kaya Budaya".

(Dokumentasi Pribadi: Proses Pembelajaran Menggunakan Media Puzzle)
(Dokumentasi Pribadi: Proses Pembelajaran Menggunakan Media Puzzle)

Tahapan dari pembelajaran antara lain : 

a. Kegiatan pembelajaran diawali dengan berdoa, kemudian dilanjutkan dengan menanyakan  kabar melalui ice breaking. 

b. Kemudian dilanjut menanyakan kabar, disampaikan materi mengenai kebudayaan yang  ada di Indonesia. Pada saat penyampaian materi, disampaikan juga lagu pembelajaran yang  berkaitan dengan materi. Lagu tersebut berisi mengenai nama-nama suku bangsa yang ada  di Indonesia beserta daerah asalnya. 

 Suku di Indonesia (Naik Becak) 

Mari kita belajar 

Suku di Indonesia 

Walau berbeda- beda Tetap Satu negara 

Suku Gayo di Aceh 

Batak sumatera barat 

Minangkabau ada di Sumatra barat 

Badui ada di Banten 

Betawi di Jakarta 

Sunda di Jawa barat 

Jawa di Yogyakarta 

Dayak di Kalimantan Bugis di Sulawesi 

 Suku Asmat Ada di Papua

c. Setelahnya diberikan ice breaking yang dilakukan dengan estafet kertas berisi mengenai  soal sembari menyanyikan lagu balonku. 

d. Membagi kelompok menjadi 5 kelompok untuk menyusun puzzle. 

(Dokumentasi Pribadi: Media Puzzle)
(Dokumentasi Pribadi: Media Puzzle)

e. Jika sudah selesai dalam menyusun puzzle, siswa dalam kelompok tersebut diberikan  LPKD. 

f. Siswa mempresentasikan pengerjaan LKPD dari perwakilan kelompok dan menyimpulkan  hasil pembelajaran yang telah dilakukan. 

g. Penutupan, doa bersama dan sayonara. 

 Respon siswa dalam pembelajaran edutainment ini sangat positif, siswa antusias sekali, siswa menjadi lebih aktif serta pemahaman materi yang disampaikan lebih mudah. Keterlaksanaan  pembelajaran sudah runtut sesuai dengan modul serta pembelajaran Edutaintment ini sangat  efektif jika dilakukan. Pembelajaran edutaintment ini sangat efektif jika  dilakukan oleh guru. Respon guru terhadap pembelajaran edutainment yang mengguanakan media pembelajaran puzzle dan lagu pembelajaran sudah sangat baik digunakan. Menurut wali kelas IV di SD Negeri Sawunggaling, media pembelajaran puzzle dan lagu pembelajaran ini sangat efektif untuk digunakan karena dapat memotivasi siswa dan menambah semangat siswa, ssehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Oleh : Kartika Ninur Anisya (212180144)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Universitas Muhammadiyah Purworejo

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun