Mohon tunggu...
Karmila P. Lamadang
Karmila P. Lamadang Mohon Tunggu... Dosen - seorang ibu

dosen di universitas Muhammadiyah Luwuk

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Model Pendidikan Karakter Pada Anak Sejak Dini

18 Oktober 2024   19:53 Diperbarui: 18 Oktober 2024   20:33 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi : PAUD IT Madani 

Pendidikan karakter sebaiknya dilakukan sejak dini dan dimulai dari lingkungan keluarga kemudian dilanjutkan oleh lingkungan sekolah. Oleh karena sekolah adalah lingkungan yang pluralisme atau beragam suku, budaya agama, jenis kelamin dan latar belakang keluarga maka diperlukan sebuah model pendidikan karakter yang menjadi rujukan atau acuan dalam menumbuhkan karakter peserta didik. Tujuan model pendidikan yang dirancangharus memuat beberapa hal yakni : 

Pertama, Membentuk karakter peserta didik sejak dini

Model pendidikan karakter yang diterapkan sejak dini membantu peserta didik memahami nilai-nilai moral dan prinsip-prinsip kehidupan. Pada tahap ini, peserta didik belajar tentang tanggungjawab, kejujuran, empati yang merupakan dasar pengembangan karakter

Kedua, Pengembangan Kesadaran Sosial

Melalui pendidikan karakter, peserta didik diajarkan untuk lebih peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain. Hal ini penting untuk membangun hubungan sosial yang sehat serta mengurangi perilaku negatif seperti bullying dan konflik antar teman sebaya.

Ketiga, Meningkatkan Nilai-nila Moral dan Etika

Pendidikan karakter membantu peserta didik menginternalisasi nilai-nilai moral yang esensial dalam masyarakat. Dengan memahami konsep-konsep seperti integritas, kebaikan dan tanggungjawab sosial, peserta didik akan lebih siap menghadapi tantangan kehidupan dengan pikiran yang positif.

Keempat, Peran penting rumah dan sekolah

Model pendidikan karakter harus melibatkan kolaborasi antara keluarga dan sekolah. Orang tua dan pendidik berfungsi sebagai rool model atau teladan bagi anak atau peserta didik, sehingga mereka dapat melihat langsung penerapan nilai-nilai  karakter dalam kehidupan sehari-hari

Kelima, Membantu mengatasi Konflik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun