Suatu perusahaan atau badan usaha selalu membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini adalah karyawan. Dalam perusahaan menurut kegiatan usahanya dibagi menjadi tiga, yaitu perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahan manufaktur.Â
Untuk mempekerjakan orang-orang itu dibutuhkan suatu komponen penunjang dalam manajemen suatu perusahaan agar orang-orang yang bekerja di dalamnya merasa puas dengan hasil kerja mereka. Komponen itu dinamakan kompensasi.Â
Secara garis besar kompensasi adalah sesuatu yang diterima oleh para karyawan dengan pembayaran finansial sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang dilaksanakan dan sebagai motivator untuk pelaksanaan kegiatan di waktu yang akan datang.
Dalam pemberian kompensasi itu ada dua cara yaitu gaji yang dibayarkan secara tetap per bulan, sedangkan upah dibayarkan berdasarkan hari, jam atau jumlah satuan produk yang dihasilkan. Pengeluaran perusahaan dalam pemberian kompensasi diperlukan suatu sistem kompensasi yang baik agar dalam pelaksanaan pemberian kompensasi dari perhitungan sampai pembayaran dapat berjalan dengan efisien dan lancar.Â
Karyawan menilai keadilan pembayaran mereka melalui perbadingan besarnya kompensasi atau gaji dengan karyawan-karyawan lain. Mereka terkadang merasa pendapatan yang diterimanya adil atau tidak adil tergantung pada bagaimana mereka menilai relatifnya dibanding dengan yang lain.
Untuk mewujudkan keadilan ini maka program kompensasi harus didesain dengan mempertimbangkan baik kontribusi karyawan maupun kebutuhan karyawan. PT Indomarco Prismatama telah lama dikenal sebagai salah satu perusahaan ritel modern terdepan di Indonesia. Keberhasilan Indomaret dalam mencapai pertumbuhan yang konsisten dan menjadi pemimpin pasar tidak lepas dari peran penting sistem pengendalian manajemen yang efektif.Â
Sistem pengendalian manajemen di Indomaret dirancang untuk membantu perusahaan mencapai tujuan strategisnya dengan cara menetapkan perencanaan yang jelas dan terukur, memantau kinerja secara berkala, mengkomunikasikan informasi secara efektif, memberikan motivasi dan penghargaan, serta meningkatkan sistem secara berkelanjutan.
Dalam Artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang bagaimana sistem pengendalian kompensasi dan insentif yang diterapkan di PT Indomarco Prismatama mempengaruhi kinerja karyawan ? dan bagaimana perusahaan dapat meningkatkan sistem kompensasi dan insentif untuk meningkatkan kinerja karyawannya?
Pada tahun 1997, Indomaret mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia. Pada Mei 2003, sistem waralaba Indomaret telah terbukti keberhasilannya dengan diperolehnya penghargaan dari Presiden Republik Indonesia saat itu, Presiden Megawati Soekarno Putri, sebagai Perusahaan Waralaba Nasional.
Saat ini, Indomaret memiliki lebih dari 8.814 gerai di wilayah Jawa, Madura, Bali, Sumatra, dan Sulawesi, dengan 40% gerai milik terwaralaba dan 60% gerai milik perusahaan. Indomaret terus meningkatkan pelayanan dan kenyamanan belanja konsumen dengan menerapkan sistem teknologi informasi yang handal.
Dikenal dengan Indomaret, PT. Indomarco Prismatama berfokus pada pengembangan SDM yang memiliki nilai-nilai kerja sama tim, motivasi kerja, disiplin kerja, kualitas perusahaan, budaya perusahaan, visi, dan misi yang kuat.Â
Visi Indomaret adalah: "Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan retail waralaba yang unggul dalam persaingan global." Misi Indomaret adalah: "Meningkatkan pelayanan terbaik sehingga kepuasan pelanggan utama yang harus dapat dipenuhi." Visi ini menunjukkan tujuan jangka panjang untuk menjadi jaringan retail waralaba yang unggul dan kompetitif di pasar global, serta meningkatkan pelayanan terbaik untuk memenuhi kepuasan pelanggan.
Pemberian kompensasi yang diterapkan oleh PT. Indomarco Prismatama adalah melalui sistem pay roll. Sejumlah kompensasi yang telah ditentukan besarannya kemudian dikirimkan melalui sub bagian yang menangani distribusi tersebut untuk kemudian dikirim melalui rekening masing-masing karyawan.Â
Pada umumnya kompensasi yang diberikan kepada karyawan yakni berupa kompensasi materi yaitu gaji. Besaran gaji yang ditetapkan berdasarkan Upah Minimum Regional  (UMR) kemudian disesuaikan pula dengan tingkatan atau grade yang telah dicapai oleh karyawan tersebut.
 Penentuan grade atau status tingkatan karyawan yang kemudian menentukan pula besaran jumlah gaji karyawan dihitung berdasarkan 3 (tiga) hal utama, yakni:
- Masa kerja
- Pendidikan
- Jabatan/Kompetensi
Kompensasi yang diberikan pada PT. Indomarco Prismatama. terdiri dari kompensasi finansial langsung dan finansial tidak langsung. Kompensasi finansial langsung teridiri dari: Gaji, Bonus, dan Insentif. Sedangkan Kompensasi Finansial tidak langsung terdiri dari: Fasilitas dan tunjangan.Â
PT Indomarco Prismatama juga memberikan kompensasi berupa penghargaan (reward) kepada karyawan yang berprestasi untuk memacu semangat kerja para karyawan. Disiplin kerja dan kompensasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Indomarco Prismatama.
Kompensasi yang diberikan oleh PT Indomarco Prismatama terdiri dari beberapa jenis, seperti gaji, bonus, insentif, fasilitas, dan tunjangan. Kompensasi ini diberikan untuk menghargai keberhasilan individu yang menunjukkan efisiensi tinggi dalam memenuhi tanggung jawabnya dalam peran dan posisinya saat ini, serta pengakuan atas potensi kemampuan individu tersebut untuk maju dalam organisasi.
Selain pemberian kompensasi, untuk memberikan motivasi karyawan dalam meningkatkan kinerjanya, manajemen Indomaret juga memberikan reward untuk setiap prestasi yang diukir oleh pegawai Indomaret biasanya diganjar dengan sistem promosi atau kenaikan pangkat.
Manajemen PT. Indomarco Prismatama diharapkan untuk terus meningkatkan sistem kompensasi mereka agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja karyawan yang sudah ada, serta menciptakan karyawan berkualitas tinggi di masa depan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H