Mohon tunggu...
karin septia
karin septia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa aktif Universitas Nasional

Saya adalah salah satu mahasiswa aktif dengan konsentrasi public relations di salah satu Universitas Swasta di Jakarta yaitu Universitas Nasional

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hubungan Interaksi pada Media Sosial Twitter Menggunakan Pendekatan Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi di Indonesia

28 November 2022   23:47 Diperbarui: 29 November 2022   00:06 376
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok Universitas Nasional

Hubungan Interaksi Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Pendekatan Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi di Indonesia

Dosen Pengampu: Th. Bambang Pamungkas S.Sos.,M.Ikom

Karin Septia Dwi Lestari

20351651617

Ilmu Komunikasi - Public Relations

Filsafat Konunikasi R-02

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITA NASIONAL
JAKARTA 2022

Pendahuluan

Latar Belakang

  • Teknologi  komunikasi berbasis internet awalnya dimanfaatkan sebagi non-komersial, tetapi perkembangannya internet digunakan sebagai penyedia barang dan jasa, sebagai alternatif alat komunikasi. Dengan adanya Media yang belum matang dan pemanfaatan yang belum sejalan dengan penguasaan masayarakat menyebabkan kegagapan dalam penggunaan (McQuail, 2011:12). 

  • McQuail juga mengemukakan bahwa jika belum ada bentuk aplikasi yang sangat hebat dari interaksi seperti dalam jaringan. Kendati demikian, masyarakat juga bisa melihat dan memanfaatkan mesin aplikasi atau mesin pencari serupa yang berbasiskan media sosial. Kehadiran teknologi komunikasi bierbasiskan internet di Indonesia berkembang dengan pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi ini beriringan dengan menjamurnya aplikasi-aplikasi media sosial.

    Beberapa contoh diantaraanya, YouTube, Instagram, Twitter, TikTok, Podcast, dan masih banyak lagi media sosail yang dimanfaatkan untuk berbagi informasi atau berita. Saat ini media instagram dijadikan salah satu media yang terus berkembang dan memperbanyak fitur-fitur aplikasi yang bisa dimanfaatkan. 


  • Tidak hanya sekedar mengunggah foto atau video seperti pada saat awal kemunculannya. Bahkan saat ini, dengan adanya situs jejaring sosial ini memudahkan penggunanya untuk memberikan dan menyebarkan informasi hiburan dan berita. 

  • Dalam dunia berita sosial media digunakan sebagai alat penghubung yang prakti dan sebagai alat komunikasi antara informan dengan khalayak. Sekarang ini, memberikan informasi berita media online tidak saja melalui situs web, tetapi sekarang bisa juga melalui jejaring media sosial seperti Twitter.

    Perkembangan teknologi memumudah aktivitas manusia dalam melakukan hubungan sosial untuk berinteraksi secara global dalam berbagai bidang. audio, visual, audio visual, serta digital. 


  • Perkembangan teknologi komunikasi dan komputer menyebabkan terjadinya perubahan budaya masyarakat sehari- hari, perkembangan ini tidak terlepas dari penggunaan media bagi kegiatan manusia dalam bidang ekonomi, sosial, politik maupun dalam upaya membangun opini dalam melestarikan adat dan kebudayaan. 

  • Media sosial merupakan saluran yang dapat digunakan dengan mudah untuk berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum di dunia virtual. Media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun atas dasar ideologi dan teknologi web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan pertukaraan "user-generated content" (Kaplan & Haenlin, 2010: 59).

    Media sosial menjadi primadona baru dalam perkembangan media dunia, media sosial atau akrab disebut jejaring sosial ini juga menyita perhatian masyarakat Indonesia.  Media sosial dinilai bisa menjadi wadah bagi karya, ide, tanggapan bahkan media untuk mengekspresikan keadaan yang terjadi. Hanya dengan membuat akun pribadi, para pengguna bisa mendapatkan kemudahan dalam menuliskan dan mempublikasikan karya maupun tanggapannya pada khalaya. Inilah yang menjadi daya tarik media sosial, ketika apa yang ditulis bisa dibaca, dipahami kemudian mendapatkan komentar dari orang lain. Beberapa jejaring sosial tersebut diantaranya Facebook, Twitter, Instagram, Path, Skype, YouTube.

    Dari sekian banyak media sosial yang paling cepat pertumbuhannya adalah twitter, dengan cepat mengambil perhatian masyarakat Indonesia, remaja khususnya, kebanyakan isi dalam twitter adalah hal- hal pribadi dimana seorang berbagi cerita, opini, aktivitasnya, kepada orang-orang pilihan. Twitter hanya membuat ruang 140 karakter bagi penggunanya untuk mengirim pesan. Jumlah pesan yang pernah diposting oleh pengguna ditampilkan dalam halaman profil pengguna, sehingga siapapun yang melihat bisa mengetahui jumlah postingnya. Dilihat dari beberapa fitur, salah satu fitur yang sangat menarik dalam media sosial twitter yaitu fitur follower.

    Fitur ini bisa memberikan gambaran bagi pengguna bahwa bagi akun pengguna twitter yang mempunyai follower terbanyak menunjukkan akun tersebut dipersepsi mempunyai kredibilitas yang memengaruhi daya tarik tertentu. Biasa kita lebih sering melakukan suatu interaksi melalu media perantara salah satunya menggunakan media sosial yaitu twitter. Interaksi yang dilakukan dalam media sosial, haruslah memperhatikan etika dalam berinteraksi.

    Hal ini sangat penting agar segala aktivitas kita di media sosial tidak berdampak buruk dalam kehidupan kita, baik secara langsung maupun tidak langsung. Media sosial telah menjadi trend tersendiri dengan pengguna di Indonesia mencapai lebih dari 15,3 juta akun (facebook), 6,2 juta akun (twitter), dan lebih dari 50 juta akun (Instagram). Berdasarkan perkembangannya, Indonesia berada di urutan ke dua dunia setelah Amerika Serikat sebagai negara dengan penduduknya sebagai pengguna media sosial.

    Rumusan Masalah

  • Bagaimana hubungan interaksi pada media sosial twitter dengan filsafat komunikasi jika melalui pendekatan secara ontologi, epistemologi dan aksiologi di Indonesia?

    Tujuan Penulisan

Tujuan dari penulisan tersebut, agar memberikan informasi kepada khalayak mengenai interaksi yang terjadi di era digitalisasi dengan pendekatan secara ontologi, epistemologi dan aksiologi terhadap para pengguna media sosial twitter di Indonesia.

Pembahasan

Definisi filsafat dan filsafat komunikasi

Filsafat

Istilah "filsafat" ini sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani, yakni "philosophia", yang mana merupakan gabungan dari kata "philo" dan "sophia". Philo berarti 'cinta dalam arti yang luas', sementara sophia berarti 'kebijakan atau pandai'. Jadi, dapat disebut bahwa filsafat ini adalah keinginan untuk mencapai cita pada kebijakan. Banyak ahli yang mendefinisikan apa itu filsafat. Poedjawijatna berpendapat bahwa filsafat adalah sejenis pengetahuan yang berusaha mencari sebab secara sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu yang berdasarkan pikiran belaka.

Lalu menurut Hasbullah Bakry, filsafat memiliki definisi berupa sejenis pengetahuan yang menyelidiki segala sesuatu secara mendalam, mulai dari ketuhanan, alam semesta, hingga manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai oleh akal manusia.  Kemudian ada juga tokoh filsafat terkenal, Plato, yang mendefinisikan filsafat adalah pengetahuan yang berminat untuk mencapai pada kebenaran asli.

Berdasarkan beberapa pendapat dari para ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa filsafat adalah sebuah ilmu yang berusaha mencari sebab secara mendalam berdasarkan pemikiran dan akal manusia. Filsafat ini juga dapat menjadi pandangan hidup seseorang sekelompok orang mengenai kehidupan yang dicita-citakan. Namun, filsafat ini dapat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa ketika memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan melihat secara menyeluruh dengan segala hubungan.

Sedangkan secara terminologi filsafat adalah perenungan yang mendalam mengenai sesuatu yang dianggap atau dinilai bermanfaat bagi kehidupan manusia. Fisafat merupakan sebuah disiplin ilmu yang terkait dengan perihal kebijaksanaan. Kebijaksanaan itu sendiri merupakan butir ideal dalam kehidupan manusia. Melalui kebijaksanaan, manusia mampu bersikap dan bertindak atas dasar pertimbangan kemanusiaan yang tinggi, bukan asal bertindak sebagaimana yang biasa dilakukan masyarakat awam (Syams, 2013).

Al Farabi mendefinisikan filsafat ialah ilmu tentang alam yang maujud dan bertujuan menyelidiki hakikatnya yang sebenarnya (Anshari, 1987). Ibnu Rusyd berpendapat bahwa filsafat merupakan pengetahuan otonom yang perlu dikaji oleh manusia karena dia memiliki akal (Salam, 1988). Pengertian filsafat secara terminologi sangat beragam, baik dalam ungkapan maupun titik tekanannya. Bahkan, Moh. Hatta dan Langeveld mengatakan bahwa definisi filsafat tidak perlu diberikan karena setiap orang memiliki titik tekan sendiri dalam definisinya. Oleh karena itu, biarkan saja seseorang meneliti filsafat terlebih dahulu kemudian menyimpulkan sendiri (Bakhtiar, 1997).

Filsafat komunikasi

Secara sederhana filsafat komunikasi jika di hubungkan dengan kata ilmu memiliki arti yaitu suatu filsafat yang mencoba mengkaji ilmu komunikasi dari ciri-ciri dan cara-cara memperolehnya. Jadi filsafat ilmu memberikan sejumlah pertanyaan terhadap ilmu tersebut agar ilmu itu berkembang, berada dalam kerangka yang lebih luas, memilki hubungan dengan ilmu-ilmu lain, dan dapat menjadi sistematis dan memiliki kebenaran. Filsafat ilmu komunikasi di antaranya akan memberikan pertanyaan: Bagaimana ilmu komunikasi dapat berkembang? Siapa yang menentukan arah perkembangan ilmu komunikasi? Bagaimana ilmu komunikasi dapat muncul? Apakah kemunculan ilmu komunikasi merupakan suatu kebetulan saja dan merupakan gejala historis? Apakah ilmu komunikasi memiliki suatu metode yang sama dengan ilmu lainnya? (Ardianto dan Q-Anees, 2011).

Muhammad Mufid menjelaskan bahwa filsafat komunikasi adalah ilmu yang mengkaji setiap aspek dari komunikasi dengan menggunakan pendekatan dan metode filsafat sehingga didapatkan penjelasan yang mendasar, utuh, dan sistematis seputar komunikasi (Mufid, 2009).  Berdasarkan uraian di atas bisa disimpulkann bahwa filsafat komunikasi adalah suatu pengetahuan yang menelaah secara mendasar mengenai keilmuan komunikasi dari historisnya, teori-teorinya, metode-metodenya, prinsip-prinsip metodologi yang digunakan, sampai pada semua hal yang terkait pada cakupan komunikasi.

Hubungan interaksi di media sosial twitter melalui pendekatan secara ontologi, epistomologi dan aksiologi di Indonesia

Semakin hari teknologi semakin berkembang, begitu juga dengan ilmu pengetahuan karena banyak inovasi baru yang tidak terpikirkan sebelumnya dan kini sudah ada. Begitu juga pada media komunikasi dan informasi yang kini sudah berkembang sangat pesat. Apalagi kita sebagai generasi milenial yang setiap hari menggunakan media sosial untuk mencari informasi bahkan berekspresi di media sosial.

Kemunculan twitter memunculkan fakta bahwa saat ini, twitter lebih disukai dari pada facebook. Data terbaru penggunaan twitter hingga saat ini mengalami peningkatan signifikan seperti yang dilansir dari Phone Arena pada 1 Mei 2020, mengungkapkan bahwa terdapat lonjakan pada pengguna aktif twitter dari 134 juta pada 2019, menjadi 166 juta pengguna dan mengalami peningkatan 24 persen.3 Kenaikan jumlah pengguna aktif harian ini berkaitan dengan piala dunia 2022 yang sedang berlangsung di Qatara saat ini.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa sosial media twitter dipilih sebagai bahan penelitian. Dari sekian banyak pengguna di dunia termasuk di Indonesia adalah keikutsertaan baik seorang pejabat maupun masyarakat dalam dunia twitter. Fitur dalam twitter yang memungkinkan siapa saja untuk berkomunikasi tanpa batas dimanfaatkan oleh seorang pejabat seperti gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta sebagai wadah untuk berkomunikasi dengan dengan masyarakatnya. Fenomena penggunaan twitter oleh kalangan pejabat maupun masyarakat saat ini merupakan suatu trend baru dalam cuitan yang berhubungan dengan Piala Dunia yang sedang trending saat ini. Sehingga media twitter dijadikan sebagai bentuk komunikasi yang berkomunitas dalam menanggapi pergelaran piala dunia 2022 yang sedang berlangsung di Qatar.

Selain itu, Twitter juga digunakan pejabat publik untuk berinteraksi dengan masyarakat. Dalam konteks ini masyarakat dapat secara langsung memberikan pendapatnya ataupun komentarnya terhadap sebuah berita yang dikeluarkan oleh pejabat publik tertentu melalui twitter. Begitu juga sebaliknya, pejabat publik dapat mengetahui secara langsung dan cepat memberikan tanggapan dari para pembacanya. Karakteristik yang paling populer dari informasi online adalah sifatnya yang real time, mendapatkan pendalaman dan titik pandang yang lebih luas. bahkan berbeda. Interaktifitas juga dapat dilihat dari adanya pemberian feed back atau umpan balik dari pembaca yang membaca sebuah berita melalui kolom komentar.

Social media menjadi sangat popular karena memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk terhubung dengan dunia online dalam bentuk personal, politik maupun kegiatan bisnis. Adapun hubungannya jika di dilihat melalui perspektif filsafat ilmu komunikasi. Tiga pendekatan filsafat komunikasi yaitu aspek kajian ontologi atau keapaan, epistemologi atau kebagaimanaan, dan aksiologi yang bermakna kegunaan.

Pendekatan ontologi dengan filsafat ilmu komunikasi

Kata ontologi sendiri berakar dari bahasa Yunani. Onto berarti ada dan logos berarti ilmu. Dengan demikian, ontologi dimaknai sebagai ilmu yang membahas tentang keberadaan. Atau dengan kata lain, ontologi berarti cara untuk memahami hakikat dari jenis ilmu komunikasi. Ontologi sendiri merupakan cabang ilmu filsafat mengenai sifat (wujud) atau fenomena yang ingin diketahui manusia. Dalam ilmu sosial ontologi berkaitan dengan sifat pada interaksi sosial atau komunikasi sosial. Ontology merupakan mengerjakan terjadinya pengetahuan dari sebuah gagasan kita tentang realitas. Bagi ilmu sosial ontologi memiliki keluasan eksistensi kemanusiaan (Stephen Litle John).

Dalam aspek ontologi, bahwa Ilmu komunikasi dapat dipelajari dengan mengkaji 2 obyek, yaitu objek materi dan objek formal. Ilmu komunikasi sendiri dapat diartikan sebagai sesuatu yang monoteistik pada tingkat yang paling abstrak dan paling tinggi dalam kesatuan dan kesamaannya sebagai makluk hidup atau benda. Hakikat inilah yang dipandang  sebagai obyek materi. Sementara jika dilihat dari objek formal maka ini adalah salah satu sudut pandang yang mampu menentukan cakupan studi di dalamnya.

Seiring berkembangnya jaman dan teknologi. Jika dilihat dalam pendekatan ontologi, pendekatan ini membahas mengenai apa dan bagaimana pengetahuan mengenai interaksi di media sosial, berhubungan dengan bagaimana seseorang berinteraksi, mencari aktualisasi, eksistensi, dan aktivitas komunikasi yang dapat diukur sehingga dapat menghasilkan data yang dapat diolah, diintepretasikan, dan ditarik menjadi suatu kesimpulan.

Secara ontologis, interaksi di twitter adalah kegiatan yang memang terjadi (ada) karena dapat dibuktikan dengan kita menganalisis kegiatan di media sosial. Interaksi yang terjadi sangat beragam mulai dari interaksi 2 arah, 1 arah, group discussion sehingga melibatkan massa yang besar. Interaksi terjadi karena kebutuhan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehingga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari kita harus berkomunikasi dengan orang lain untuk bertukar sesuatu, baik informasi, pesan, maupun argumentasi. Pengaturan percakapan itu berfungsi untuk menghindari balasan, dari akun yang bisa mengganggu esensi percakapan. Sebelum membuat twit, pengguna bisa memilih siapa saja yang bisa membalas, terdiri dari tiga opsi yaitu semua orang, hanya orang diikuti, atau hanya orang disebutkan (tag) dalam cuitan tersebut.

Pendekaan epistomology dengan filsafat ilmu komunikasi

Epistemologi adalah salah satu cabang filsafat yang mempelajari tentang asal, sifat, metode, dan batasan pengetahuan manusia. Epistemologi sendiri dinamakan sebagai teori pengetahuan. Kata epistemologi berakar dari bahasa Yunani.  Kata ini terdiri dari dua gabungan kata yaitu episteme yang artinya cara dan logos yang artinya ilmu. Jika diartikan secara keseluruhan, epistemologi adalah  ilmu tentang bagaimana seorang ilmuwan membangun ilmunya. ilmu komunikasi dititikberatkan pada berita yang sesuai dengan bukti dan fakta untuk menjadi berita yang bernilai tinggi.

Sehingga pesan yang disampaikan cenderung bersifat netral tanpa memihak siapapun dengan sifat yang obyektif. Kunci standar penulisan yang menggunakan pendekatan ketepatan pelaporan faktualisasi peristiwa, yaitu akurat, seimbang, obyektif, jelas dan singkat serta mengandung waktu kekinian (Charnley, 1965: 22;30).

Dengan adanya perkembangan komunikasi sesuai era teknologi, cuitan tweet di twitter pun banyak peminatnya. Dengan twitter kita dapat dengan mudah mengakses berita yang sedang hypening baik di Indonesia mauapun luar begru menggunakan smartphone ataupun komputer atau laptop sekalipun. Bahkan masyarakat pun mulai menilai berita dari rating suatu berita.

Ilmu epistemologi mencakup tentang kemampuan untuk berpikir deduktif dan induktif. Berpikir deduktif artinya mampu bersikap rasional kepada pengetahuan ilmiah dan konsisten dengan pengetahuan yang telah dikurnpulkan sebelumnya. Ranah ini menuntut kita untuk berpikir secara sistematik dan kumulatif. Pengetahuan ilmiah disusun setahap demi setahap dengan menyertakan argumen-argumen yang logis. Ilmu ini berusaha menjelaskan objek yang berada dalam fokus penelaahan secara konsisten dan koheren dan rasional.

Pendekatan aksiologi dengan filsafat ilmu komunikasi

Aksiologi berasal dari bahasa Yunani. Istilah ini terdiri dari dua gabungan kata yaitu axios dan logos.  Axios berarti nilai, sedangkan logos bermakna ilmu atau teori. Jika diartikan keseluruhan maka artinya adalah "teori tentang nilai". Aksiologi adalah teori nilai yang berhubungan dengan kegunaan dari pengetahuan yang didapatkan. Ilmu ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu: pertama, moral conduct, yaitu tindakan moral yang melahirkan etika. Kedua, esthetic expression, atau ekspresi keindahan, Ketiga, sosio-political life, atau kehidupan sosial politik. Dari bahasan ketiga inilah lahir filsafat sosio-politik.

Aksiologi merubakan cabang filsafat yang berkaitan dengan etika, estetika, dan agama. Aksiologis merupakan bidang kajian filosofis yang membahas value (Litle John). Media sosial khususnya twitter dalam kajian aksiologis bahwa fungsi berita dilihat dan dititikberatkan pada suatu hiburan masyarakat. Sehingga para pengguna twitter yang sering melakukan pembaharuan informasi melalu tweet harus mampu menarik audiens dengan menampilkan sesuatu yang ringan seperti halnya candaan tweet atau sesuatu yang sedang hypening dan relate dengan kehidupan para audience di twittter.

Sehingga twitter pun mulai menargetkan untuk menaikan rating beritanya agar semakin banyak peluang mendapatkan jumlah followers yang banyak. Dengan kata lain, tweet akan bersifat ringan tanpa mengutamakan kepentingan masyarakat karena twitter merupakan sumber utama pada suatu berita.

bahwa aksiologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang nilai-nilai etika yang harus dimiliki seorang ilmuwan. Mempelajari bidang ilmu ini akan menjawab pertanyaan apa sebenarnya manfaat dari ilmu pengetahuan. Selain itu apa hubungan ilmu pengetahuan dengan kaidah-kaidah moral dan profesional jika dihubungkan dengan metode ilmiah.

Penutup

Kesimpulan

Dengan adanya Media yang belum matang dan pemanfaatan yang belum sejalan dengan penguasaan masayarakat menyebabkan kegagapan dalam penggunaan (McQuail, 2011:12). McQuail juga mengemukakan bahwa jika belum ada bentuk aplikasi yang sangat hebat dari interaksi seperti dalam jaringan. Kendati demikian, masyarakat juga bisa melihat dan memanfaatkan mesin aplikasi atau mesin pencari serupa yang berbasiskan media sosial. Kehadiran teknologi komunikasi berbasiskan internet di Indonesia berkembang dengan pesat.

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi ini beriringan dengan menjamurnya aplikasi-aplikasi media sosial. filsafat memiliki definisi berupa sejenis pengetahuan yang menyelidiki segala sesuatu secara mendalam, mulai dari ketuhanan, alam semesta, hingga manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai oleh akal manusia.  

Muhammad Mufid menjelaskan bahwa filsafat komunikasi adalah ilmu yang mengkaji setiap aspek dari komunikasi dengan menggunakan pendekatan dan metode filsafat sehingga didapatkan penjelasan yang mendasar, utuh, dan sistematis seputar komunikasi (Mufid, 2009).  Berdasarkan uraian di atas bisa disimpulkann bahwa filsafat komunikasi adalah suatu pengetahuan yang menelaah secara mendasar mengenai keilmuan komunikasi dari historisnya, teori-teorinya, metode-metodenya, prinsip-prinsip metodologi yang digunakan, sampai pada semua hal yang terkait pada cakupan komunikasi.

Epistemologis adalah perkembangan, ontologi adalah eksistensinya, dan aksiologi adalah nilainya pada suatu berita.  Dalam hal ini, kebutuhan untuk  mempengaruhi, kemampuan berbicara di ranah publik, penyebaran informasi, propaganda, adalah merupakan beberapa manfaat yang didapatkan dari pengaplikasian Ilmu Komunikasi. Secara pragmatis, aspek aksiologisnya mampu menjawab kebutuhan manusia.

Pada akhirnya aksiologi dianggap sebagai teori nilai. Dan dalam perkembangannya mampu melahirkan sebuah masalah yang berkaitan dengan kebebasan pengetahuan pada nilai. Inilah yang disebut sebagai netralitas pengetahuan  atau value free. Sementara itu ada jenis pengetahuan yang didasarkan pada keterikatan nilai atau disebut value bound. Dengan begitu kita dapat memilih mana yang lebih baik antara netralitas pengetahuan dan pengetahuan yang berkaitan dengan nilai.

Daftar Pustaka

https://www.researchgate.net/profile/Anshar-Daud/publication/303700414_FILSAFAT_MANAJEMEN_PEMASARAN_Kajian_Historis_dalam_Persfektif_Ontologi_Epistemologi_dan_Aksiologi/links/574e8beb08aec988526bcd1f/FILSAFAT-MANAJEMEN-PEMASARAN-Kajian-Historis-dalam-Persfektif-Ontologi-Epistemologi-dan-Aksiologi.pdf

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/viewFile/9881/9740

http://nuansakomunikasi.blogspot.com/2012/12/fenomena-media-online-dalam-perspektif.html?m=1

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun