Persiapan kerjaÂ
Â
Latihan yang nantinya akan diberikan kepada karyawan ataupun pegawai yang baru ketika bekerja adalah suatu pembekalan. Hal ini mereka mendapatkan suatu jabatan dalam pelaksanaan tugas yang akan diberikan kepada mereka nantinya dalam ruang lingkup pekerjaan tersebut.
Â
Pelatihan pelayanan
Â
Pelatihan ini diberikan guna bisa menjalankan suatu tugas dalam meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan yang akan diberikan.
Â
Pasca tugas pelatihan
Â
Hal ini diberikan oleh organisasi dengan tujuan untuk bisa memberikan dan juga membantu persiapan pegawai dalam menghadapi masa pensiun.
Â
Membahas mengenai preparing tentang seleksi karyawan.
Adanya sebuah evalusasi dan nantinya dilakukan suatu pengembangan pada karyawan.
Berikan suatu kompensasi dan proteksi pada.karyawan kerja
Mengeratkan hubungan Antara manajemen dengan karyawan.
TrainingÂ
Adanya manajemen pengembangan dirii
Penilaian kerja
Planning/Perencanaan
MSDM harus memiliki suatu planning guna bisa membantu pencapaian tujuan dari organisasi tersebut atau perusahaan yang nantinya akan ditetapkan di masa yang akan datang harus juga terdapat suatu pencapaian dan juga berapa pegawai yang akan dibutuhkan oleh perusahaan/organisasi seleksi pegawai dan lain sebagiannya. Sehingga fungsi dari perencanaan di sini yaitu.untuk bisa membuat perencanaan dalam permintaan tenaga kerja dan juga membuat analisis jabatan di dalam organisasi tersebut.
Penempatan staf yang sesuai pada organisasi.
Kebutuhan sumber daya mansuia pada perusahaan hal itu merupakan sesuatu yang pasti maka ketika sudah ditetapkannya suatu langkah bagaimana hal yang seharusnya dilakukan adalah mengisi "bangku" yang tersedia dalam perusahaan tersebut. mengenai hal ini akan adanya pengisian pada formasi yang kosong, sehingga perlu adanya recruitment anggota/seleksi calon karyawan.
Penilaian pada kinerja.
Pada tahapan ini penilaian pada kinerja juga sangat diperlukan bagi seorang tugas manajer, hal ini nantinya akan mempengaruhi suatu prestasi kerja. Adanya penilaian hasil kerja ini memiliki fungsi yang sangat penting karena bisa menilai seperti hasil kerja nyatanya seperti apa, lalu bisa menetapkan sebuah kualitas maupun kuantitas yang dimiliki oleh para staf nantinya dan juga bisa menetapkan sebuah rules maupun kebijakan pada perusahaan/organisasi dalam membuat keputusan nantinya. Bukan hanya itu ketika staf bisa memberikan prestasi kerja yang baik, nantinya akan bisa mendapatkan promosi ataupun balas jasanya akan mengalami kenaikan.
Evaluasi
Dalam poin perbaikan kualitas kinerja dan juga lingkungan kerja di sini yaitu terdapat suatu kegiatan yang strategis dalam manajemen sumber daya manusianya, yaitu melakukan pelatihan dan pengembangan SDM dulu juga perlu melakukan adanya evaluasi khususnya pada lingkungan kerja maupun kualitas kerja.
Menciptakan efektivitas dalam hubungan kerja
Mengenai hal ini perusahaan maupun organisasi akan memasuki tahapan dalam melakukan pembagian tugas kepada pekerja/pelamar, lalu adanya penentuan sebuah gaji dan memberikan sebuah faktor kenyamanan juga bagi pekerja di ruang lingkup organisasi/perusahaan nantinya. Dalam tahapan ini terdapat tiga proses yaitu:
Menjunjung tinggi hak-hak karyawan;
Adanya negoisasi dengan karyawan ketika melakukan penyampaian sesuatu;
Adanya penelitian terkait dengan manajemen sumber daya mansuai di perusahaan/organisasi.
MSDM menekankan pada organisasi/perusahaan untuk memiliki karyawan yang bermotivasi tinggi dan memiliki kinerja tinggi;Â
- Selalu memberikan sebuah support untuk semua aspek perusahaan/organisasi;
- Memberikan sebuah bantuan untuk adanya pengembangan karyawanl
- Menyediakan sebuah media komunikasi antar pekerja
Dari adanya tujuan MSDM ini artinya MSDM memiliki sebuah tujuan yang bisa memperbaiki kekurangan dari perusahaan sehingga nantinya bisa memberikan sebuah produktifitas bagi para pekerja, memberikan kualitas kerja yang baik dan juga bisa memberikan keyakinan pada perusahaan guna bsia memenuhi aspek yang baik dan legal dalam mencapai suatu visi misi.
Menetapkan program kesejahteraan promosi dan PHK;
Â
Menentukan suatu ruang lingkup kualitas lalu juga lokasi pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan ataupun organisasi berdasarkan deskripsi pekerjaan dan juga evaluasi pekerjaan;
Â
Mengajak setiap perubahan undang undang ketenagakerjaan dan kebijakan remunerasi untuk perusahaan yang sejenis;
Â
Menyelenggarakan pelatihan pendidikan dan sertifikasi pegawai;
Memanage sebuah pemindahan pegawai baik secara vertical ataupun horizontal
Terdapatnya sebuah kualitas kerja yang dilakukan oleh karyawan sehingga karyawan bisa meminimalisir sebuah kesalahan;Â
- Kuantitas kerja yang dimana menunjukan banyak/tidaknya pekerjaan yang diemban oleh karyawan
Â
- Karyawan bisa bertanggung jawab;
Â
- Karyawan bisa melakukan inisiatif dalam pekerjaannya;
Â
- Karyawan bisa bekerja sama dengan karyawan lainnya dalam mencapai tujuan perusahaan/organisasi
Â
- Ketaatan, yang dimana karyawan bisa memperlihatkan mengenai pekerjaannya.
Â
Karyawan bersedia memberikan kesetiaannya dalam pekerjaannya;Â
- Karyawan mampu meningkatkan prestasi kerjanya;
- Karyawan mampu memperlihatkan sikap kejujuran dalam melakukan pekerjaanya;
- Karyawan harus bisa disiplin;
- Karyawan harus bisa memberikan kreativitasnya dalam melakukan pekerjaannya;
- Ia mampu melakukan kerjasama bersama karyawan lainnya;
- Karyawan harus bisa memiliki sifat kepemimpinan juga sesuai dengan situasi dan kondisinya;
- Memiliki pengalaman;
- Prakarsa;
- Karyawan harus bisa memiliki kecakapan yang baik;
- Terakhir, karyawan harus bisa memiliki tanggung jawab dalam pekerjaannya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H