Mohon tunggu...
DIMAS MUHAMMAD ERLANGGA
DIMAS MUHAMMAD ERLANGGA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ketua Gerakan mahasiswa nasional Indonesia (GmnI) Caretaker Komisariat Universitas Terbuka
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Membaca Buku Dan Mendengarkan Musik

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop

Problematika Birokrasi dan Administrasi Pemerintah dalam UU "Omnibus Law" Cipta Kerja

10 Juli 2024   08:59 Diperbarui: 10 Juli 2024   08:59 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

UU Cipta Kerja, yang juga dikenal sebagai Omnibus Law, disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia pada tahun 2020. Tujuan utama undang-undang ini adalah untuk menyederhanakan regulasi dan mempercepat investasi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Namun, penerapannya memunculkan sejumlah problematika, terutama dalam bidang birokrasi dan administrasi pemerintahan.

### Kompleksitas dan Ketidakpastian Hukum

Salah satu masalah utama yang muncul adalah kompleksitas dan ketidakpastian hukum. UU Cipta Kerja mencakup perubahan pada banyak undang-undang yang sudah ada, yang memerlukan penyesuaian cepat dari berbagai instansi pemerintah. Hal ini menyebabkan kebingungan dalam penerapan peraturan baru, baik di tingkat pusat maupun daerah. Banyak pejabat pemerintah merasa kesulitan menafsirkan dan mengimplementasikan aturan-aturan baru yang sering kali tumpang tindih.

Ketidakpastian ini juga berdampak pada pelaku usaha yang harus beradaptasi dengan regulasi yang berubah-ubah. Mereka sering kali bingung tentang prosedur perizinan yang harus ditempuh, sehingga tujuan untuk mempercepat investasi justru terhambat oleh birokrasi yang tidak siap dan kurangnya sosialisasi mengenai aturan baru.

### Reformasi Birokrasi yang Belum Maksimal

UU Cipta Kerja seharusnya menjadi momentum untuk reformasi birokrasi, namun kenyataannya implementasi di lapangan belum maksimal. Salah satu tujuan dari undang-undang ini adalah untuk memangkas birokrasi yang berbelit-belit. Meskipun beberapa prosedur telah disederhanakan, banyak birokrasi masih berjalan lambat dan kurang efisien. Ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kurangnya kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia di pemerintahan.

Kurangnya pelatihan dan pembinaan bagi pejabat birokrasi menyebabkan mereka tidak siap menghadapi perubahan besar yang diusung oleh UU Cipta Kerja. Selain itu, resistensi dari birokrat yang merasa kehilangan wewenang dan kekuasaan juga menjadi hambatan signifikan dalam proses reformasi birokrasi ini.

### Sentralisasi dan Otonomi Daerah

UU Cipta Kerja juga menimbulkan isu terkait sentralisasi dan otonomi daerah. Sebelum undang-undang ini, Indonesia menganut sistem desentralisasi yang memberikan wewenang luas kepada pemerintah daerah. Namun, UU Cipta Kerja mengalihkan banyak wewenang tersebut ke pemerintah pusat, dengan alasan untuk menyederhanakan dan mempercepat proses perizinan dan investasi.

Hal ini memunculkan ketidakpuasan di kalangan pemerintah daerah yang merasa hak otonomi mereka dirampas. Konflik kepentingan antara pemerintah pusat dan daerah menjadi semakin intensif, menghambat koordinasi dan kerjasama yang seharusnya terjalin baik untuk mencapai tujuan bersama. Sentralisasi yang berlebihan juga dikhawatirkan dapat mengurangi akuntabilitas dan transparansi pemerintahan di tingkat lokal.

### Transparansi dan Akuntabilitas

Masalah transparansi dan akuntabilitas juga menjadi perhatian dalam penerapan UU Cipta Kerja. Meskipun undang-undang ini dirancang untuk menciptakan lingkungan investasi yang lebih kondusif, kurangnya transparansi dalam proses perizinan dan pengawasan dapat membuka celah untuk praktik korupsi dan penyalahgunaan wewenang. 

Pemerintah diharapkan dapat memperkuat sistem pengawasan dan memastikan bahwa setiap prosedur perizinan dilakukan secara transparan dan akuntabel. Tanpa langkah-langkah ini, tujuan baik dari UU Cipta Kerja untuk memperbaiki iklim usaha dan birokrasi justru bisa berbalik menjadi bumerang yang merugikan.

### Kesejahteraan Pekerja dan Perlindungan Sosial

Di sisi lain, UU Cipta Kerja juga memunculkan kekhawatiran terkait kesejahteraan pekerja dan perlindungan sosial. Banyak pihak mengkritik bahwa undang-undang ini lebih berpihak kepada investor dan pengusaha, sementara hak-hak pekerja diabaikan. Misalnya, pengaturan tentang pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dianggap lebih mudah dilakukan oleh perusahaan, serta pengurangan hak-hak karyawan kontrak.

Hal ini dapat menimbulkan ketidakpuasan dan protes dari kalangan pekerja yang merasa kesejahteraannya terancam. Pemerintah perlu menyeimbangkan kepentingan investasi dengan perlindungan terhadap hak-hak pekerja, agar UU Cipta Kerja benar-benar memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

### Kesimpulan

UU Cipta Kerja merupakan upaya ambisius untuk menyederhanakan birokrasi dan mempercepat investasi di Indonesia. Namun, pelaksanaannya menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam hal birokrasi dan administrasi pemerintahan. Kompleksitas hukum, kurangnya reformasi birokrasi yang efektif, isu sentralisasi versus otonomi daerah, serta masalah transparansi dan akuntabilitas merupakan problematika yang perlu segera diatasi.

Pemerintah perlu melakukan evaluasi dan penyesuaian secara terus-menerus untuk memastikan bahwa tujuan mulia dari UU Cipta Kerja dapat tercapai tanpa mengorbankan hak-hak dan kesejahteraan masyarakat. Dengan langkah yang tepat, UU Cipta Kerja dapat menjadi landasan bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun