Anak-anak muda sering dihadapkan pada banyak tantangan, seperti pendidikan, pekerjaan, dan partisipasi sosial. Mereka dapat menjadi kewalahan dan tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas yang ada jika mereka tidak memiliki manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu dapat didefinisikan sebagai suatu keterampilan yang ada pada diri seseorang dalam mengelolah waktunya. Yuan Xing dan Grace Ester (2022) menuliskan bahwa manajemen waktu ialah sebuah usaha yang dilakukan oleh setiap orang dalam menggunakan waktu sebaik mungkin untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan  sehingga usaha yang dilakukan oleh seseorang tersebut dapat berhasil dan memberikan keuntungan bagi dirinya. Oleh karena itu, sangat penting bagi generasi muda untuk memahami cara mengelola waktu mereka dengan baik sehingga mereka dapat mencapai tujuan dengan lebih mudah.
Manajemen waktu adalah kemampuan seseorang untuk mengatur dan memanfaatkan waktu mereka secara efektif untuk meningkatkan produktivitas, efektivitas, dan menyelesaikan tugas dengan cepat. Antonius Gea (2004) juga menyatakan, waktu adalah sumber daya yang berharga yang tidak dapat diganti oleh manusia untuk memutar kembali. Karena waktu adalah sumber daya yang terbatas dan tidak dapat direproduksi, sangat penting bagi generasi muda untuk mengetahui cara mengatur waktu. Artinya, waktu hanyalah ide yang mengukur bagaimana hal-hal terjadi di masa lalu, sekarang, dan masa lalu.
- Manfaat dari Manajemen Waktu
  1. Seseorang menjadi tepat waktu dan disiplin
    Untuk memanfaatkan waktu dengan baik, seseorang wajib menyiapkan urutan tugas apa yang ingin dikerjakan pada pagi hari         atau malam hari.
  2. Meningkatkan moral seseorang dan menjadi lebih percaya diri.
    Sebagai output dari manajemen yang baik, seorang akan menuntaskan tugas dalam waktu yang ditentukan dan menjadikannya        terdepan di antara anggota tim lainnya.
  3. Dapat mengurangi kadar stres dan kecemasan.
    Orang yang mampu menyelesaikan tugas dalam batas waktu, umumnya mengalami tingkat stres dan cemas yang lebih rendah         dibandingkan dengan yang lain. Sangat penting untuk tetap berkonsentrasi saat melakukan tugas, karena menunda-nunda            hanya akan sia-sia. Ketika tugas telah rampung, anda akan memiliki banyak waktu yang bisa dihabiskan bersama keluarga,           teman, dan orang-orang terdekat lainnya.
- Efek negatif jika manajemen waktumu tidak tepat
  1. Tidak Tepat Waktu
    Seseorang dengan keterampilan pengelolaan waktu yang lemah cenderung akan sering datang terlambat atau bekerja lebih lama      dari seharusnya. Jika keterlambatan ini terjadi berulang kali, hal itu hanya akan merusak pandangan rekan kerja dan atasan           terhadap dirimu.
  2. Mudah Stress
    Mengingat banyaknya tugas yang belum selesai, membuat diri merasa beban pikiran karena merasa kekurangan waktu setiap         hari. Oleh karena itu, mulailah untuk mendorong diri agar dapat menyelesaikan pekerjaan, sehingga segala sesuatunya bisa           kembali berjalan sesuai rencana.
  3. Mudah Sakit
    Tidak mempunyai waktu yang cukup untuk tidur dan tidak berolahraga mengakibatkan mudah stres dan akan mudah terserang       penyakit.
- Teknik Manajemen Waktu
  1. Membuat To-Do List
    Seorang akan membuat daftar seluruh tugas atau kegiatan yang wajib  diselesaikan pada waktu tertentu. Metode ini sangat            membantu untuk mengatur pekerjaan, menaruh prioritas dalam tugas atau kegiatan, dan memastikan bahwa tidak ada yang          terlupakan atau terlewatkan.
  2. Priority Scale
    Daftar yang dibuat mencakup ukuran kebutuhan seseorang. Biasanya, tindakan ini dimulai dari hal yang paling mendesak             terlebih dahulu. Hal ini dapat didukung dengan pembuatan kuadran skala prioritas.
  3. Stop doing List
    Membuat daftar hal-hal yang harus dihindari  akan membantu Anda lebih fokus pada aktivitas yang perlu Anda lakukan.
  4. GTD (Getting Things Done)
    Memasukkan semua tugas dan ide ke dalam sistem eksternal seperti daftar tugas, aplikasi digital, menjawab email, WhatsApp,        mengatur rapat, menulis buku, dll . Hal ini memungkinkan otak kita untuk fokus pada tugas yang ada tanpa pikiran-pikiran yang     mengganggu.
- Tips Meningkatkan Manajemen Waktu
  1. Menggunakan Teknik Pomodoro
    Bekerja selama 25 menit diikuti dengan istirahat 5 menit. Setelah empat sesi kerja, ambil istirahat lebih Panjang (15-30 menit).        Metode ini meningkatkan fokus dan produktivitas.
  2. Fokus pada kegiatan atau tugas yang harus diprioritaskan
    Kunci untuk mencapai efektivitas dan efisiensi dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Dalam dunia yang semakin sibuk     dan penuh tuntutan, kemampuan untuk menentukan mana yang paling penting untuk dikerjakan dapat mengurangi stres dan        meningkatkan produktivitas.
  3. Tinjau Kinerja dan melakukan evaluasi hal yang perlu diperbaiki.Â
     Proses penting dalam manajemen sumber daya manusia yang dimaksudkan untuk mengevaluasi seberapa baik seseorang atau         tim mencapai tujuan organisasi. Dengan melakukan evaluasi ini, organisasi dapat menemukan kekuatan dan kelemahan               karyawannya serta elemen-elemen yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan efisiensi kerja.
  4. Selesaikan tepat waktu tanpa adanya penundaan
    Keterampilan penting yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari.                   Kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik dan menyelesaikan tugas sesuai jadwal sangat penting untuk mencapai tujuan      pribadi dan profesional di dunia yang semakin cepat dan penuh tuntutan ini.
- Karakteristik Manajemen Waktu yang Sukses
  1. Melakukan Evaluasi terhadap pekerjaan
    Luangkan beberapa hari untuk mencatat berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mengerjakan tugas sehari-hari Anda.       Dengan melakukan evaluasi, Anda akan dapat menemukan pekerjaan mana yang Anda lakukan kurang maksimal.
  2. Rencana dan Prioritas
    Siapkan daftar pekerjaan setiap pagi dengan memanfaatkan aplikasi pengingat di smartphone. Dengan menandai tugas yang          telah diselesaikan setiap malam, Anda akan lebih mudah memantau perkembangan dan tetap bersemangat.
  3. Eliminasi Pencurian Waktu
    Semua jenis aktivitas yang mengganggu atau tidak produktif yang mengalihkan perhatian dari tugas utama. Dalam situasi seperti     ini, penting untuk memahami cara menemukan dan mengatasi hal-hal yang menyebabkan waktu yang berharga hilang.
  4. Katakan TIDAK
     Keahlian penting dalam prioritas dan pengaturan waktu. Dalam kehidupan sehari-hari, orang sering kali dihadapkan pada             berbagai permintaan dan tawaran, yang dapat membuat mereka kehilangan fokus pada tujuan utama mereka. Seseorang dapat         menghindari komitmen yang tidak perlu dengan belajar mengatakan "tidak" dengan sopan dan tegas. Ini akan memungkinkan        mereka mengalokasikan waktu dan tenaga untuk hal-hal yang lebih penting.
Keahlian penting dalam prioritas dan pengaturan waktu. Di dalam Bagi remaja, manajemen waktu adalah keterampilan penting untuk mengimbangi berbagai aktivitas dan tanggung jawab. Remaja dapat menjadi lebih produktif dan lebih tenang jika mereka mengikuti saran seperti membuat jadwal, memprioritaskan tugas, dan menghindari prokrastinasi. Mereka juga dapat lebih fokus pada hal-hal yang lebih relevan dengan belajar untuk mengatakan "tidak" terhadap komitmen yang tidak penting. Remaja dapat mencapai tujuan mereka dan menikmati kehidupan yang lebih seimbang dan memuaskan dengan manajemen waktu yang efektif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H