Mohon tunggu...
KANAYA AYU CANDRA SAFIRA
KANAYA AYU CANDRA SAFIRA Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA

HOBI HEALING

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Time Manajemen di Kalangan Generasi Muda

12 Desember 2024   22:27 Diperbarui: 12 Desember 2024   22:42 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

            Anak-anak muda sering dihadapkan pada banyak tantangan, seperti pendidikan, pekerjaan, dan partisipasi sosial. Mereka dapat menjadi kewalahan dan tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas yang ada jika mereka tidak memiliki manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu dapat didefinisikan sebagai suatu keterampilan yang ada pada diri seseorang dalam mengelolah waktunya. Yuan Xing dan Grace Ester (2022) menuliskan bahwa manajemen waktu ialah sebuah usaha yang dilakukan oleh setiap orang dalam menggunakan waktu sebaik mungkin untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan   sehingga usaha yang dilakukan oleh seseorang tersebut dapat berhasil dan memberikan keuntungan bagi dirinya. Oleh karena itu, sangat penting bagi generasi muda untuk memahami cara mengelola waktu mereka dengan baik sehingga mereka dapat mencapai tujuan dengan lebih mudah.

Manajemen waktu adalah kemampuan seseorang untuk mengatur dan memanfaatkan waktu mereka secara efektif untuk meningkatkan produktivitas, efektivitas, dan menyelesaikan tugas dengan cepat. Antonius Gea (2004) juga menyatakan, waktu adalah sumber daya yang berharga yang tidak dapat diganti oleh manusia untuk memutar kembali. Karena waktu adalah sumber daya yang terbatas dan tidak dapat direproduksi, sangat penting bagi generasi muda untuk mengetahui cara mengatur waktu. Artinya, waktu hanyalah ide yang mengukur bagaimana hal-hal terjadi di masa lalu, sekarang, dan masa lalu.

- Manfaat dari Manajemen Waktu

    1. Seseorang menjadi tepat waktu dan disiplin

        Untuk memanfaatkan waktu dengan baik, seseorang wajib menyiapkan urutan tugas apa yang ingin dikerjakan pada pagi hari                 atau malam hari.

   2. Meningkatkan moral seseorang dan menjadi lebih percaya diri.

        Sebagai output dari manajemen yang baik, seorang akan menuntaskan tugas dalam waktu yang ditentukan dan menjadikannya               terdepan di antara anggota tim lainnya.

   3. Dapat mengurangi kadar stres dan kecemasan.

        Orang yang mampu menyelesaikan tugas dalam batas waktu, umumnya mengalami tingkat stres dan cemas yang lebih rendah                 dibandingkan dengan yang lain. Sangat penting untuk tetap berkonsentrasi saat melakukan tugas, karena menunda-nunda                       hanya akan sia-sia. Ketika tugas telah rampung, anda akan memiliki banyak waktu yang bisa dihabiskan bersama keluarga,                      teman, dan orang-orang terdekat lainnya.

- Efek negatif jika manajemen waktumu tidak tepat

    1. Tidak Tepat Waktu

        Seseorang dengan keterampilan pengelolaan waktu yang lemah cenderung akan sering datang terlambat atau bekerja lebih lama           dari seharusnya. Jika keterlambatan ini terjadi berulang kali, hal itu hanya akan merusak pandangan rekan kerja dan atasan                      terhadap dirimu.

   2. Mudah Stress

        Mengingat banyaknya tugas yang belum selesai, membuat diri merasa beban pikiran karena merasa kekurangan waktu setiap                  hari. Oleh karena itu, mulailah untuk mendorong diri agar dapat menyelesaikan pekerjaan, sehingga segala sesuatunya bisa                      kembali berjalan sesuai rencana.

   3. Mudah Sakit

        Tidak mempunyai waktu yang cukup untuk tidur dan tidak berolahraga mengakibatkan mudah stres dan akan mudah terserang              penyakit.

- Teknik Manajemen Waktu

    1. Membuat To-Do List

        Seorang akan membuat daftar seluruh tugas atau kegiatan yang wajib  diselesaikan pada waktu tertentu. Metode ini sangat                        membantu untuk mengatur pekerjaan, menaruh prioritas dalam tugas atau kegiatan, dan memastikan bahwa tidak ada yang                    terlupakan atau terlewatkan.

   2. Priority Scale

        Daftar yang dibuat mencakup ukuran kebutuhan seseorang. Biasanya, tindakan ini dimulai dari hal yang paling mendesak                         terlebih dahulu. Hal ini dapat didukung dengan pembuatan kuadran skala prioritas.

   3. Stop doing List

        Membuat daftar hal-hal yang harus dihindari  akan membantu Anda lebih fokus pada aktivitas yang perlu Anda lakukan.

   4. GTD (Getting Things Done)

        Memasukkan semua tugas dan ide ke dalam sistem eksternal seperti daftar tugas, aplikasi digital, menjawab email, WhatsApp,               mengatur rapat, menulis buku, dll . Hal ini memungkinkan otak kita untuk fokus pada tugas yang ada tanpa pikiran-pikiran yang          mengganggu.

- Tips Meningkatkan Manajemen Waktu

    1. Menggunakan Teknik Pomodoro

        Bekerja selama 25 menit diikuti dengan istirahat 5 menit. Setelah empat sesi kerja, ambil istirahat lebih Panjang (15-30 menit).               Metode ini meningkatkan fokus dan produktivitas.

   2. Fokus pada kegiatan atau tugas yang harus diprioritaskan

        Kunci untuk mencapai efektivitas dan efisiensi dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Dalam dunia yang semakin sibuk         dan penuh tuntutan, kemampuan untuk menentukan mana yang paling penting untuk dikerjakan dapat mengurangi stres dan                meningkatkan produktivitas.

    3. Tinjau Kinerja dan melakukan evaluasi hal yang perlu diperbaiki. 

         Proses penting dalam manajemen sumber daya manusia yang dimaksudkan untuk mengevaluasi seberapa baik seseorang atau                tim mencapai tujuan organisasi. Dengan melakukan evaluasi ini, organisasi dapat menemukan kekuatan dan kelemahan                             karyawannya serta elemen-elemen yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan efisiensi kerja.

   4. Selesaikan tepat waktu tanpa adanya penundaan

        Keterampilan penting yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari.                                     Kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik dan menyelesaikan tugas sesuai jadwal sangat penting untuk mencapai tujuan            pribadi dan profesional di dunia yang semakin cepat dan penuh tuntutan ini.

- Karakteristik Manajemen Waktu yang Sukses

    1. Melakukan Evaluasi terhadap pekerjaan

        Luangkan beberapa hari untuk mencatat berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mengerjakan tugas sehari-hari Anda.              Dengan melakukan evaluasi, Anda akan dapat menemukan pekerjaan mana yang Anda lakukan kurang maksimal.

   2. Rencana dan Prioritas

        Siapkan daftar pekerjaan setiap pagi dengan memanfaatkan aplikasi pengingat di smartphone. Dengan menandai tugas yang                   telah diselesaikan setiap malam, Anda akan lebih mudah memantau perkembangan dan tetap bersemangat.

    3. Eliminasi Pencurian Waktu

        Semua jenis aktivitas yang mengganggu atau tidak produktif yang mengalihkan perhatian dari tugas utama. Dalam situasi seperti          ini, penting untuk memahami cara menemukan dan mengatasi hal-hal yang menyebabkan waktu yang berharga hilang.

    4. Katakan TIDAK

         Keahlian penting dalam prioritas dan pengaturan waktu. Dalam kehidupan sehari-hari, orang sering kali dihadapkan pada                         berbagai permintaan dan tawaran, yang dapat membuat mereka kehilangan fokus pada tujuan utama mereka. Seseorang dapat                menghindari komitmen yang tidak perlu dengan belajar mengatakan "tidak" dengan sopan dan tegas. Ini akan memungkinkan              mereka mengalokasikan waktu dan tenaga untuk hal-hal yang lebih penting.

Keahlian penting dalam prioritas dan pengaturan waktu. Di dalam Bagi remaja, manajemen waktu adalah keterampilan penting untuk mengimbangi berbagai aktivitas dan tanggung jawab. Remaja dapat menjadi lebih produktif dan lebih tenang jika mereka mengikuti saran seperti membuat jadwal, memprioritaskan tugas, dan menghindari prokrastinasi. Mereka juga dapat lebih fokus pada hal-hal yang lebih relevan dengan belajar untuk mengatakan "tidak" terhadap komitmen yang tidak penting. Remaja dapat mencapai tujuan mereka dan menikmati kehidupan yang lebih seimbang dan memuaskan dengan manajemen waktu yang efektif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun