Belum lama ini saya agak kaget juga, aslinya gak kaget, cuma drama saja karena hal macam begini sudah sejak zaman bahola ada. Kata "kaget" sekedar buat membuka naskah gak penting ini agar terkesan impresif. Ah, apa itu impresif? Gak tahu juga. Googling aja sendiri, ribet amat sih.
Kembali ke haluan. Kemarin kita sudah cukup kenyang dengan segala macam pertunjukan sosial di media sosial. Pernah naiknya tagar #sayNoToPrank  yang membela kehormatan abang-abang ojol. Yang selama ini jadi korban kamera tersembunyi para YouTubers demi mendulang pundi-pundi uang adsense.Â
Beberapa waktu lalu memang marak konten dari kreator yang mengerjai tukang ojek. Narasinya selalu sama. Gak beda. Monoton dan itu-itu saja. Pesan makanan yang harganya mahal, lobster atau pizza. Atau Indomie mungkin, Indomie bertopping emas, kalau ada.Â
Jangan Tanya saya, saya bukan yang selalu pesan makanan via Go food. Pesennya banyak sampe berjuta-juta. Tahu gak sih padahal ongkirnya sangat gak sebanding. Kadang cuma goceng malah.Â
Aduh untung apa sih pak...? Kemudian setelah makanan dipesan, setelah Abang ojol yang baik hati telah berpeluh-peluh menerjang terik siang matahari Jakarta yang panasnya mungkin lima kali lipat matahari Wonosobo. Maaf yang terakhir ini spekulasi, soalnya saya belum pernah ke Jakarta. Gak tahu juga padahal matahari dimana-mana juga sama. Ya yang itu tuh, di atas sana.
Ini sampai kemana sih ceritanya? Oh iya, setelah Abang ojol memesan makanan dan sampai di depan alamat yang dituju di map. Sudah sesuai alamat dan sesuai aplikasi. Tapi lantas sang konten kreator ini melakukan hal yang kejam.Â
Mengcancel pesanan! Membatalkan pesanan yang sudah dipesan. Padahal ini mahal loh pesanannya saudara-saudara... Beda kalau cuma pesan ayam geprek sepuluh ribu. Pesan pas jam makan siang lagi. Kebetulan dong, tinggal dimakan sendiri aja, lagian juga udah lapar. Gak usah repot-repot balik lagi ke warteg dan harus antri lagi.
Yups, dan disinilah pertunjukan dimulai. Show time. Tirai merah dibuka. Dan drama dimulai. Yang paling ditunggu tentu reaksi Abang ojolnya. Apakah menangis? Apakah diam seribu bahasa? Apakah merenung dan menundukkan kepala? Ataukah mungkin sang Abang ojol akan bilang, "ah mungkin ini bukan rejeki dia.Â
Lagian saya lagi pengen mukbang lobster dan buat konten YouTube juga. Siapa tahu banyak yang nonton." Ternyata Abang ini selain berprofesi sebagi ojol juga seorang food vloger. Jadinya pesenan yang dibatalkan siang itu justru mendatangkan berkah lain.Â
Satu konten baru dengan 5 juta viewers khas kanal Tanboy Kun. Ah, tapi yang terakhir itu gak mungkin ya. Karena hanya ada dalam imajinasi saya. Yang jelas gak bakal ada plot twist karena video macam begini tak dibuat oleh Christopher Nolan, maupun Bong Jon Hoo.Â
Endingnya adalah setelah cukup puas merekam tangisan bapak ojol, sang konten kreator akan muncul sebagai pahlawan kesiangan. Orderannya dibeli atau segala macam.Â
Bahkan dikasih uang tip segala macam. Dia akan minta maaf dan bilang ini hanya prank. Selesai... Dan kita yang nonton gak dapat apa-apa. Malah rugi karena kuota mipit yang sedianya buat kirim whatsap harus mubazir sia-sia. Eh, tapi maaf. Ralat. Bukan kita. Karena saya gak ikut nonton.
Dan ternyata video macam begitu dulu begitu laku. Konon katanya ada yang bahkan sampai hampir lima juta kali ditonton. Gila gak sih, dengan penonton segitu, kalau dikumpulkan itu orang semua. Butuh lima puluh stadion Wembley di Inggris dengan penonton yang full semua gak sih...Â
Kampanye presiden Jokowi aja yang di GBK paling ditonton sama live penonton berapa sih, 80.000 ada ya? Terus akhirnya, Itu dapat duit dari adsense nya yakin gak bakalan sebanding dengan modal yang dikeluarkan.
Bagaimanapun juga konten macam begitu akhirnya hanya mengundang simpati. Ada yang bilang, "Ya kasihan dong bapak ojolnya. Yah kasian dong jangan mempermainkan profesi dia. Konten yang lebih berguna ada gak sih." Dan bla-bla-bla.Â
Banyak kok sebetulnya konten yang bagus di YouTube, yah kayak Dude Perfect misalnya menurutku. Tapi terlalu banyak dari kita hanya nonton video unfaidah. Dan mengesampingkan yang berfaidah. Konten yang bagus malah jarang laku.
Dan akhirnya, banyak yang mengecam konten prank macam itu. Contoh saja Reza Oktavian, yang akhirnya dapat pujian dia. ini semacam bom atom gak sih? Yang memancing reaksi berantai dari... gak tahu ding.Â
Bukan pakar fisika. Yah, well... Walau gak menafikan juga banyak yang nonton konten prank karena penasaran, walau mungkin gak sampai selesai. Karena berbagai hal. Salah satunya faktor kuota mungkin.
Kembali ke inti tulisan ini. Apa yang sebenarnya ingin saya tulis? Gak ada. Cuma curhat saja. Cerita semacam ini sebenarnya sudah ada dari dulu. Seperti saya singgung diatas. Sudah gak kaget.Â
Dulu juga biasa orang menjual adegan tangis macam bapak ojol. Kalau dulu adanya di televisi. Di acara macam uang kaget. Bedah rumah. Mikrophon pelunas utang. Dan lain-lain. Itu sebenarnya sama saja kali?
Yah bukannya saya bermaksud mengkritik. Soalnya saya juga belum bisa ngasih uang sebanyak itu seperti kalian. Tapi kasihan gak sih ada orang dikasih uang sepuluh juta, terus disuruh ngabisin dalam waktu satu jam.
Disuruh lari-lari sama teriak-teriak. Beli ini itu sambil buru-buru. Yah gak sih, kalau mau kasih ya kasih aja jangan dibatasi waktu. Untung beliau orang gak punya. Jadi mau aja dikasih.Â
Coba kalau yang dikasih itu Michael Hartono bos bank BCA itu. Mungkin beliau bakalan bilang, "kamu niat ngasih uang gak sih? Mau perusahaan televisi kamu saya beli, terus divisi tim kreatif sama tim produksi acara Uang Kaget saya pecat semua?" Ups, drama banget.
Dan ternyata salah satu keluarga saya adalah penggemar berat acara macam begitu. Selalu duduk manis melihat acara Bedah Rumah dan yang se genre dengannya. Ibu saya juga bakalan terharu dan ikut menangis saat aktor utama dalam reality show itu terisak sedih.
Cuma saran saya, terserah mau gimana. Tapi mbok ya drama menjual kepedihan orang itu jangan berakhir di keuntungan konten kreator semata. Itu intinya. Kan namanya simbiosis parasitisme.Â
Kalau dramanya sudah berakhir, giliran konten kreator dapat banyak harta. Mandi uang. Lah yang dijadikan objek konten malah dilupakan. Entah itu di televisi ataupun di YouTube.Â
Atau bahkan di artikel-artikelnya Tribunnews.com dan seluruh kroninya yang daripada mbahas reuni 212. Atau mbahas resep masakan. Niat gak sih, Tribunnews kok mbahas resep sama lirik lagu?
Cobalah tengok kisah pak Ryan Arebuabo dari Filipina. Beliau ini sakit. Jadi kondisi ekonomi beliau lagi kurang bagus. Beliau ini dulu viral gegara seseorang lihat beliau pas lagi makan di restoran sama anaknya. Beliau gak makan agar anaknya bisa makan. Ada seseorang yang mengekspose kejadian tersebut. Membagikannya di jagat maya.Â
Imbasnya banyak orang jadi peduli dan buatin rekening untuk donasi. Sekarang akhirnya beliau bisa jualan dan mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.Â
Minimal kalau pergi ke restoran itu lagi, udah bisa makan bareng sama anak beliau. Gak cuma sekedar menunggu anak kesayangan selesai makan dengan perut belaiu yang masih terasa lapar. Kalau gitu kan gak jadi konten drama.
Membantu orang itu tak perlu orang lain tahu. Yang penting bagaimana yang dibantu bisa merasakan manfaatnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H