"Hak untuk mencari kebahagiaan adalah salah satu dari tiga hak asasi manusia yang tidak bisa diingkari," kata seorang bapak pendiri Amerika Serikat pada tahun 1776. Saya dan mungkin manusia hidup di era pra modern hingga saat ini atau pascamodern mendeklarasikan kemudahan transaksi tanpa mengantongi sejumlah uang adalah sebagian dari hak kebahagiaan kami.Â
Setiap waktu manusia memiliki langkah kecil yang nantinya akan membuat proyek besar sehingga mengubah standar manusia. Dimulai saat itu, keinginan melakukan akses yang memudahkan kita melakukan pendanaan tanpa ada batasan waktu dan dapat dengan cepat dilakukan menjadi bagian langkah kecil membentuk suatu imajiner.Â
Langkah kecil yang berupa imajiner telah berkembang menjadi proyek besar yang terealisasikan. Â Proyek yang diakui efisien dan telah diciptakan di tengah zaman modern ini adalah PT Rintis Sejahtera yang bergerak di bidang komunikasi pada tahun 1991 dengan menggunakan satelit VSAT.Â
Pada tahun 2000, PT Rintis sejahtera kembali menumbuhkan imajiner ke realitas dengan menambah proyek baru sebagai perusahaan switching yang dipercaya oleh Indonesia dan bekerja sama dengan bank BCA untuk menambahkan proyek di era modern ini. Inilah kemajuan yang diinginkan manusia modern untuk mendapatkan hak bahagianya.
Wujud Ideal Jaringan Prima Terhadap Modernitas
Setelah tidur menelungkup dari rahim seorang ibu, manusia sudah memiliki perjanjian besar mengenai perkembangan zaman. Sepuluh jemari yang masih rentan itu telah menandatangani perjanjian terhadap dunia modern yang berkembang tanpa ada batasannya. Sadar atau tanpa sadar hal itu telah kita setujui untuk mengatur kehidupan sebelum kita lahir  hingga dibawa sampai mati.
Perjanjian modernitas terjadi karena adanya penolakan keyakinan tentang rencana jagat raya untuk tidak mempercayai sebuah tujuan, melainkan mempercayai sebab dari terciptanya perjanjian tersebut. Di sisi lain, manusia di modernitas tidak dihalangi oleh apa pun, tetapi bila kita memahami bagaimana caranya.
Berkat tumbuhnya keinginan manusia  dengan kemampuannya, kita telah dimudahkan dalam pendanaan yang begitu praktis sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Modernitas menumbuhkan makna bahwa jaringan prima adalah manifestasi pendanaan yang sangat dipercayai.
Modernitas yang membawa jaringan prima bertemu dengan kita. Dengan melakukan tugasnya untuk memudahkan kita mengikuti perjanjian modernitas tanpa perlu ketakutan dan kecemasan. Dengan adanya layanan Interkoneksi Transfer, nasabah bank mendapatkan tambahan kemudahan dalam melakukan transfer melalui ATM yang tersebar 120.000 di seluruh Indonesia ke rekening Bank manapun yang terhubung di jaringan ATM PRIMA. Untuk mengakses pun kita hanya dimudahkan dengan menemukan logo dengan warna biru dan bertulisan prima di mesin ATM atau kartu debit kita.
Wujud ideal dari layanan jaringan prima dibuktikan dengan banyaknya pembaruan layanan dalam bentuk elektronik. Hal ini yang membuat saya menganggap simbol modernitas sangat cocok terhadap jaringan prima.Â
Bukan hanya memudahkan dengan logo birunya untuk membuat manusia modern memindahkan jumlah digit angka untuk melakukan pertukaran transaksi dengan jarak jauh dan kapanpun tanpa ada batasan waktu, tetapi pembaruan layanan yang setiap saat selalu berguna untuk kita yang menandatangani perjanjian terhadap modernitas.
Terdapat lima layanan jaringan prima yang terus mengalami pemburuan modern dengan melakukan peningkat produk agar kita mampu mengimbangi tuntutan ekonomi yang bergerak tumbuh. Produk tersebut diantaranya;
- Prima ATM
- Prima Debit
- Â Prima Payment Solution
- Transaksi Internasional
- Top Up Uang Elektronik.
Kemajuan yang dilakukan jaringan prima mampu meyakinkan masyarakat di Indonesia---termasuk saya---untuk semakin mempercayai masa depan tanpa ada kecemasan saat mengetahui bahwa perjanjian modernitas memang tidak bisa dihentikan dengan menggunakan rem apa pun.
Jaringan Prima Membangun Kultur Simbolis "Modernitas"
Untuk membangun kultur simbolis bukan dari konfigurasi tingkah laku yang dipelajari dan setelah itu akan diwarisi oleh anggota selanjutnya. Menurut saya, kultur itu dapat diciptakan jika berkaitan dengan sebuah organisasi atau perusahaan. Terbentuknya kultur pada perusahaan semuanya itu berasal dari pendiri perusahaan itu sendiri sehingga cikal bakal kultur tersebut dapat diwarisi hingga era selanjutnya.
Kultur menurut KBBI adalah kebudayaan. Sedangkan melansir dari  Yuval noah Harari di dalam buku Homodeus (2015:68), "Masing-masing dan setiap orang dari kita dilahirkan dalam sebuah realitas historis tertentu, yang diatur dengan norma-norma dan nilai-nilai tertentu, serta dikelola oleh suatu sistem ekonomi dan politik yang unik." Hakekatnya setiap organisasi juga dilahirkan sesuai dengan yang seperti tulisan dari penulis Yuval Noah Harari bahwa mereka diatur oleh norma dan nilai, begitu juga yang mengelola jaringan prima.Â
Dalam kultur perusahaan pun selalu terdapat nilai yang pasti memiliki simbol tertentu sebagai identitas suatu perusahaan. Jaringan prima memiliki logo tersebut dengan nilai yang mampu mewujudkan simbol kultur perusahaan yang layak terhadap modernitas. Oleh karena itu, mengingat budaya merupakan gejala sosial-budaya, tak mengherankan jika kultur perusahaan "diciptakan" oleh si pendiri perusahaan berdasarkan latar belakang sosial-budayanya (Wibowo, Wahyu, 2005:49).
Kesesuaian jaringan prima terhadap modernitas terjadi karena lima makna logo dari prima yang mencerminkan kemodernan melalui layanan yang telah mereka kembangkan. Menurut saya, jaringan prima bukan hanya sekadar menggantung visi, tetapi nilai dari logo prima memiliki unsur yang sesuai seperti yang dikatakan oleh Koentjaraningrat---WW menyatakan bahwa wujud kebudayaan memiliki unsur cipta, unsur rasa dan unsur etika. Ketiga unsur itu melekat sekali terhadap simbol Prima. Berikut ini memaknai dari simbol prima yang melekat dengan modernitas:
- Placing the interest of the one we serve first Â
P dari logo PRIMA sangat begitu sederhana. Menempatkan minat pelayanan menjadi satu-satunya yang terpenting, dimana kita yang        menandatangani perjanjian modernitas tanpa perlu merasa takut akan pelayanan tidak memuaskan, sebab jaringan prima benar-benar menepati janjinya.  Nilai ini sangat melekat pada fitur layanan di Prima ATM, sebab lebih 120.000 atm tersebar di seluruh Indonesia, sehingga kita bisa dilayani dengan baik selama 24 jam oleh jaringan prima.
- Renew our commitment for outstanding quality in everything we do on daily basis
R dari logo PRIMA ini menempatkan komitmen sebagai kualitas jaringan prima terhadap nasabahnya. Pembaruan ini saya lekatkan dengan fitur prima debit. Logo prima telah berubah dari berwarna hijau hingga berwarna biru, tetapi perpindahan logo itu tidak membawa prima menurunkan komitmennya dalam kualitas. Komitmen logo memang berubah, tetapi nilai ekstrinsik yang dipercayai masyarakat modern tidak berubah untuk menganggap debit prima memudahkan mereka berbelanja tanpa harus mengantongi uang rupiah. Di debit Prima, terdapat 14 acquirer EDC dan 60 issuer bank yang terhubung dengan jaringan prima.
- Inspire, innovate and empower teamwork
Inspire dari logo PRIMA merupakan nilai terpenting di era modern yang lebih menginginkan kemudahan dalam melakukan pembayaran dimanapun. Jaringan prima benar-benar mampu menguasai transaksi dalam sektor internasional. Transaksi internasional dapat bertransaksi Tarik Tunai dan Cek Saldo di negara Malaysia (MEPS), Thailand (ITMX), Korea Selatan (KFTC).
- Make triumph happens
Tujuan huruf MÂ dari logo PRIMA, dimaknai bahwa membuat keberhasilan bagi jaringan prima itu begitu sangat mudah. Pada nilai ini, saya menemukan keberhasilan prima dalam pembayaran untuk pendidikan, e-commerce, asuransi, multifinance, transportasi, real estate, pendidikan, entertainment, internet and paid tv, tours and travel, dan telekomunikasi. Pembayaran tersebut kita dapatkan pada fitur payment solution. Salah satu produk Jaringan PRIMA yang menawarkan sistem pembayaran online bagi perusahaan yang ingin memberikan kemudahan layanan pembayaran bagi pelanggannya melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, Teller, dan PPOB yang telah terhubung dengan Jaringan PRIMA.
- A continous quest for the highest standard of integrity in everything we do
"Melalui kerja sama ini, Jaringan PRIMA berkomitmen untuk mendukung strategi kolaborasi OVO dalam meningkatkan layanan transaksi elektronik pengguna OVO secara aman, nyaman dan efisien dengan tingkat layanan yang tinggi".Â
Lantas, apa lagi yang diragukan dengan nilai dari perusahaan jaringan prima yang benar-benar mendukung layanan transaksi digital di era modern ini?
Semua nilai yang terkandung dari logo Placing, Renew, Inspire, Make triumph, dan A continous di jaringan prima memiliki unsur-unsur yang dilansir oleh Koentjaraningrat---WW Â dimana rintis sejahtera menggunakan nalar untuk menimbulkan ilmu atau teknologi, kepercayaan nasabah bahkan mitra bank atau non bank membuat nilai indah, dan terakhir yang dilakukan oleh rintis sejahtera menimbulkan kebaikan yang mana manusia yang menandatangani perjanjian modernitas tidak mengalami rasa cemas dan takut akan era di depan mereka.
Berikut ini skema yang saya berikan akan alasan modernitas lekat dengan jaringan prima.Â
Gambar dari infografis milik pribadi
Kemudahan menggunakan jaringan prima membawa hak kebahagiaan untuk kita di era modern ini. Melansir dari halaman detik.com oleh Martinus Robert Winata, Kasubdiv Perbankan Elektronik BCA pada sebuah kesempatan Media Gathering yang digelar BCA dan PT. Rintis Sejahtera mengatakan bahwa, "Kita bekerjasama dengan PRIMA untuk memudahkan nasabah kita dan nasabah non BCA untuk melakukan transaksi. Saat ini ada 3 fitur yaitu tarik tunai, cek saldo dan transfer. Transaksi yang paling banyak adalah transaksi transfer."
Apalagi yang harus ditunggu untuk menyimpulkan bila memang jaringan prima memiliki visi dan misi yang begitu lekat dengan modernitas. Inilah mengapa 80 mitra bank ---dan saya---atau mungkin lebih dari itu mempercayai untuk menandatangani perjanjian modernitas dengan prima. Karena jaringan prima adalah simbolisme modernitas.
Segala hal pasti mudah untuk saat ini, dan kemudahan hanya bisa dipakai dengan layanan prima yang selalu memegang keteguhan nilai dari logo mereka. Lantas apalagi yang harus ditunggu bila modernitas sudah tidak mampu direm dengan cara apa pun, kecuali kita yang menyesuaikan. Penyesuaian tersebut hanya dengan jaringan prima, dan kita menggantungkan perjanjian modernitas hanya dengan jaringan prima.
Berikut ini infografis yang saya buat untuk memudahkan kita sebagai manusia modern mengenal modernitas yang begitu lekat dengan jaringan prima.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H