Mohon tunggu...
Junika Napitupulu
Junika Napitupulu Mohon Tunggu... Guru - Guru

Sedang belajar jadi seorang penulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antar Materi Modul 3.2

16 Mei 2023   14:44 Diperbarui: 16 Mei 2023   14:51 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.2

Salam Guru Penggerak !
Koneksi Antar Materi Modul 3.2 ini membuat kesimpulan dan mengoneksikan materi yang ada di dalam modul ini dengan materi lainnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.

  1. Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan 'Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya' dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.

Jawaban:

Pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya merupakan seorang pemimpin / guru  yang mampu menggunakan atau memberdayakan aset atau sumber daya  yang ada di lingkungan sekolah yang nantinya akan dapat menggali potensi setiap warga sekolah. 

a.Implementasi di dalam Kelas

  1. Menggunakan sarana dan prasarana yang ada di dalam kelas seperti kursi, meja, papan   tulis, dll dengan baik.

  2. Membangun hubungan yang baik antara siswa dengan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran.

  3. Membangun hubungan yang baik dengan guru sebagai wali kelas untuk menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan dalam belajar

  4. Mengelola uang kas kelas dengan baik untuk kebutuhan bersama di kelas

  5. Mengajak siswa untuk lebih meningkatkan ilmu pengetahuan dengan membaca buku yang ada di pojok baca kelas

  6. Menuntun dan mendidik siswa dalam mengoptimalkan potensi dan kreativitas masing-masing

b.Implementasi di Sekolah

  1. Menggunakan sarana dan prasarana yang ada di sekolah dengan baik.

  2. Membangun hubungan yang baik antara setiap warga sekolah

  3. Meningkatkan potensi dan kreativitas siswa menggunakan sumber daya yang ada di sekolah

  4. Memanfaatkan perpustakaan sebagai penunjang sumber belajar siswa

c.Implementasi di Lingkungan Masyarakat Sekitar Sekolah

  1. Membina kerja sama dengan masyarakat sekitar sekolah untuk mengontrol siswa yang keluar dari lingkungan sekolah saat jam belajar

  2. Menggunakan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar sekolah untuk menunjang proses belajar

  3. Membina kerja sama dengan kepolisian dan TNI yang ada di lingkungan sekolah untuk memberikan penyuluhan dan arahan kepada siswa di sekolah

  4. Memanfaatkan aset kebudayaan yang beragam yang ada di lingkungan sekolah untuk menunjang kegiatan pembelajaran

2.Jelaskan dan berikan contoh bagaimana hubungan pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas.

Jawaban: 

Ada 7 modal aset yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran menjadi berkualitas, yakni modal manusia, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal sosial, modal agama dan budaya, modal finansial, dan modal politik.

Contoh pengelolaan sumber daya akan meningkatkan kualitas pembelajaran

Saat suatu sekolah akan menggelar gelar kegiatan Pentas Seni. Aset-aset yang dapat digunakan yakni : 

a.Modal Manusia

Kegiatan Pagelaran pentas seni akan terlaksana dengan baik melalui kolaborasi antara warga sekolah seperti kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa

b.Modal Fisik

Kegiatan pagelaran pentas seni dapat menggunakan fasilitas yang ada di sekolah seperti lapangan upacara, microphone dan speaker sekolah, meja, kursi dan lain-lain

c.Modal Lingkungan/Alam

Siswa bisa menggunakan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar untuk membuat suatu produk yang dapat digunakan saat kegiatan pentas seni

d.Modal Sosial

Adanya rasa peduli, saling bekerja sama merupakan modal sosial yang dapat bermanfaat untuk menunjang terlaksananya kegiatan pentas seni

e.Modal Agama dan Budaya

Pagelaran seni dengan menampilkan tarian atau lagu daerah daerah rasa toleransi antar umat beragama merupakan modal yang bermanfaat saat mengadakan kegiatan pentas seni

f.Modal Finansial

Pelaksanaan kegiatan pentas seni dapat memanfaatkan modal finansial yang ada di sekolah seperti BOS, OSIS dan lain-lain

g.Modal Politik

Mendapatkan dukungan dari orangtua atau pun perangkat desa dan lain-lain untuk mendukung kegiatan

3.Berikan beberapa contoh bagaimana materi ini juga berhubungan dengan modul lainnya yang Anda dapatkan sebelumnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.

Jawaban: 

1.Keterkaitan Modul 3.2. dengan Modul 1

Pemimpin pembelajaran perlu melakukan Pendekatan berbasis aset/kekuatan akan mendukung terciptanya pembelajaran yang berpihak kepada siswa sehingga potensi siswa akan tergali secara maksimal. Modul 3.2 ini membekali seorang pemimpin pembelajaran untuk mampu mengidentifikasi, mengelola dan memanfaatkan aset yang ada di sekolah maupun lingkungan sekolah dalam kegiatan pembelajaran, untuk mencapai visi sekolah yang diimpikan, dan dapat sehingga tercipta budaya positif di lingkungan sekolah

2.Keterkaitan Modul 3.2. dengan Modul 2

Modul 3.2. Tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya akan membekali guru dalam mengidentifikasi dan memanfaatkan aset ataupun sumber daya yang ada di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah sebagai sarana pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran yang berdiferensiasi, pembelajaran yang terintegrasi sosial emosional dan melakukan coaching dengan sesama warga sekolah dalam menanfaatkan aset yang ada di sekolah atau pun lingkungan sekitar sekolah

3.Keterkaitan Modul 3.2. dengan Modul 3.1.

Modul 3.2. tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya akan membekali guru dalam pemimpin pembelajaran dalam membuat suatu keputusan yang tepat dan bertanggung jawab mendukung peran seorang guru/kepala sekolah untuk membuat suatu keputusan 

4.Ceritakan pula bagaimana hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.

a.Pemahaman sebelum Mempelajari Modul 3.2.

Sebelum mempelajari modul 3.2. Saya hanya mengetahui jika aset itu hanya barang berharga seperti tanah, gedung yang lainnya. Saya juga belum paham tentang pembagian aset yang terdiri atas 7 modal utama.

b.Pemahaman setelah Mempelajari Modul 3.2.

Setelah mempelajari modul 3.2. Saya menjadi paham bahwa bukan hanya berharga saja yang termasuk aset, akan tetapi pembagian aset ternyata terdiri atas 7 modal utama, yakni modal manusia, fisik, lingkungan/alam, sosial, agama & budaya, finansial, dan politik. saya menjadi paham tentang pendekatan-pendekatan yang digunakan untuk merencanakan suatu kegiatan, yakni pendekatan berbasis aset dan pendekatan berbasis kekurangan, dan pendekatan yang paling baik digunakan yaitu pendekatan berbasis aset

c.Pemikiran yang Berubah

  1. Seorang pemimpin tentunya perlu mengidentifikasi dan mengelola aset yang ada secara efektif dan efisien

  2. Pendekatan yang paling baik digunakan sebelum merencanakan suatu kegiatan adalah pendekatan berbasis aset 

  3. Potensi dan sumber daya yang ada di ada dilingkungan sekitar ternyata bisa dimanfaatkan sebagai sara pendukung kegiatan pembelajaran

SALAM DAN BAHAGIA !!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun