Mohon tunggu...
Jumari Hammasa
Jumari Hammasa Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 1 Sebatik Barat

Seorang Ibu dari seorang puteri, hobbi memasak dan mencoba memaksimalkan potensi lewat menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi Antarmateri Modul 3.3 pada Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10

16 Oktober 2024   11:19 Diperbarui: 16 Oktober 2024   11:41 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

NAMA: JUMARI, S.S
 CGP ANGKATAN 10
 SMP NEGERI 1 SEBATIK BARAT
PENGAJAR PRAKTEK: AMIRULLAH
FASILITATOR: HETINIAH

Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Guru Penggerak

Tujuan Pembelajaran Khusus  pada Koneksi antar Materi Modul 3.3. Pengelolaan Program yang Berdampak Positif Pada Murid adalah  :  CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.


Berikut ini adalah jawaban saya atas  pertanyaan-pertanyaan memandu saat melakukan Refleksi :


A.Pemikiran reflektif terkait pengalaman belajar


Pengalaman/materi pembelajaran yang baru saja saya peroleh dalam  mempelajari modul 3.3 tentang pengelolaan program yang berdampak positif pada murid adalah memperoleh ilmu baru lewat pembelajaran dengan menggunakan alur Merdeka. 

Modul ini menekankan bahwa guru harus menciptakan program yang melibatkan murid dalam setiap aspek, baik intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. 

Ketika murid diberikan kesempatan untuk menjadi pemimpin dalam proses pembelajaran, hubungan antara guru dan murid bertransformasi menjadi kemitraan, di mana murid memiliki suara, pilihan, dan kepemilikan atas pembelajaran mereka. 

Dengan demikian, diharapkan murid dapat mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, menyuarakan pendapat (voice), menentukan pilihan (choice) dan melakukan kegiatan yang telah dipilih sebagai perwujudan dari rasa kepemilikan (ownership). 

Selain itu, saya juga mepelajari dan mengidentifikasi aset aset komunitas, dalam hal ini sekolah yang dapat dioptimalkan dalam mengembangkan kepemimpinan murid. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun