Mohon tunggu...
JW
JW Mohon Tunggu... Dosen - Menulis sesuatu yang menarik sehingga kita berfikir positif

Hanya manusia biasa yang ingin mencoba mengapresiasi diri dengan menulis dan membaca secara sederhana , terkadang tulisan menerka dan menganalisa tanpa standarisasi hanya fenomena atau cerita fiksi hanya angan dan sedikit impian

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Digital Marketing dan Infuencer Konten di Era Digitalisasi

15 Mei 2023   12:42 Diperbarui: 15 Mei 2023   13:00 397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada era digitalisasi ini proses jual beli merupakan salah satu proses yang sudah lazim di media digital.

Sehingga boleh dikatakan bahwa proses digitalisasi terhadap proses jual beli merupakan salah satu proses modernisasi dan perubahan budaya jual beli dalam sebuah manajemen perusahaan

Perusahaan pada saat ini berbondong-bondong untuk terus maju dalam dunia digitalisasi karena pada dasarnya sebuah model digitalisasi merupakan ujung tombak penjualan pada era digitalisasi sekarang

Dalam satu kesempatan pembicaraan dengan para ekonomi sekarang saya coba menggali tentang market di Indonesia khususnya terjadi perubahan besar terutama untuk bidang marketing system yang dulunya terfokus pada sebuah media yang namanya broadcasting sehingga orang beramai-ramai untuk membuat sebuah saluran televisi atau channel TV

Di sana kita bisa melihat proses-proses yang terjadi di mana marketing dan mode advertising periklanan masuk ke dalam dunia tv broadcasting kita sebut saja mulai dari TPI kemudian RCTI kemudian SCTV Indosiar kemudian TV one kemudian yang baru muncul sekarang adalah net yang ternyata akhirnya pada saat kemunculannya terlambat

Perubahan pasar dirubah mendadak oleh suatu situasi yang namanya pandemi covid 19 di mana pasar berubah total dari model broadcasting dengan media sebar analog frekuensi yang kita biasanya kenal dengan antena antena analog sekarang sudah masuk ke media streaming atau digitalisasi

Perubahan ini merupakan sebuah perubahan besar dalam sebuah model penyebaran informasi bidang marketing terutama untuk produk-produk tertentu yang harus diberikan kepada customer dari para produsennya

Perubahannya terjadi karena media streaming berdominasi berbagai siaran di dalam sebuah TV broadcast

Seperti contohnya muncul-muncul podcast podcast yang booming seperti podcastnya Deddy Corbuzier yang menempatkan posisi pertama dalam proses media penyiaran dalam media streaming pada era digitalisasi tersebut

Tentu saja ini akan sedikit banyak memecah perhatian dari customer TV broadcasting

Kan boleh dikatakan TV broadcasting sekarang sudah terlampau besar beban dari pemakaian sebuah media live sebagai ambil contoh pembayaran artis-artis tertentu saja mencapai 35 sampai 50 juta untuk sekali tampil hal tersebut bila kita kalkulasi dengan tampilnya beberapa artis yang papan atas tentu saja kita bisa tahu seperti misalnya acara talk show di sebuah stasiun TV net pada saat itu dalam sekali tampil bisa dikalkulasi hampir 150 sampai 200 juta mengeluarkan kos atau budgeting untuk keseluruhan acara

Hal tersebut merupakan beban dari sebuah televisi broadcast sehingga harus mengeluarkan cost yang luar biasa besarnya untuk sebuah tampilan yang satu jam bagaimana hal tersebut dapat dikembalikan atau menghasilkan sebuah penghasilan yang bagus dari sebuah rating televisi

Tentu hal ini merupakan salah satu dilematik pada saat-saat coffee 19 di mana televisi ini akhirnya mengalir banyak vakum bukan hanya dari acaranya saja tapi juga dari banyak hal promosi-promosi yang dilakukan di sebuah stasiun televisi

Bagaimana dengan televisi yang lain tentu juga hal ini sama ketika dia model broadcasting ini mulai kehilangan acara-acara pentingnya pada saat coffee 19 kemudian orang beralih langsung kepada media streaming melalui kanal-kanal tertentu seperti YouTube yang banyak membuat konten-konten dan mendapatkan pemirsa sendiri

Sehingga kita bisa tahu bahwa sekarang penonton terpecah dari media broadcasting menjadi media streaming yang tentu saja sedemikian rupa pihak marketing harus mengerti bahwa pecahnya perhatian penonton atau mata customer terhadap media-media tersebut akan menyulitkan untuk memfokuskan sebuah advertising di dalam perusahaan mereka

Sehingga muncullah para pembuat konten lokal yang mencoba mendominasi pola-pola siaran menjadi salah satu bentuk konten yang diminati oleh banyak orang

Rebut perhatian orang tentu hal ini disebut dengan cara melakukan sebuah aktivitas atau menciptakan sebuah konten yang bisa menghibur atau membuat perhatian orang berpindah sehingga dalam hal ini kita bisa ambil kesimpulan bahwa perhatian dari customer sekarang sudah terpecah belah sehingga perlu ada pola tersendiri untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh sebuah pabrikan

Sehingga kita bisa mengerti sekarang bahwa berbagai advertising atau periklanan atau kampanye produk sekarang sudah banyak berlari ke media streaming sehingga hal ini lebih efektif untuk mencapai konsumennya di mana konsumen sekarang sudah memegang peralatan-perawatan di genggaman untuk sebagai media tontonan

Untuk generasi z sekarang media tontonan sekarang sudah beralih kepada gadget dulu kita hanya bisa melihat dalam sebuah tabung televisi sederhana dengan media broadcast tertentu sekarang dengan media streaming orang sudah dapat melihat tontonan langsung dari HP atau laptop masing-masing

Hal tersebut tentu saja akan berdampak jauh untuk melakukan suatu terobosan terobosan model marketing tertentu dari sebuah perusahaan

Pada zaman ini munculnya influencer-influencer konten sudah merupakan sesuatu yang banyak kita lihat di dalam media streaming sehingga banyak artis-artis yang muncul dari kalangan masyarakat biasa yang memiliki inspirasi tertentu terhadap kreativitas membuat konten

Dengan banyaknya follower dari pembuat-pembuat konten tersebut mereka mendapatkan kesempatan untuk memasarkan produk-produk tertentu dari pabrikan-pabrikan yang menyajikan berbagai bentuk produk yang dapat dipasarkan oleh para content creator tersebut

Tentu saja ini merupakan salah satu bentuk dari analisa pasar di mana para konten kreator itu mendapat kesempatan akhirnya untuk mendapatkan keuntungan dari membuat konten-konten pada era digitalisasi tersebut

Dengan pecahnya pasar dalam sebuah marketing tentu saja hal ini akan merubah sistem manajemen pemasaran yang konvensional seperti dahulu

Model pemasaran yang diterapkan oleh philipcorder sekarang sudah mungkin banyak ditinggalkan di mana sistem pemasaran sekarang sudah media digitalisasi dan berbeda dengan konsep-konsep teori ekonomi yang lama

Pembaruan-pembaruan tentang sistem pemasaran dan riset riset pasar digital sekarang sedang muncul dan berkembang di kalangan para kalangan muda

Konsep-konsep inspiratif dan out of the box ini diperkenalkan oleh para generasi z untuk mendapatkan follower lebih banyak untuk hasilnya kemudian dapat mekanikmati secara individual

 inilah yang kemudian dikemudian hari kita harus lirik dan harus kembangkan terus di mana semakin hari pasar akan semakin terpecah dengan berbagai arus informasi dan berbagai kreativitas kreativitas yang kemudian memecah perhatian pemirsanya sehingga boleh dikatakan media marketing sekarang tidak lagi menggunakan model-model konvensional karena hal itu akan mengakibatkan terhambatnya informasi masuk kepada customer secara langsung

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun