Pada era digitalisasi ini proses jual beli merupakan salah satu proses yang sudah lazim di media digital.
Sehingga boleh dikatakan bahwa proses digitalisasi terhadap proses jual beli merupakan salah satu proses modernisasi dan perubahan budaya jual beli dalam sebuah manajemen perusahaan
Perusahaan pada saat ini berbondong-bondong untuk terus maju dalam dunia digitalisasi karena pada dasarnya sebuah model digitalisasi merupakan ujung tombak penjualan pada era digitalisasi sekarang
Dalam satu kesempatan pembicaraan dengan para ekonomi sekarang saya coba menggali tentang market di Indonesia khususnya terjadi perubahan besar terutama untuk bidang marketing system yang dulunya terfokus pada sebuah media yang namanya broadcasting sehingga orang beramai-ramai untuk membuat sebuah saluran televisi atau channel TV
Di sana kita bisa melihat proses-proses yang terjadi di mana marketing dan mode advertising periklanan masuk ke dalam dunia tv broadcasting kita sebut saja mulai dari TPI kemudian RCTI kemudian SCTV Indosiar kemudian TV one kemudian yang baru muncul sekarang adalah net yang ternyata akhirnya pada saat kemunculannya terlambat
Perubahan pasar dirubah mendadak oleh suatu situasi yang namanya pandemi covid 19 di mana pasar berubah total dari model broadcasting dengan media sebar analog frekuensi yang kita biasanya kenal dengan antena antena analog sekarang sudah masuk ke media streaming atau digitalisasi
Perubahan ini merupakan sebuah perubahan besar dalam sebuah model penyebaran informasi bidang marketing terutama untuk produk-produk tertentu yang harus diberikan kepada customer dari para produsennya
Perubahannya terjadi karena media streaming berdominasi berbagai siaran di dalam sebuah TV broadcast
Seperti contohnya muncul-muncul podcast podcast yang booming seperti podcastnya Deddy Corbuzier yang menempatkan posisi pertama dalam proses media penyiaran dalam media streaming pada era digitalisasi tersebut
Tentu saja ini akan sedikit banyak memecah perhatian dari customer TV broadcasting
Kan boleh dikatakan TV broadcasting sekarang sudah terlampau besar beban dari pemakaian sebuah media live sebagai ambil contoh pembayaran artis-artis tertentu saja mencapai 35 sampai 50 juta untuk sekali tampil hal tersebut bila kita kalkulasi dengan tampilnya beberapa artis yang papan atas tentu saja kita bisa tahu seperti misalnya acara talk show di sebuah stasiun TV net pada saat itu dalam sekali tampil bisa dikalkulasi hampir 150 sampai 200 juta mengeluarkan kos atau budgeting untuk keseluruhan acara
Hal tersebut merupakan beban dari sebuah televisi broadcast sehingga harus mengeluarkan cost yang luar biasa besarnya untuk sebuah tampilan yang satu jam bagaimana hal tersebut dapat dikembalikan atau menghasilkan sebuah penghasilan yang bagus dari sebuah rating televisi
Tentu hal ini merupakan salah satu dilematik pada saat-saat coffee 19 di mana televisi ini akhirnya mengalir banyak vakum bukan hanya dari acaranya saja tapi juga dari banyak hal promosi-promosi yang dilakukan di sebuah stasiun televisi
Bagaimana dengan televisi yang lain tentu juga hal ini sama ketika dia model broadcasting ini mulai kehilangan acara-acara pentingnya pada saat coffee 19 kemudian orang beralih langsung kepada media streaming melalui kanal-kanal tertentu seperti YouTube yang banyak membuat konten-konten dan mendapatkan pemirsa sendiri
Sehingga kita bisa tahu bahwa sekarang penonton terpecah dari media broadcasting menjadi media streaming yang tentu saja sedemikian rupa pihak marketing harus mengerti bahwa pecahnya perhatian penonton atau mata customer terhadap media-media tersebut akan menyulitkan untuk memfokuskan sebuah advertising di dalam perusahaan mereka
Sehingga muncullah para pembuat konten lokal yang mencoba mendominasi pola-pola siaran menjadi salah satu bentuk konten yang diminati oleh banyak orang
Rebut perhatian orang tentu hal ini disebut dengan cara melakukan sebuah aktivitas atau menciptakan sebuah konten yang bisa menghibur atau membuat perhatian orang berpindah sehingga dalam hal ini kita bisa ambil kesimpulan bahwa perhatian dari customer sekarang sudah terpecah belah sehingga perlu ada pola tersendiri untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh sebuah pabrikan
Sehingga kita bisa mengerti sekarang bahwa berbagai advertising atau periklanan atau kampanye produk sekarang sudah banyak berlari ke media streaming sehingga hal ini lebih efektif untuk mencapai konsumennya di mana konsumen sekarang sudah memegang peralatan-perawatan di genggaman untuk sebagai media tontonan
Untuk generasi z sekarang media tontonan sekarang sudah beralih kepada gadget dulu kita hanya bisa melihat dalam sebuah tabung televisi sederhana dengan media broadcast tertentu sekarang dengan media streaming orang sudah dapat melihat tontonan langsung dari HP atau laptop masing-masing
Hal tersebut tentu saja akan berdampak jauh untuk melakukan suatu terobosan terobosan model marketing tertentu dari sebuah perusahaan
Pada zaman ini munculnya influencer-influencer konten sudah merupakan sesuatu yang banyak kita lihat di dalam media streaming sehingga banyak artis-artis yang muncul dari kalangan masyarakat biasa yang memiliki inspirasi tertentu terhadap kreativitas membuat konten
Dengan banyaknya follower dari pembuat-pembuat konten tersebut mereka mendapatkan kesempatan untuk memasarkan produk-produk tertentu dari pabrikan-pabrikan yang menyajikan berbagai bentuk produk yang dapat dipasarkan oleh para content creator tersebut
Tentu saja ini merupakan salah satu bentuk dari analisa pasar di mana para konten kreator itu mendapat kesempatan akhirnya untuk mendapatkan keuntungan dari membuat konten-konten pada era digitalisasi tersebut
Dengan pecahnya pasar dalam sebuah marketing tentu saja hal ini akan merubah sistem manajemen pemasaran yang konvensional seperti dahulu
Model pemasaran yang diterapkan oleh philipcorder sekarang sudah mungkin banyak ditinggalkan di mana sistem pemasaran sekarang sudah media digitalisasi dan berbeda dengan konsep-konsep teori ekonomi yang lama
Pembaruan-pembaruan tentang sistem pemasaran dan riset riset pasar digital sekarang sedang muncul dan berkembang di kalangan para kalangan muda
Konsep-konsep inspiratif dan out of the box ini diperkenalkan oleh para generasi z untuk mendapatkan follower lebih banyak untuk hasilnya kemudian dapat mekanikmati secara individual
 inilah yang kemudian dikemudian hari kita harus lirik dan harus kembangkan terus di mana semakin hari pasar akan semakin terpecah dengan berbagai arus informasi dan berbagai kreativitas kreativitas yang kemudian memecah perhatian pemirsanya sehingga boleh dikatakan media marketing sekarang tidak lagi menggunakan model-model konvensional karena hal itu akan mengakibatkan terhambatnya informasi masuk kepada customer secara langsung