Mohon tunggu...
Juliana
Juliana Mohon Tunggu... Guru - Guru

Belajar dan Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Siklus 2 dalam Kegiatan PPG Dalam Jabatan Tahun 2023

21 Februari 2024   23:29 Diperbarui: 21 Februari 2024   23:48 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penutup

Fase mengorientasikan peserta didik pada masalah:

Peserta didik mengamati gambar tentang tata tertib disekolah yang menggunakan tulisan huruf tegak bersambung (mengamati- saintifik).(TPACK)

Guru menjelaskan mengenai gambar huruf tegak bersambung pembelajaran tentang aturan dan tata tertib di sekolah dan menstimulus peserta didik untuk             bertanya.

Fase membimbing penyelidikan individu maupun berkelompok

Guru membagi peserta didik menjadi 2 kelompok  yang terdiri dari 3 anggota.

Peserta didik diberikan LKPD terkait aturan dan tata tertib di sekolah dengan tulisan tegak bersambung.

Guru menjelaskan cara pengisian LKPD  

Guru membimbing setiap kelompok untuk mendiskusikan tata tertib di sekolah dan menganalisis huruf tegak bersambung.

 

 

Fase mengembangkan dan menyajikan hasil karya.

Guru memantau diskusi dan membimbing pembuatan laporan  setiap kelompok.

Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.  

Peserta didik lain menyimak presentasi rekannya.

Fase menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

 

Guru membimbing presentasi dan meminta kelompok lain untuk memberikan tanggapan.

Setelah presentasi peserta didik dibimbing untuk menyimpulkan hasil presentasi.

Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik dalam presentasi

Guru memberikan penguatan pada peserta didik, respon terhadap peserta didik sebagai suatu dorongan atau koreksi. (Percaya Diri).

Guru dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran  hari ini.

Guru memberikan pertanyaan pada peserta didik bagaimana pendapatnya mengenai pembelajaran hari ini, apa yang paling kalian  suka dalam pembelajaran hari ini.

Peserta didik dan guru melakukan ice breaking

Peserta didik mengerjakan evaluasi

Guru memberikan motivasi kepada peserta didik  sebelum menutup pembelajaran hari ini.

Guru menyampaikan rencana tindak lanjut terkait materi berikutnya.

Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan  masing-masing.

                      

35 menit

 

 

10 menit

Remedial dan Pengayaan

Remedial dan Pengayaan

Remedial

Guru membimbing kembali peserta didik tentang penggunaan huruf kapital yaitu pada awal kalimat, nama orang, nama kota sesuai teks puisinya.

Pengayaan

Guru memberikan latihan lanjutan bagi peserta didik yang telah  mampu memahami  aturan dan tata tertib di sekolah.

Guru meminta peserta didik melakukan latihan lanjutan dengan  menunjukkan penulisan huruf kapital yang tepat dan menulis huruf tegak bersambung pada teks puisi.

Refleksi Guru

Bagaimana perasaanmu belajar hari ini?

Materi apa yang paling kalian sukai pada pembelajaran hari ini ?

                                            

 

 

PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR

 

Teknik Penilaian

 

a.

Penilaian Sikap

: Lembar Observasi

b.

Penilaian Pengetahuan

: Tes Tertulis

c.

Penilaian Keterampilan

: Unjuk Kerja

1.

Instrumen Penilaiaan

Penilaian Sikap                       : Lembar Observasi

Penilaian Pengetahuan           : Tes Tertulis

Penilaian Keterampilan          : Unjuk Kerja (hasil diskusi)









  • Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
  • Teknik Penilaian
  • Penilaian Sikap                       : Observasi Langsung
  • Penilaian Pengetahuan           : Tes Tulis
  • Penilaian Keterampilan          : Unjuk Kerja
  • Instrumen Penilaian
  • Penilaian Sikap
  • Sikap Spiritual

  • No.
  • Nama Siswa
  • Aspek yang Diamati
  • S
  • D
  • Jumlah
  • 1.




  • 2.




  • 3.




  • 4.




  • 5.




  • 6.





  • Sikap Sosial

  • No.
  • Nama Siswa
  • Aspek yang Diamati
  • Kerja Sama
  • Keberanian
  • Jumlah
  • 1.




  • 2.




  • 3.





  • Penilaian Pengetahuan
  • Perintah soal
  • Soal
  • Kunci/jawaban
  • Pedoman penskoran
  • Penilaian Keterampilan
  • Petunjuk kerja
  • Rubrik penilaian
  • Pedoman penskoran
  • Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran
  • Pembelajaran Remedial
  • Mengulas kembali pembelajaran tentang cara bernyanyi dengan memperhatikan panjang pendeknya nada, menuliskan laporan tentang lingkungan rumah yang sehat, dan sebagainya.
  • Menjelaskan kembali cara membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Membahas kembali materi tentang ruas garis pada bangun datar, jika ada siswa yang belum paham.
  • Pengayaan Pembelajaran
  • Siswa diminta menyanyikan lagu yang lain sesuai dengan panjang pendeknya nada pada lagu.
  • Menugaskan siswa mengamati ciri-ciri rumah bersih dan sehat yang ada di sekitar tempat tinggal mereka.
  • Mengamati benda-benda berbentuk bangun datar yang lain di rumah, kemudian menentukan ruas garisnya dengan tepat.

 

  • Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
  • Media/Alat           : Gambar lingkungan rumah yang bersih dan sehat
  • Bahan                    : Gambar dan kertas folio
  • Sumber Belajar     : Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
  • Iqbal, M. 2018. Pandai Membaca Puisi. Jakarta: Bina Ilmu. Halaman 2.

 

  •  LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/proyek dengan rubrik penilaian sebagai berikut.

  • Bahasa Indonesia
  • Daftar riwatar hidup dinilai dengan daftar periksa.
  • No
  • Indikator
  • Ya
  • Tidak
  • Catatan
  • 1
  • Peserta didik dapat menuliskan data pribadi secara lengkap



  • 2
  • Peserta didik dapat menuliskan bidang yang diminati



  • 3
  • Peserta didik dapat menuliskan Riwayat Pendidikan secara lengkap



  • 4
  • Peserta didik menuskan ekstrakurikuler atau kursus yang pernah diikuti



  • 5
  • Peserta didik menuliskan kecakapan yang dimiliki



  • 6
  • Peserta didik menuliskan kesimpulan




  • PPKN
  • Presentasi tentang peta pikiran dinilai dengan daftar periksa
  • No
  • Indikator
  • Ya
  • Tidak
  • Catatan

  • Peserta didik dapat menjelaskan 3 contoh usaha yang ada disekitar sekolah




  • Peserta didik dapat menjelaskan tentang keberagaman usaha yang ada




  • Peserta didik dapat menjelaskan manfaat usaha-usaha tersebut untuk dirinya dan orang lain




  • Peserta didik menjelaskan cara menghargai keberagaman ekonomi yang ada




  • Peserta didik menjelaskan tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh setiap usaha, ekonomi dan menuliskan kesimpulan




  • Catatan anekdot untuk mencatat sikap (jujur, disiplin)
  • Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini

  • Remedial, dan Pengayaan
  • Pembelajaran Remedial
  • Mengulas kembali pembelajaran tentang cara bernyanyi dengan memperhatikan panjang pendeknya nada, menuliskan laporan tentang lingkungan rumah yang sehat, dan sebagainya.
  • Menjelaskan kembali cara membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Membahas kembali materi tentang ruas garis pada bangun datar, jika ada siswa yang belum paham.
  • Pengayaan Pembelajaran
  • Siswa diminta menyanyikan lagu yang lain sesuai dengan panjang pendeknya nada pada lagu.
  • Menugaskan siswa mengamati ciri-ciri rumah bersih dan sehat yang ada di sekitar tempat tinggal mereka.
  • Mengamati benda-benda berbentuk bangun datar yang lain di rumah, kemudian menentukan ruas garisnya dengan tepat.

 

  • Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
  • Media/Alat           : Gambar lingkungan rumah yang bersih dan sehat
  • Bahan                    : -
  • Sumber Belajar     :

Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 4 : Hidup Bersih dan Sehat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.

  • Iqbal, M. 2018. Pandai Membaca Puisi. Jakarta: Bina Ilmu. Halaman 2.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun