Mohon tunggu...
Zahrotul Mujahidah
Zahrotul Mujahidah Mohon Tunggu... Guru - Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Guru SDM Branjang (Juli 2005-April 2022), SDN Karanganom II (Mei 2022-sekarang) Blog: zahrotulmujahidah.blogspot.com, joraazzashifa.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Wisata ke Situs Sejarah, Menarikkah bagi Siswa SD?

21 Juli 2020   09:58 Diperbarui: 21 Juli 2020   10:00 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Terdapat gazebo di kompleks Situs Sokoliman. Dokpri

Beberapa hari yang lalu saya bersama teman kantor menyempatkan diri "tilik" sebuah situs bersejarah di dusun sebelah, Situs Gondang. Situs ini berada di dusun Gondang, kelurahan Ngawis, Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul.

Saya mengatakan "tilik" karena saya pernah ke sana beberapa tahun yang lalu bersama anak didik. Saya merasa penasaran dengan penampilan situs bersejarah itu saat ini.

Sesampai di sana, ya...layaknya peninggalan sejarah, terasa sepi lokasinya. Nyaris seperti kuburan. Tanpa ditunggu dan dikunci pada pagar yang mengelilingi situs tadi.

Koleksi peninggalan sejarah di Situs Gondang. Dokpri
Koleksi peninggalan sejarah di Situs Gondang. Dokpri
Situs Gondang. Dokpri
Situs Gondang. Dokpri
Situs Gondang. Dokpri
Situs Gondang. Dokpri
Beruntung koleksi tidak hilang. Alhamdulillah. Berarti memang ada kesadaran dari warga sekitar bahwa koleksi peninggalan sejarah memang harus dijaga.

Sebenarnya situs tadi tidak terlalu kotor. Namun dilihat oleh masyarakat umum dan awam, bisa jadi koleksi peninggalan sejarah itu hanya kumpulan batu tak bermakna.

Papan informasi di Situs Gondang. Dokpri
Papan informasi di Situs Gondang. Dokpri
Papan informasi Situs Gondang. Dokpri
Papan informasi Situs Gondang. Dokpri
Situs ini begitu sepi dan dari beberapa tahun hingga kini perawatan benda yang masuk koleksi cagar budaya ya ajeg. Singup atau sedikit angker.

Kondisi ini agak berbeda dengan situs serupa di desa sebelah, Situs Sokoliman. Situs di desa sebelah sudah dibangun dengan menarik dan jauh dari kesan singup atau angker. 

Kompleks Situs Sokoliman lebih rapi dan dilengkapi taman. Dokpri
Kompleks Situs Sokoliman lebih rapi dan dilengkapi taman. Dokpri
Terdapat gazebo di kompleks Situs Sokoliman. Dokpri
Terdapat gazebo di kompleks Situs Sokoliman. Dokpri
Pengunjung di situs kedua ini lumayan juga. Saya pun pernah mengajak anak didik ke lokasi situs kedua. Ya bersepeda ria. Meski lokasi lumayan jauh dari sekolah.

Saya merasa harus mengenalkan kepada anak didik saya bahwa peninggalan sejarah di sekitar sekolah atau tempat tinggal anak didik itu sangat banyak.

Dengan pengenalan itu anak didik ke depannya bisa berperan menjaga kelestarian peninggalan sejarah. Mereka harus tahu bahwa banyak koleksi sejarah Indonesia yang kini tak lagi berada di Indonesia.

Jadi suatu saat mereka bisa mengusahakan benda-benda cagar budaya yang berada di luar negeri bisa kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. 

Bagaimana reaksi anak didik ketika diajak belajar dan bermain di situs yang dikunjungi? Merasa tertarikkah?

Begini, saya dulu kuliah di jurusan pendidikan sejarah. Pada jurusan ini setidaknya kami KKL tiga kali dengan mengunjungi beberapa tempat bersejarah. 

Ada beberapa mahasiswa yang antusias dalam mencermati benda-benda bersejarah baik di museum, situs atau candi. Ada juga yang biasa-biasa saja. Bahkan ada yang lebih senang berfoto ria.

Lumrahkah? 

Saya katakan bahwa dalam masa pendidikan perkuliahan seharusnya mahasiswa sangat antusias. Mereka terjun langsung ke peninggalan sejarah baik insitu maupun eksitu.

Namun namanya motivasi mahasiswa dalam berkuliah juga tak sama. Jadi saya pribadi, sebagai mahasiswa, dulunya tak terlalu memikirkan bagaimana teman saya. Saya hanya memikirkan bagaimana biar cepat lulus kuliah.

Nah, jika menilik dunia mahasiswa yang seperti itu, maka saya rasa pada tingkatan anak ---terutama SD---, jika mau diajak ke lokasi situs bersejarah dan bersemangat berkeliling itu sudah cukup.

Ya mereka perlu mengenal dulu. "Oh...ini yang namanya benda bersejarah." Paling tidak mereka berpikir seperti itu.

Nanti setelah mereka diajak ke situs-situs bersejarah lainnya maka akan ada kesan bahwa meski benda bersejarah meski terlihat kuno, ternyata sangatlah berharga. Tak bisa digantikan dengan uang seberapapun.

Mengajak anak didik belajar di Situs Gondang, 2014. Dokpri
Mengajak anak didik belajar di Situs Gondang, 2014. Dokpri
Oh iya. Mengenai Situs Gondang, saya pernah melakukan penelitian untuk keperluan Penelitian Tindakan Kelas. Sekitar enam tahun yang lalu. Sengaja saya memilih lokasi yang dekat, mengingat keterbatasan waktu dan dana.

Saat itu para siswa sulit memahami cara pelestarian peninggalan sejarah. Begitu saya ajak berwisata sejarah, mereka bisa lebih paham tentang peninggalan sejarah itu apa. Hingga bisa menyimpulkan bahwa peninggalan sejarah harus dijaga dan dirawat siapapun.

Ya tentu mereka bisa paham dan menyimpulkan seperti itu karena ada kesan meski mungkin hanya sedikit akan benda-benda di penampungan atau situs-situs bersejarah. 

Dengan kesan mereka, meski sebenarnya tak begitu tertarik dengan peninggalan sejarah tadi, maka di kemudian hari mereka tidak kaget lagi untuk menyikapi pelestarian benda purbakala.

Menarik atau tidaknya benda bersejarah bagi anak didik tentu menjadi tanggung jawab guru untuk mengenalkannya. Semoga saja, kelak mereka tertarik untuk selalu menjaga dan melestarikannya sesuai nasehat guru di masa kecilnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun