EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK Â KELAS X ULW
SMK NEGERI 1 SELO DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL)Â
SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Tujuan: Melalui layanan bimbingan klasikal metode Problem Based Learning (PBL) dengan tema "Meningkatkan Motivasi Belajar" peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajarnya dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas.
Joko Marwanto
Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022.
LPTK Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Motivasi Belajar adalah dorongan atau keinginan yang kuat untuk belajar pada diri peserta didik. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah biasanya dipengarui oleh faktor-faktor yang ada pada luar dirinya. Analisis Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) menunjukkan bahwa 73,3% (22 dari 30) peserta didik kelas X ULW memiliki motivasi belajar rendah. Namun semua tergantung dari faktor yang ada dalam diri peserta didik itu sendiri dengan baik.Â
Memelihara perilaku motivasi pada diri peserta didik agar belajarnya tetap semangat harus dilakukan secara optimal yang diikuti dengan antusias baik dari peserta didik itu sendiri. Namun pada kenyataannya masih ada beberapa peserta didik yang mempunyai masalah motivasi belajar rendah yang disebabkan oleh beberapa faktor dari luar diri peserta didik antara lain:
1. Peserta didik tidak tertarik dengan materi yang disampaikan guru.