Pada artikel ini saya akan membagikan pengalaman saya dengan klinik RATA ID.
Spoiler alert, pada artikel ini saya tidak melanjutkan pembayaran full payment, sehingga tidak ada testimoni terkait produk aligner RATA. Artikel ini akan fokus pada mengapa saya tidak melanjutkan memakai produk RATA. Jadi tulisan ini merupakan review proses mendaftar aligner RATA, bukan merupakan review produk RATA.
Desember 2024, saya melihat iklan promo aligner RATA di media social instagram, dengan promo harga 5,9 juta, diskon menjadi 4,9 juta diklaim bisa meratakan gigi dalam kurun waktu 3-6 bulan.
Kemudian saya diarahkan ke whatsapp business mereka, dan dijelaskan terkait produk aligner RATA. Lalu saya diarahkan untuk membayar DP sebesar 299.000 untuk konsultasi lanjutan dengan dokter.
Ketika saya mengkonfirmasi ulang prosedur pendaftaran, pihak CS sudah mengiyakan.
Berdasarkan kesimpulan dari chat diatas, kesimpulan yang saya dapat adalah prosesnya meliputi:
bayar DP 299 ribu -> konsultasi dokter -> muncul pricelist detail -> bayar full payment
Setelah saya melakukan pembayaran DP, tiba - tiba respon dari CS melambat dan saya malah dialihkan untuk chat secara manual ke nomor lain, saya cukup kesulitan dalam mencari lokasi konsultasi.
Akhirnya saya memutuskan untuk janji konsultasi ke RATA cabang Pakubuwono. Sesampai di tempat tersebut saya diarahkan ke ruang praktik, kemudian gigi saya di foto oleh suster.
Selesai foto, saya diarahkan untuk bertemu dengan tim sales dari RATA via Google Meet, pada pertemuan tersebut diberi info bahwa gigi saya tidak bisa diratakan dengan produk RATA 10 dengan harga 4,9 juta tersebut, memerlukan perawatan aligner seharga 15 juta, selain itu saya didesak untuk melakukan transfer sekarang juga jikalau tidak promo akan habis dan kembali ke harga normal di 25 juta. Bahkan saya meminta waktu seminggu untuk berpikir pun tidak dihiraukan oleh pihak sales.
Ketika saya meminta waktu beberapa hari untuk memikirkan tawaran tersebut, sales berkata tidak bisa dan mengarahkan saya ke resepsionis. Sesampainya saya di resepsionis, saya diarahkan untuk pulang dan tidak ada konsultasi dengan dokter.
Alhasil saya mengeluarkan uang DP dengan sia sia.
Ketika saya flashback membuka isi chat, ternyata saya sudah bertanya terkait produk RATA 10 tersebut, dan pihak CS tidak menjawab pertanyaan melainkan mengalihkan perhatian.
Saya sangat kecewa dan merasa dirugikan dengan tidak transparan-nya campaign marketing dari RATA, promo 4,9 juta itu merupakan produk RATA 10, produk tersebut hanya bisa di apply kepada orang dengan kondisi gigi dengan tingkat kemiringan yang sangat sedikit, real case nya kebanyakan orang membutuhkan produk di range belasan juta rupiah. Sayangnya ini baru dijelaskan ketika saya sudah terlanjut melakukan pembayaran DP, seharusnya ini dijelaskan di awal. Kemudian janji untuk konsultasi dengan dokter juga tidak ditepati melainkan gigi saya hanya difoto.
Bagi pihak RATA, diharapkan dapat melakukan pembenahan terhadap campaign marketingnya dengan menampilkan harga yang transparan, tidak mendesak calon konsumen, dan menghilangkan kewajiban pembayaran DP untuk konsultasi awal jika hanya dilakukan foto.
Bagi calon konsumen, harap melakukan riset lebih lanjut terkait produk ini, banyak yang mengeluhkan produk RATA di media social X dan Tiktok, pastikan membaca ini terlebih dahulu, memahami konsekuensi yang bisa terjadi, tanyakan ini semua terlebih dahulu, baru melakukan transaksi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H