PENERAPAN COBIT PADA PLANING AND ORGANIZATION PADA TOKOPEDIA
Mengelola Sumber Daya manusia
Tokopedia telah mengelola SDM dengan baik dibuktikan dengan  Tokopedia menyabet tiga penghargaan HR Excellence Award 2022 dari SWA dan Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) atas pencapaian yang luar biasa dalam menerapkan praktik manajemen SDM.
Memastikan Pemenuhan Pihak Eksternal
Tokopedia telah berusaha untuk pemenuhan pihak eksternal, dimana Tokopedia telah bekerja sama dengan Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Badan Siber dan Sandi Negara untuk memastikan keamanan dan perlindungan atas data pribadi setiap pengguna Tokopedia, sehingga pengguna Tokopedia dapat tetap bertransaksi dengan tenang.
Menaksir Risiko
Tokopedia telah berhasil menaksir risiko yang terjadi, dibuktikan dengan Manajemen risiko yang terdapat di Tokopedia menganalisis hubungan risiko asersi spesifik laporan keuangan dengan aktivitas seperti pencatatan, pemrosesan, pengikhtisaran, dan pelaporan data-data keuangan. Risiko yang relevan dengan pelaporan keuangan mencakup peristiwa dan keadaan intern maupun ekstern yang dapat terjadi dan secara negatif mempengaruhi kemampuan entitas untuk mencatat, mengolah, meringkas, dan melaporkan data keuangan konsisten dengan asersi manajemen dalam laporan keuangan.
Mengelola Proyek
Tokopedia dirasa sudah baik dalam mengelola proyek, dengan menghasilkan kolaborasi antara Gojek dan Tokopedia yang dberikan nama GOTO.
Mengelola Kualitas
Tokopedia telah mengelola kualitas dengan baik yang mana ditandai dengan Sistem kerja di Tokopedia menekankan pada budaya kerja sebagai peta, value atau DNA perusahaan sebagai kompas dan visi misi perusahaan sebagai tujuan. Secara garis besar, karyawan Tokopedia dilekatkan dengan tiga nilai atau DNA, antara lain perkembangan pola pikir, fokus pada konsumen, mewujudkannya dan membuat perusahaan lebih baik.
Tokopedia percaya kesuksesan hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses. Filosofi ini ditanamkan kepada setiap Nakama sejak awal karena bagi Tokopedia tidak cukup hanya mampu secara skill, tetapi harus juga peduli pada misi perusahaan
Menetapkan rencana strategi IT
Melalui layanan online-to-offline ini, Tokopedia telah memberdayakan jutaan pedagang offline di lebih dari 500 distrik di seluruh nusantara untuk memanfaatkan teknologi guna memperluas akses kepada barang dagangan, Tokopedia juga telah melakukan investasi besar dalam layanan pembayaran dan fintech untuk memungkinkan pembeli membayar barang dan jasa, meski tak punya rekening bank sekalipun. Upaya ini antara lain mendukung pembayaran menggunakan dompet digital, serta menyiapkan tempat pembayaran tunai di minimarket.
Menetapkan kebijakan teknologi
inovasi geo-tagging, Tokopedia menghadirkan layanan Instant Commerce lewat Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi kebutuhan harian dan bahan pokok yang dapat dikirim dalam waktu kurang dari dua jam setelah pembayaran.jadi menurut analisa saya tokopedi menetapkan kebijakan bagi seluruh pengguna jasa dan layanan memiliki komitmen untuk dapat menjembatani dan meningkatkan kepedulian sosial guna memaksimalkan kapasitas potensi dari kelompok masyarakat yang membutuhkan
Menetapkan hubungan dan organisasi IT
 Tokopedia mendorong para pelaku UMKM untuk dapat bertahan, bangkit, dan mengembangkan bisnisnya melalui adopsi digital. emudahan dalam mengelola bisnis merupakan alasan utama bagi sebagian besar penjual yang bergabung bersama Tokopedia
Mengelola investasi IT
 Dalam pengelolaan investasi  IT yang telah berjalan didalam tokopedia masih  memungkinkan bahwa adanya kekurangan dalah hal transaksi antar pihak pertama(seller) dan pihak kedua (buyer)
Mengkomunikasikan arah dan tujuan manajemen
Tokopedia turut mendorong adopsi metode pembayaran digital. E-wallet dan mobile/internet banking adalah dua produk keuangan yang paling banyak dipilih selama pandemi. Dalam visi dan misi yang di emban oleh tokopedia tersebut sudahlah sangat berjalan dengan baik ataupun penerapannya sudah hampir  85% akan tetapi masih banyak Kendala yang dialami oleh pengguna dan penyedia layanan jasa dari tokopedia termasuk ekspedisi yang bekerja sama dengan tokopedia
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI