1. Â Nama pemilik: Hana Amashuroh
   Alamat: Kp. Cijeruk Desa. Cijeruk Kec. Kibin
   Nomor HP pemilik: 081311786505
2. Â Nama toko: Han Dokar
3. Â Jenis usaha: perdagangan
4. Â Sejarah berdirinya usaha
Usaha donat bakar ini berdiri sejak tanggal 10 November 2023. Awal mula berdirinya usaha Donat Bakar karena pemilik usaha ini yang hobi sekali membuat kue, sehingga terfikirlah untuk membuat usaha donat bakar. Dan kebetulan saat ini jajanan olahan donat bakar di desa Cijeruk belum ada yang membuat usaha kecil-kecilan seperti donat bakar. Usaha ini diberi nama Han Dokar, Han diambil dari nama pemiliknya yaitu Hana, sedangkan Dokar kepanjangan dari Donat Bakar.
5. Â Berbagai upaya yang mempersiapkan usaha bisnis yang dilakukan mulai dari persiapan awal
- Membuat resep donat buatan sendiri yang enak: Dengan membuat olahan donat sendiri setidaknya bisa meminimalisir penggunaan bahan pengawet. Membuat donat sendiri juga akan menciptakan rasa yang khas dan berbeda dari yang lain.
- Menyiapkan modal: Menyiapkan modal untuk membeli segala peralatan dan bahan yang diperlukan.
- Menyiapkan aneka topping: Menyediakan berbagai toping untuk penyajian donat bakar. Semakin banyak aneka topingnya maka akan semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli donat bakar
- Beri nama produk dan membuat logo
6. Â Proses produksi
Bahan adonan:
- Tepung terigu protein tinggi
- Garam
- Ragi instan
- Air hangat
- Margarin tawar
- Telur
Bahan perebus:
- Air
- Gula pasir
Cara membuat
- Masukkan tepung terigu, garam, ragi instan, gula pasir, telur dan air. Campur sampai rata. Uleni sampai elastis.
- Jika sudah kalis, tambahkan margarin, uleni kembali. Diamkan adonan selama satu jam.
- Kempiskan adonan, timbang per 50 gram, dan bentuk bulat. Lubangi tengahnya, istirahatkan kembali 10-20 menit.
- Didihkan bahan perebus hingga gula larut, masukkan adonan, rebus selama 30 detik. Angkat, tiriskan.
- Adonan donat direbus di dalam air mendidih, tujuannya untuk menghentikan proses fermentasi atau menghentikan proses pengembangan
- Panggang ataau bakar donat hingga matang atau kuning keemasan. Lalu angkat.
- Celupkan bagian atas donat ke dalam topping.
7. Â Strategi mendapatkan bahan baku: Memilih bahan baku yang berkualitas, seperti tepung, gula, telur dan margarin. Pemilihan mutu dan kualitas yang bagus akan menentukan kualitas donat.
8. Â Strategi meningkatkan kualitas produk
- Menjaga kualitas rasa agar tetap konsisten
- Menggunakan bahan-bahan yang berkualitas
- Membuat inovasi baru, seperti menambahkan jenis topping
9.  Strategi mengembangkan pasar: Yaitu dengan berjualan online melalui  whatsapp atau delivery
10. Â Strategi meningkatkan kualitas layanan
- Melayani pelanggan dengan cepat dan tepat
- Menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan
- Bersikap ramah
11. Â Strategi meningkatkan loyalitas pelanggan
- Beri reward atau diskon
- Bangun kepercayaan pelanggan
- Tingkatkan kualitas produk
- Menciptakan inovasi produk
12. Â Strategi mendapatkan sumber daya manusia handal
- Mencari karyawan yang dimulai dengan hubungan (koneksi) kerabat atau pertemanan.
- Mencantumkan kriteria secara detail saat iklan lowongan pekerjaaan
- Melakukan uji coba dengan cara melakukan training kepada karyawan untuk membuat donat
13. Â Strategi meningkatkan kompetensi SDM
- Melakukan program pelatihan
- Melakukan evaluasi bulanan
14. Â Jenis-jenis peralatan
- 1 stand booth
- 1 standing banner
- 1 unit freezer box kecil
- 1 tempat sampah
- 2 daftar menu
- 2 lampu
- 1 unit kompor gas 1 tungku
- 1 buah selang dan regulator
- 2 buah capitan
- 1 pcs parutan
- 1 unit tabung gas 3 kg
- 1 buah Teflon panggangan
- 80 pcs mika donat
- 80 pcs paper box
- 2 pak plastik kresek
- 2 pak pembungkus plastik
- 1 buah nampan
- 2 buah kuas
- 1 buah margarin
- 15 pcs sealware plastik
15. Â Jenis-jenis bahan
- Tepung terigu protein tinggi
- Garam
- Ragi instan
- Air hangat
- Margarin tawar
- Telur
- Gula pasir
- Selai taro
- Selai blueberry
- Selai mango
- Selai strawberry
- Selai tiramisu
- Selai cokelat
- Selai greentea
- Keju
- Kacang
- Selai vanilla
- Oreo
- Milo
- Rainbow mesise
- Ball
- Almond
16. Â Perijinan
Tempat usaha ini merupakan milik sendiri
17. Â Jumlah pendapatan perhari/perbulan
Omzet Penjualan Perhari
- Asumsi 80 donat perhari
- Donat 4.000 : 25 x 4.000 = 100.000
- Donat 5.000 : 30 x 5.000 = 150.000
- Donat 6.000 : 25 x 6.000 =150.000
Total omzet harian : Rp. 400.000
Harga Pokok Produksi (HPP)
- Donat 80 biji : 80 x 1.000 = 80.000
- Topping 80 : 80 x 1.000 = 80.000
- Kemasan 80 : 80 x 500 = 40.000
- HPP : Rp. 200.000
Laba Kotor Perbulan
Laba kotor perhari = jumlah omzet harian -- HPP
                    = 400.000-200.000
                    = 200.000
Laba kotor perbulan (30 hari) : 200.000 x 30 = Rp. 6.000.000
18. Â Jumlah pendapatan bersih
Biaya Tetap Perbulan :
Bayar listrik Rp. 150.000
Total biaya tetap perbulan : Rp. 150.000
Laba Bersih Perbulan
Laba bersih perbulan = laba kotor perbulan -- biaya tetap perbulan
                       = 6.000.000 -- 150.000
                       = 5.850.000
19. Â Strategi mengembalikan modal usaha yang diinfestaikan
- Mencatat modal awal
- Mencatat pengeluaran
- Mencatat keuntungan
- Pisahkan modal dan keuntungan
20. Â Berbagai kendala yang terjadi
- Kendala yang sering ditemui yaitu masa kadaluwarsa donat yang singkat, rata-rata donat hanya mampu bertahan selama empat hari jika tidak disimpan dalam freezer.
21. Â Strategi mengatasi kendala
- Dalam proses produksi harus menyesuaikan dengan permintaan pasar setiap harinya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H