Mohon tunggu...
Jihan Mawaddah
Jihan Mawaddah Mohon Tunggu... Penulis - Knowledge seeker

Halo, saya Jihan. Lifestyle blogger yang sedang belajar banyak hal. Yuk saling bertukar pengalaman lewat tulisan. Baca tulisan saya lainnya di www.jeyjingga.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tips Mengatur Pola Tidur Anak, Jadi Ibu Anti Stress Club

4 September 2021   22:35 Diperbarui: 4 September 2021   22:35 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Awal kelahiran anak saya ke dunia ini menjadi salah satu babak yang mau tidak mau memengaruhi bagaimana kebiasaan tidur dan makan saya. Meskipun sudah disiasati untuk tidur tepat waktu dan cukup tidur sebagaimana biasanya saat lajang atau belum punya anak, namun tetap saja pola tidur masih saja berantakan.

Akhirnya saya pun harus menyesuaikan si bayi ketika ingin melakukan sesuatu. Entah itu memasak, cuci baju, hingga mengerjakan hobi untuk stress release. Namun yang paling saya hindari adalah kurang tidur. Bagaimanapun saya selalu berusaha agar hak tubuh ini terpenuhi dengan baik sehingga tidak sampai jatuh sakit atau bahkan stress.

Seperti yang kita tahu bahwa tidur adalah suatu aktivitas yang sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Tidur juga termasuk hal yang paling utama dilakukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal. Untuk itu tentu saja saya harus bisa mengetahui jumlah waktu tidur yang tepat untuk anak agar pola tidurnya teratur, ibunya pun demikian.

Bagaimana sih Pola Tidur Anak Itu?

Seperti yang telah direkomendasikan oleh salah satu dokter spesialis anak langganan saya tentang pengaturan pola tidur yang akan bisa menjadi penunjang kesehatan yang optimal bagi si kecil, di bawah ini adalah beberapa panduan tentang jumlah jam tidur untuk anak.

Mulai dari bayi, balita, hingga anak usia 12 tahun. Kita bisa memakai acuan ini ya, karena saya pun memakai acuan ini untuk memperhatikan waktu tidur anak agar bisa disesuaikan dengan aktivitas saya.

  1. Usia 4 - 12 bulan baiknya tidur selama 12 hingga 16 jam per hari

  2. Usia 1 - 2 tahun tidur selama 11 hingga 14 jam per hari

  3. Usia 3 - 5 tahun selama 9 sampai 12 jam per hari

  4. Usia 6 - 12 tahun selama 9 hingga 12 jam per hari

Kenapa sih kita perlu tahu pola tidur anak?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun