Mata Kuliah Teknologi, Informasi, Komunikasi Bagi Program Studi PGSD (Ternyata Seorang Guru Juga Harus Bisa Mengerti Tentang Teknologi)
Heloww gaiss...
Slamat Pagi/Siang/Sore/Malam...
Apa kabar hari ini ???
Perkenalkan nama saya Jeveline, biasa dipanggil Jevv hehe.
Nahh, dikali ini saya akan menuliskan beberapa hal, pembahasan sedikit mengenai WORD dan juga EXEL. Sebelumnya, ini adalah tulisan saya yang pertama, yang saya bagikan di KOMPASIANA. Lebih dari itu, ini juga merupakan tugas pertama saya di Mata kuliah Teknologi, Informasi & Komunikasi (TIK) yang berupa me-REFLEKSI kembali apa yang dibahas pada pertemuan tersebut.
Pembahasan kali ini merupakan pertemuan yang kedua pada hari Selasa, pada tanggal 12, dibulan September, pada tahun 2023. Dan yang harus kalian tau, yang menjadi Dosen Pengampuh dimata kuliah TIK ini adalah seorang ibu/nci/ma’am yang sangat-amat cantik hehe, saya sebut dengan kasih dan hormat Ibu. Dra. Juliana Margareta Sumilat, S.Pd, M.Pd.
Oke baik, sudah dulu pendahuluannya hehe.
 Disini ada 4 point yang akan saya bagikan kepada teman-teman semua, sesuai dengan pembahasan yang kami pelajari pada pertemuan kedua ini.
Check It Out :
1.Shortcut Keyboard
Fungsi dan kegunaan yang ada pada setiap shortcut keyboard dari huruf A sampai Z :
-CTRL A = menyeleksi semua elemen dalam dokumen (teks, gambar, URL sampai pada formating yang ada didalam lembar dokumen)
-CTRL B = menebalkan teks (bold)
-CTRL C = menyalin teks yang dipilih (copy)
-CTRL D = membuka dialog box pada formating teks
-CTRL E = membuat teks menggunakan formating rata tengah (center)
-CTRL F = membuka kotak pencarian untuk mencocokkan teks dalam dokumen
-CTRL G = membuka dialog box (go to) untuk pergi ke halaman tertentu dalam dokumen
-CTRL H = membuka dialog box (replace) untuk mengganti teks tertentu dalam dokumen
-CTRL I = membuat teks menjadi miring (italic)
-CTRL J = membuat teks seleksi menjadi rata kiri/kanan (justify)
-CTRL K = menyisipkan link atau URL ke seleksi teks
-CTRL L = membuat teks menjadi rata kiri (left)
-CTRL M = menggeser teks dalam satu tabulasi (TAB
-CTRL N = membuka djijokumen baru
-CTRL O = membuka dokumen yang sudah disimpan
-CTRL P = mencetak dokumen yang sedang dibuka (print)
-CTRL Q = menghapus semua teks ( bisa juga dengan cara ALT + Spasi )
-CTRL R = membuat teks menjadi rata kanan (right)
-CTRL S = menyimpan dokumen yang telah dibuat (save)
-CTRL T = membuat paragraf gantung (hanging indent)
-CTRL U = mengaktifkan garis bawah pada teks
-CTRL V = menempel teks yang disalin
-CTRL W = menutup jendela Microsoft Word / ALT + F4
-CTRL X = memotong teks yang dipilih (cut)
-CTRL Y = mengulang (redo) formating yang dilakukan sebelumnya atau yang telah di undo
-CTRL Z = membatalkan formating (undo)
2.Marge And Center
Pada umumnya Marge And Center ini dapat digunakan baik dalam Microsoft Word maupun Microsoft Exel. Fungsi dari Marge And Center ini adalah untuk menggabungkan atau menyatukan kedua cell atau lebih yang berdekatan, juga dapat membuat cell gabungan tersebut menjadi rata tengah.
Dalam hal itu sudah tentu kita semua tau, pada biasanya Marge And Center ini banyak dipakai dalam pengetikkan pada sebuah tabel.
3.Rumus-Rumus Exel
Didalam Microsoft Exel ini, tentunya bagi kita kalangan mahasiswa/i sudah banyak kali dengar bahkan pasti sudah pernah mempraktekkan cara pengetikkannya.
 Dalam pemakaian Microsoft Exel ini banyak dipakai untuk pembuatan data atau dokumen berupa hasil/nilai (contohnya bagi kalangan guru untuk mencari nilai-nilai yang akan dituliskan dalam raport) biasanya guru memakai Microsoft Exel untul menemukan hasil yang cepat dan mudah. Microsoft Exel berhubungan erat tentang angka dan nilai, apalagi mengenai penjumlahan/pengurangan.
Yang kami pelajari mengenai pemakaian Microsoft Exel ini, ialah bahwa ada beberapa rumus yang ada dalam Exel yang harus kita pahami dan kita ingat, yaitu sebagai berikut :
=SUM(C3:C12)
SUM, dalam Exel berarti menjumlahkan. Jumlahkan angka pada kolom tertentu
=MIN(C3:C12)
MIN, dalam Exel berarti untuk mencari nilai terendah
=MAX(C3:C12)
MAX, dalam Exel berarti untuk mencari nilai tertinggi
=AVERAGE(C3:C12)
AVERAGE, dalam Exel berarti untuk mencari nilai rata-rata
*Cat : C3:C12 itu hanya sebagai contoh, yang dimaksud disitu ialah, angka yang ada pada kolom atau cell yang akan dijumlahkan, cari nilai terendah maupun tertinggi juga cari nilai rata-rata. Misalnya : =SUM(cell pertama yang akan dijumlahkan:sampai pada cell terakhir yang akan dijumlahkan.
Nahh, sekarang kita masuk pada point yang ke-4, yaitu point pembahasan kita yang terakhir.
4.Penggabungan File Exel ke Word
Berikut ini caranya untuk menggabungkan file exel ke word :
-Pertama-tama kita harus membuat tabel pada Microsoft Word
-Kemudian kita klik mailings
-Lalu, kita pilih select recipients > use an existing list
-Selanjutnya, pilih file dokumen exel yang tentunya sudah kita simpan/save terlebih dahulu
-Nahh, disitu akan muncul select table lalu klik OK
-Kalian akan melihat file dokumen exel akan secara otomatis tergabung dalam lembar kerja pada micfosoft word
-Tidak hanya sampai disitu saja. Kalian harus sesuaikan data yang ingin dimasukkan dengan klik edit recipient list, lalu klik OK
-Setelah itu, klik insert merge field dan sesuaikan dengan data yang akan dimasukkan
-Jika kalian sudah melakukan hal tersebut, klik finish & merge
-Lalu, klik edit individual documents
-Dan, yang terakhir klik all, kemudian tekan OK.
Kamudian, File tersebut akan tergabung.
Nahh, gaiss sampai disitu dulu untuk Refleksi kali ini, nanti kita ketemu lagi di refleksi-refleksi selanjutnya...
Semoga, apa yang saya share kali ini bisa teman-teman semua mengerti dan dapat menjadi manfaat bagi teman-teman yang ingin tau mengenai Word dan Exel.
Baiklah, saya Jeveline Claudia Sangkoy, dengan Nim : 20105069. Saya ucapkan Terimah Kasih buat teman-teman yang sudah tertarik dan membacah tulisan saya dikali ini .
Tetap Semangat dan Jangan Lupa Bersyukur ...
Babayyyyyyyy
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H